Sukses

Harga Minyak Naik Tipis Dipicu Pengetatan Pasokan Global

Harga minyak telah terdorong naik pada tahun ini dipicu kesepakatan yang dicapai Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah berjangka dunia naik tipis dipicu penurunan ekspor minyak mentah dari negara ketua OPEC, Arab Saudi, dan penarikan rig pengeboran AS serta kondisi persediaan minyak.

Melansir laman Reuters, Jumat (19/4/2019), harga minyak mentah berjangka Brent ditutup naik 35 sen menjadi USD 71,97 per barel. Harga sempat mendekati posisi tertinggi dalam lima bulan pada Rabu di USD 72,27 per barel.

Harga minyak mentah Brent naik 0,6 persen, menandai kenaikan mingguan keempat berturut-turut untuk tolok ukur internasional.

Adapun harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS menetap naik USD 24 sen menjadi USD 64 per barel. Harga minyak mentah naik hanya turun 0,2 persen pada minggu ini.

Harga minyak antara lain dipicu, ekspor minyak mentah Arab Saudi yang turun 277.000 barel menjadi di bawah 7 juta barel per hari pada Februari dari bulan sebelumnya, menurut data Joint Organizations Data Initiative (JODI).

Persediaan minyak mentah, bensin, dan sulingan AS turun minggu ini, dengan minyak mentah mencatat penurunan pertama dalam empat minggu, menurut data Administrasi Informasi Energi (EIA).

"Saya pikir itu cukup jelas bahwa pengetatan pasokan dan surutnya kekhawatiran pertumbuhan permintaan mendorong pasar ke level tertinggi dalam lima bulan ini," kata Gene McGillian, Wakil Presiden Riset Pasar Tradition Energy di Stamford, Connecticut.

Perusahaan AS pada pekan ini juga memangkas jumlah rig pengeboran minyak untuk pertama kalinya dalam tiga minggu. Ini karena perkiraan pertumbuhan produksi ladang minyak terbesar di negara itu, terus menyusut.

 

Harga minyak telah terdorong naik pada tahun ini dipicu kesepakatan yang dicapai Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, termasuk Rusia, untuk membatasi produksi minyak mereka sebesar 1,2 juta barel per hari. 

Sementara pasokan minyak global semakin diperketat sanksi AS terhadap anggota OPEC, Venezuela dan Iran. Ekspor minyak mentah Iran telah jatuh pada bulan April ke level harian terendah tahun ini.

Di sisi lain, data penjualan ritel dan pendapatan AS yang kuat dari perusahaan industri menempatkan kekhawatiran perlambatan global, dipicu survei manufaktur yang mengecewakan dari Asia dan Eropa, sebagai pemicu utama.

Namun, reli harga minyak tetap terkendali, oleh kenaikan Dolar AS, yang membuat minyak mentah lebih mahal untuk pembeli global.

"Penguatan signifikan dalam dolar, terutama terhadap Euro, cenderung membatasi minat beli," kata Jim Ritterbusch, Presiden Ritterbusch and Associates, dalam sebuah catatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Minyak Kemarin

Harga minyak sedikit melemah seiring data pemerintah Amerika Serikat (AS) menunjukkan persediaan turun dibandingkan laporan industri pada Selasa.

Harga minyak Brent menguat ke level tertinggi pada 2019 di awal sesi. Ini didukung oleh penurunan tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS yang dilaporkan oleh the American Petroleum Institute (API) yang dilaporkan pada Selasa malam.

Namun, data resmi dari the Energy Information Administration (EIA) menunjukkan penurunan minyak mentah 1,4 juta barel, sekitar setengah dari penurunan yang dilaporkan API.

"Reli semalam didasarkan pada prediksi 3 juta barel per hari untuk minyak mentah. Anda akan membutuhkan katalis lain," ujar Direktur Mizuho, Bob Yawger, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (18/4/2019).

Harga minyak mentah berjangka Brent ditutup turun 10 sen menjadi USD 71,62 per barel. Selama sesi, kontrak menyentuh posisi USD 72,27 per barel, dan tertinggi pada 2019.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS melemah 29 sen per barel ke posisi USD 63,76 per barel.

Harga minyak menyentuh level tertinggi intraday di posisi USD 64,61 per barel, hanya sedikit lebih tinggi dari 2019 di kisaran USD 64,79 pada pekan lalu.

Selain itu, harga minyak terus didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil di China. Ekonomi China tumbuh 6,4 persen pada kuartal I 2019.  Hasil kilang di China, pengguna minyak terbesar kedua di dunia ini juga naik 3,2 persen pada Maret 2019 .

"Sisi permintaan bersamaan mendapat perangsang substansial melalui data China yang menunjukkan harga akan terus bergerak lebih tinggi pada peningkatan pertumbuhan global dan sentimen risiko," ujar Stephen Innes,  Head of Trading SPI Asset Management.

Harga minyak telah didukung pada 2019 oleh fakta yang dicapai oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu termasuk Rusia untuk membatasi produksi minyak mereka sebesar 1,2 juta barel per hari.

Selain itu, pasokan global semakin diperketat oleh sanksi AS terhadap anggota OPEC, Venezuela dan Iran.

Ekspor minyak mentah Iran turun pada April ke level terendah harian pada 2019. Sumber Reuters mengatakan, ada penurunan minat pembelian menjelang tekanan lebih lanjut yang diharapkan dari AS.

"Pembeli menjauh karena ketidakpastian kebijakan AS mengenai pengabaian untuk mengimpor minyak mentah Iran," ujar Ahli Strategi BNP Paribas Harry Tchilinguirian.

Pada Juni, OPEC dan mitranya akan memutuskan apakah akan memperpanjang perjanjiannya tetapi kesediaan Rusia untuk tetap berpegang pada pemangkasan sekarang terlihat kurang jelas.

Gazprom Neft, salah satu bagian dari perusahaan gas Rusia Gazprom mengharapkan kesepakatan minyak global akan berakhir pada semester I 2019. Hal itu berdasarkan pernyataan perusahaan.

"Petunjuk dari Moskow untuk mengabaikan pembatasan pasokan yang diberlakukan sendiri telah menimbulkan awan ketidakpastian atas strategi produksi OPEC pada semester kedua 2019," ujar Stephen Brennock, Broker Minyak PVM.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.