Sukses

Lebih Hemat, Begini Cara Optimalkan Promo Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit adalah sebagai salah satu alat transaksi non tunai yang bisa membantu kelancaran aktivitas berbelanja seseorang.

Anda punya kartu kredit? Sudahkah Anda menggunakannya dengan maksimal? Atau Anda malah hanya menyimpannya karena takut dengan bunganya.

Jika Anda tipe orang yang takut untuk menggunakan kartu kredit. Tenang saja, bisa jadi Anda bukan satu-satunya orang yang takut untuk menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi. Biasanya banyak orang yang takut untuk menggunakan kartu kredit karena mereka takut jadi boros, karena adanya kemudahan transaksi kartu kredit dan takut terlilit utang kartu kredit.

Pemegang kartu kredit harus bisa menahan diri untuk tidak kebablasan bertransaksi. Banyak masalah kartu kredit berawal dari penggunaan yang cenderung sembrono sehingga saat lembar tagihan datang, si pemegang kartu kredit kewalahan membayar transaksi-transaksi yang sudah dilakukan.

Agar manfaat kartu kredit bisa optimal, juga dalam memanfaatkan berbagai macam promo yang diberikan. Ada beberapa strategi khusus yang perlu Anda lakukan, lho. Apa saja? Simak, yuk!

Cara Mengoptimalkan Promo Kartu Kredit

Sudah tahu kan kalau kartu kredit menawarkan banyak fitur promo yang bisa dimanfaatkan mendukung kemudahan transaksi. Anda pun bisa menjadikan transaksi belanja lebih efisien dan lebih hemat dengan memanfaatkan berbagai tawaran promo kartu kredit.

Bagaimana cara mengoptimalkan promo-promo khususnya di tanggal tua? Berikut uraiannya, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Bayar tagihan rutin dengan kartu kredit

Anda pasti memiliki sejumlah tagihan rutin yang harus dibayarkan setiap bulannya. Misalnya tagihan telepon, tagihan listrik, tagihan air, tagihan televisi berbayar, dan lain sebagainya. Tagihan-tagihan tersebut sudah pasti harus dibayarkan dan dananya pun pasti sudah Anda siapkan juga.

Anda bisa mengalihkan pembayaran tagihan rutin itu memakai kartu kredit dan pastikan pembayarannya penuh sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Dengan mengalihkan pembayaran tagihan menggunakan kartu kredit, Anda bisa mengumpulkan reward points lebih banyak, lo! Poin itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk hal lain, seperti diskon harga di merchant, pengurangan iuran tahunan kartu kredit, dan lainnya.

2 dari 5 halaman

2. Sering pakai kartu kredit

Anda bisa mengoptimalkan promo-promo kartu kredit jika sering bertransaksi memakai kartu kredit. Tapi, pastikan hanya melakukan transaksi yang sudah pasti bisa Anda bayar. Anda hanya sekadar mengalihkan cara bayar dengan memakai kartu kredit sebagai alat transaksi non tunai.

Dengan seringnya Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit, otomatis Anda bisa mengantongi poin hadiah lebih banyak, juga kesempatan mendapatkan cashback lebih besar, menarik banget kan?

3. Update informasi promo

Penerbit kartu kredit biasanya memberikan tawaran promo-promo dengan periode terbatas. Untuk mengetahui informasi tawaran promo, Anda harus selalu update agar bisa melihat promosi yang bisa dimanfaatkan dan mana yang kurang efisien untuk diambil.

Beberapa promo kartu kredit menetapkan syarat tertentu bagi pengguna kalau ingin mendapatkan promo. Tapi kamu perlu jeli menghitung, apakah tawaran ini hanya jebakan kartu kredit dalam menawarkan promo-promonya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kartu Kredit yang Bisa Anda Dapatkan

Kartu kredit tidak melulu soal utang dan tagihan kok. Kalau Anda bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu kredit, lo! Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kartu kredit?

1. Praktis dan Nyaman

Kartu kredit memberikan sejumlah kepraktisan dan kemudahan untuk Anda sebagai pemegangnya, karena Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak di dalam dompet atau tas ketika bepergian.

Anda pun tidak harus repot-repot lagi mencari mesin ATM untuk menarik uang tunai dengan menggunakan kartu ATM atau kartu debit, ketika uang yang Anda bawa tidak cukup untuk melakukan transaksi pembelian.

Cara kerja kredit sangat praktis, selain bisa menghemat waktu dan tenaga, Anda juga mendapatkan keuntungan lain yaitu pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman.

2. Menawarkan Berbagai Manfaat Tambahan

Banyak bank penerbit kartu kredit yang sering menawarkan berbagai program yang tersedia untuk berbagai keperluan dan untuk berbagai kalangan.

Untuk Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat dan membeli tiket dengan menggunakan kartu kredit, biasanya pihak penerbit kartu kredit menawarkan point khusus atau yang lebih sering dikenal dengan istilah frequent flier atau travel points yang nantinya dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan tiket pesawat gratis, lo!

Selain itu, kartu kredit juga menawarkan manfaat tambahan lainnya seperti cashback, diskon pembelian berbagai kebutuhan, gratis iuran tahunan, poin khusus, dan masih banyak lagi.

Program yang ditawarkan penerbit kartu kredit ini didasarkan pada jumlah transaksi yang Anda lakukan, semakin sering melakukan transaksi semakin banyak pula manfaat yang Anda dapatkan. Menguntungkan banget, kan?

Banyak juga perusahaan penerbit kartu kredit yang juga menawarkan bunga yang rendah untuk kartu kredit yang baru diajukan dan disetujui dalam periode tertentu, misalnya satu tahun pertama.

Penawaran ini memungkinkan Anda untuk memindahkan saldo tagihan kartu kredit lama ke kartu kredit yang bunganya lebih rendah, atau yang sering disebut dengan istilah transfer balance.

4 dari 5 halaman

3. Relatif Lebih Aman

Meski tidak terbebas dari risiko dicuri dan disalahgunakan, tidak seperti uang tunai yang jika dicuri atau hilang dapat digunakan oleh siapapun, kartu kredit relatif lebih aman.

Jika kartu kredit dicuri atau hilang dan Anda segera melaporkan kehilangan ke pihak penerbit kartu kredit tersebut, maka kartu kredit yang hilang tersebut bisa langsung diblokir sehingga siapapun tidak akan dapat menggunakan kartu kredit yang hilang itu. Anda pun aman dari penyalahgunaan kartu kredit tersebut.

4. Memberi Perlindungan Tambahan atas Pembelian

Sebagian besar perusahaan atau bank penerbit kartu kredit biasanya bersedia membantu jika terjadi masalah atau perselisihan di seputar pembelian suatu produk.

Apabila pihak penjual tidak bersedia mengambil kembali produk yang cacat atau tidak memuaskan, Anda bisa menghubungi pihak penerbit kartu kredit.

Dengan catatan perusahaan kartu kredit tersebut memang menawarkan fasilitas perlindungan yang dimaksud. Hal ini tidak mungkin dilakukan jika Anda membeli barang secara tunai, kan?

Selain itu, ada juga kartu kredit yang menyediakan garansi atau asuransi tambahan untuk barang-barang yang kamu beli, melebihi masa garansi yang diberikan pihak penjual.

Apabila barang yang Anda beli dengan kartu kredit rusak setelah masa garansi dari penjual habis, Anda bisa mencoba menghubungi perusahaan penerbit kartu kredit tersebut untuk mengetahui apakah mereka dapat menanggungnya.

5 dari 5 halaman

5. Membantu dalam Keadaan Darurat

Siapapun pasti tidak ingin mengalami musibah atau keadaan mendesak yang merugikan atau tidak menyenangkan. Namun, kadang keadaan darurat seperti ini tidak dapat dihindari.

Tidak usah khawatir, kartu kredit bisa menjadi alat yang membantu dalam melakukan pembayaran untuk berbagai macam kondisi darurat jika Anda sedang tidak mempunyai uang tunai dengan cepat.

Supaya kartu kredit Anda memberikan keuntungan seperti ini, tentu Anda harus pastikan bahwa limit kartu kredit yang tersedia selalu mencukupi sehingga dapat dipergunakan dalam segala situasi darurat.

6. Dapat Digunakan di Seluruh Dunia

Untuk Anda yang sering liburan ke luar negeri, memiliki kartu kredit sangat menguntungkan, lo! Pasalnya, sebagian besar kartu kredit bisa melakukan transaksi di berbagai toko di seluruh dunia yang menyediakan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Daripada membawa uang tunai dalam jumlah besar dengan risiko hilang atau dicuri, lebih baik membawa kartu kredit sebagai alternatif alat transaksi di luar negeri. Anda pun tidak perlu repot menukar mata uang negara tujuan dalam jumlah yang besar.

Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan kartu kredit, bijaklah dalam menggunakannya, ya. Anda dapat mengoptimalkan keuntungan dari kartu kredit.

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Mengurus Surat Keterangan Hilang di Kepolisian
Artikel Selanjutnya
Apple Perkenalkan Kartu Kredit Perdananya