Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Harga Bawang dan Cabai Terpantau Turun di Pasar Tradisional

Liputan6.com, Jakarta - Sempat menyentuh angka Rp 40 ribu per kilogram (kg) di hari pertama puasa, akhirnya harga bawang merah mengalami penurunan. Saat ini harga bawang merah terpantau turun Rp 5.000 menjadi Rp 35 ribu per kg di Pasar Pondok Gede, Bekasi.

“Alhamdulillah udah mulai turun dan stabil, sudah sekitar dua hari ini turun,” ujar Slamet salah satu pedagang sayur saat ditemui Liputan6.com, di Pasar Pondok Gede, Bekasi, Jumat (10/5/2019).

Bukan hanya bawang merah saja yang mengalami penurunan, bawang putih pun mengalami hal yang sama.

Saat ini harga bawang putih sudah berada di kisaran Rp 60 ribu per kg, yang sebelumnya sempat mencapai Rp 80 ribu per kg.

Harga bawang putih udah turun banget, kemarin pas hari pertama puasa segitu karena barangnya kosong. Sekarang pas barangnya sudah ada lagi, harganya jadi turun,” tambahnya.

Penurunan harga juga dialami cabai merah. Saat ini harga cabai terpantau berada di kisaran Rp 30 ribu per kg, yang sebelumnya mencapai Rp 50 ribu per kg pada awal Ramadan. “Sudah 2 hari ini harga cabai sama bawang-bawangan turun,” Jelas Johan.

Harga tomat juga mengalami penurunan sebanyak Rp 2.000 pe kg, saat ini harga tomat berada dikisaran Rp 14 ribu per kg.

Meskipun tidak seramai saat hari pertama puasa, Ali mengaku penjualannya tidak terlalu sepi karna ini merupakan kebutuhan pokok yang pastinya akan selalu dibeli oleh para ibu rumah tangga.

“Tidak seramai hari pertama, tapi Alhamdulillah masih ramai,” jelasnya.

Sementara itu, harga komoditas sayuran masih terpantau stabil sejak awal puasa hingga saat ini. Menurut pengakuan beberapa pedagang sayuran yang ada di pasar tersebut menyebutkan tidak mengalami perubahan harga yang berarti.

2 dari 3 halaman

Mentan Klaim Harga Bawang Putih Sudah Turun Jadi Rp 30 Ribu per Kg

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan bahwa dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh jajaran Kementerian Pertanian, harga bawang putih yang sempat menyetuh angka Rp 50 ribu per kilogram (Kg) mampu ditekan.

Amran mengaku telah melakukan pemantauan langsung ke pasar untuk memastikan harga bawang putih sudah turun sesuai target dalam tiga hari.  "Tadi saya datang ke pasar pagi. Sudah ada penurunan harga ya. Sesuai target Rp 30 ribu per kg dalam tiga hari," kata Amran, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, pada Rabu 8 Mei 2019.

Penurunan harga bawang putih merupakan hasil yang luar biasa. Pemerintah pun terus melakukan penambahan stok untuk menstabilkan harga bawang putih pada kisaran Rp 30 ribu per Kg. 

"Hari ini kami gelontorkan dan harga kemarin itu sampai Rp 50 ribu per kg turun menjadi Rp 34 ribu per kg. Itu turun luar biasa, jadi kalimatnya sudah turun," tuturnya.

Amran mengungkapkan, Kementerian Pertanian sudah menggelontorkan 115 ribu ton bawang putih Untuk membuat stok stabil. Untuk luar wilayah Jakarta, telah didaftarkan bawang putih sebanyak 145 ribu ton.

"Saya pastikan pemerintah gelontorkan terus. karena kami datangkan 115 ribu ton. Luar Jakarta kami kirim. ini langsung dari Medan ada 145 ribu ton masuk. langsung menyebar gerakannya ini masif," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Cabai Turun, Bawang Merah Naik di Pasar Slipi
Artikel Selanjutnya
Harga Cabai dan Bawang di Pasar Tradisional Kompak Turun