Sukses

Di Usia Berapa Kamu Bisa Punya Kartu Kredit?

Simak ketentuan beberapa kategori usia yang dapat mengakses kartu kredit berikut ini, termasuk jenis kartunya

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit jadi salah satu produk perbankan yang paling banyak digunakan setelah tabungan. Banyaknya keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit tentu menjadi salah satu penyebabnya.

Selain itu, produk yang satu ini juga memiliki akses yang sangat luas, bahkan diterima di berbagai negara di dunia. Jika melihat semua kelebihan ini, wajar saja bila banyak orang yang berniat untuk memilikinya.

Lalu, untuk usia berapa sebenarnya kartu kredit ini diperuntukkan? Sebagaimana produk perbankan lainnya, pihak bank juga punya aturan yang ketat terkait dengan kepemilikan kartu kredit.

Bukan hanya untuk orang dewasa yang telah bekerja dan punya penghasilan saja, kartu kredit juga bisa digunakan oleh anak-anak. Namun penggunaan kartu kredit oleh anak-anak ini tentu jadi hal yang patut dicermati, mengingat penggunaan produk ini juga memiliki sejumlah risiko cukup besar.

Usia pengakses kartu kredit ini bisa dibedakan dalam beberapa kategori, termasuk jenis kartu kreditnya juga. Simak ketentuan beberapa kategori usia yang dapat mengakses kartu kredit berikut ini, termasuk jenis kartunya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tanpa Batasan Umur untuk Dapatkan Kartu Kredit Virtual

Beberapa tahun terakhir, semua orang sudah bisa mengakses kartu kredit virtual, selama yang bersangkutan sudah memiliki rekening tabungan.

Kartu kredit virtual merupakan produk kartu kredit yang bisa diakses oleh setiap nasabah yang sudah punya rekening tabungan dan aktif menggunakan layanan internet atau SMS banking.

Meski tidak semua bank menyediakannya, namun umumnya bank pemerintah dan juga bank swasta nasional sudah menyediakan produk yang satu ini di dalam layanan mereka.

Sesuai dengan namanya, produk ini tidak memiliki bentuk fisik. Kartu kredit virtual bisa digunakan untuk berbagai transaksi online yang mudah dan cepat, sebagaimana layaknya pembayaran yang dilakukan dengan kartu kredit pada umumnya.

Hal ini tentu akan sangat membantu, terutama jika transaksi online yang dilakukan tersebut hanya bisa menggunakan kartu kredit saja.

Kehadiran produk yang tidak berbatas usia ini menjadi alternatif bagi anak-anak, bahkan orang dewasa yang sulit mengakses kartu kredit biasa/fisik.

Terkait dengan sistem dan juga aturan penggunaan kartu kredit virtual ini, setiap bank mungkin saja menerapkan kebijakan yang berbeda-beda. Namun apapun sistem yang diterapkan, produk ini tentu layak jadi pilihan untuk berbagai transaksi pembayaran online yang lebih mudah dan nyaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Minimal Umur 17 Tahun untuk Bisa Dapatkan Kartu Kredit Tambahan

Bagi anak yang sudah berusia 17 tahun, semua bank penerbit kartu kredit di Indonesia sudah memberikan hak untuk mengakses kartu kredit tambahan. Kartu kredit tambahan ini juga memiliki kegunaan yang sama dengan kartu kredit utama.

Namun jika melihat usia anak yang menggunakannya masih terbilang remaja, penggunaan kartu kredit tambahan ini perlu pengawasan khusus dari orangtua (pemilik kartu utama). Kartu tambahan juga biasa diberikan kepada istri atau pasangan yang tidak bekerja, orangtua, atau bahkan saudara.

Pada umumnya, pemilik kartu utama bisa mengajukan permintaan kartu tambahan hingga maksimal 2 atau 3 kartu sekaligus, tergantung pada kebijakan bank penerbit kartu kredit yang digunakan.

3. Minimal Umur 21 Tahun untuk Bisa Dapatkan Kartu Kredit Utama

Usia untuk mengakses kartu kredit utama adalah minimal 21 tahun. Aturan ini berlaku di seluruh bank penerbit kartu kredit di Indonesia, baik itu bank pemerintah maupun bank swasta lainnya.

Alasan ini tentu sangat wajar, mengingat pemilik kartu utama haruslah seseorang yang sudah bekerja dan memiliki sejumlah penghasilan tetap setiap bulannya. Sehingga yang bersangkutan bisa bertanggung jawab penuh terhadap seluruh tagihan yang terjadi pada kartu kredit yang dimilikinya.

Aturan ketat seperti ini juga akan memperkecil risiko penyalahgunaan kartu kredit tersebut. Sebab ada jaminan penggunaan kartu kredit sesuai dengan ketentuan yang ada.

3 dari 3 halaman

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit menjadi fasilitas pembayaran yang banyak diminati, bahkan oleh anak-anak yang masih di bawah umur dan belum memiliki penghasilan.

Meski saat ini kartu kredit virtual memungkinkan semua usia untuk mengakses layanan kartu kredit, namun penggunaannya tentu harus dilakukan dengan pengawasan yang ketat.

Tetap gunakan kartu kredit dengan bijak, agar produk yang satu ini bisa memberikan manfaat juga keuntungan maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini