Sukses

JK Sebut Bandara Baru Yogyakarta Paling Modern di Indonesia

Wapres JK menuturkan, meski saat ini kondisi bangunan di kawasan Bandara Internasional Yogyakarta belum selesai semua, tapi sudah sangat bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, bandara internasional Yogyakarta atau bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo, Yogyakarta merupakan bandara paling modern di Indonesia.

JK dan rombongan, Sabtu pagi menggunakan pesawat jenis Boeing dengan kode BAe RJK85 dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Internasional Yogyakarta yang mendarat sekitar 08.00 WIB.

JK setibanya di Bandara Internasional Yogyakarta meninjau sekaligus membuktikan bandara ini sudah layak digunakan baik untuk penerbangan domestik dan internasional.

"Bandara ini menjadi bandara paling modern di Indonesia. Bandara ini akan menjadi bandara yang luar biasa, kalau sudah jadi semua," tutur dia, seperti dikutip dari laman Antara, Sabtu (4/5/2019).

Sesuai jadwal, Bandara Internasional Yogyakarta mulai digunakan untuk penerbangan komersial mulai Senin, 6 Mei 2019.

JK menuturkan, meski saat ini kondisi bangunan di kawasan Bandara Internasional Yogyakarta belum selesai semua, tapi sudah sangat bagus.

“Baru selesai 50 persen saja kondisi sudah bagus, apalagi kalau sudah selesai semua,” tutur dia.

Ia menuturkan, pendaratan pesawat kepresidenan juga mulus tidak terasa karena landasan pacunya bagus. Saat ini pembangunan bandara internasional Yogyakarta baru selesai 50 persen.

"Nanti kalau akhir tahun, bisa digunakan untuk penerbangan internasional. Tapi bukan internasional dekat, tapi internasional lebih jauh lagi,” tutur dia.

Jusuf Kalla berharap bandara internasional Yogyakarta dapat memajukan DIY dan Jawa Tengah, serta daerah sekitarnya.

Terkait fasilitas pendukung, pemerintah pusat sedang upayakan pembangunan infrastruktur lainnya terkait dengan akses ke bandara, seperti jalan dan jalur kereta api serta jalan tol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

JK Jadi Penumpang Penerbangan Perdana di Bandara Baru Yogyakarta

Sebelumnya, Bandara baru Yogyakarta atau yang disebut Yogyakarta Internasional Airport (YIA) semakin menunjukkan kesiapannya untuk beroperasi mulai Senin, 6 Mei 2019. 

Sabtu pagi ini, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mendarat perdana di YIA dalam rangka kunjungan kerja.

"Betul, pagi ini RI 2 bersama Menteri Perhubungan, mendarat di YIA. Kembalinya melakui Adisutjipto," kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji ketika dikonfirmasi Liputan6.com, Sabtu, 4 Mei 2019. 

Dijadwalkan, JK akan berangkat dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma pukul 07.15 WIB dan akan mendarat di YIA pada pukul 08.15 WIB. 

Tiba di YIA, JK akan meninjau kesiapan operasi YIA sebelum melanjutkan kunjungan kerja ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.