Sukses

Masyarakat Aru Utara Akhirnya Beli BBM dengan Harga Resmi

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengoperasikan lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga atau BBM Satu Harga di Desa Kolamar Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Hal ini merupakan upaya memberikan rasa keadilan bagi masyarakat di wilayah Terluar, Terdepan dan Terpencil (3T). 

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho mengatakan, lembaga penyalur BBM Satu Harga berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum  (SPBU) Kompak 86.976.09.

Program BBM Satu harga merupakan komitmen Pertamina untuk menyediakan energi yang berkeadilan, bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di wilayah Kepulauan Aru – Maluku dan telah beroperasi sejak tahun 2018.

"Titik BBM 1 Harga Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Aru ini telah melakukan uji operasi sejak 29 September 2018, dan merupakan 1 dari 5 titik yang telah beroperasi di wilayah Maluku tahun 2017 dan 2018," kata Brasto, di Jakarta, Rabu (27/3/2019). 

Sebelum ada titik BBM Satu Harga ini, masyarakat memperoleh BBM untuk transportasi dan kebutuhan nelayan dari lembaga penyalur terdekat  yakni SPBU Nelayan 88.976.01 sejauh kurang lebih 80 km, sehingga membuat harga Premium menjadi Rp 10 ribu per liter dan Solar Rp10 ribu  sampai Rp 15 ribu per liter di wilayah ini. 

Dengan ada SPBU ini, masyarakat Kecamatan Aru Utara kini bisa mendapatkan BBM dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya yakni Premium Rp 6.450 per liter dan Solar 5.150 per Liter.

SPBU Kompak 86.976.09 Desa Kolamar, Aru Utara memiliki kapasitas Premium 15 KL satu tangki, Solar berkapasitas total 11 KL dua tangki serta drum besi 50 buah kapasitas 200 liter per drum. Titik pasok dari Terminal BBM Dobo yang berjarak 78 km yang diangkut menggunakan kapal.

 

 

2 dari 2 halaman

SPBU Kompak

SPBU Kompak ini mencakup 13 desa di tiga kecamatan di Wilayah Kepulauan Aru Utara dengan jumlah 1400 KK. Alat penyaluran menggunakan canting manual ke jeriken berkapasitas 60 liter untuk mesin motor pada nelayan. 

Pada 2019 akan dilengkapi tiga titik SPBU BBM Satu harga, yakni di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya dua titik dan Seram Bagian Timur satu titik.

Kepala Badan Penelitian dan pengembangan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengungkapkan, ada program BBM Satu Harga ini sesuai dengan salah satu butir nawacita dari pemerintah, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga dipandang perlu mengakselerasi program BBM Satu Harga.

"Secara Nasional peresmian SPBU Kompak di Kepulauan Aru ini adalah peresmian yang ke 125. SPBU Kompak No. 86.976.09 dikelola oleh UD. Sinar Kola, semoga peresmian ini membawa manfaat bagi masyarakat di Desa Kolamar, Kecamatan Aru Utara,” ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: