Sukses

Mau Liburan Bareng Keluarga? Coba 5 Tips Berhemat Ini

Tips berhemat berikut akan membantu Anda berlibur keluarga tetap menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan keluarga menjadi hal yang menyenangkan. Menikmati hiburan bersama-sama membuat pikiran rileks sejenak. Meski begitu, pengeluaran untuk liburan harus ditekan juga, karena pasti akan membengkak.

Supaya tidak menghabiskan banyak uang saat liburan, ikuti 5 tips berhemat berikut, dilansir dari Nerd Wallet:

1. Manfaatkan keuntungan kartu kredit

Tips berhemat pertama adalah mengandalkan kartu kredit. Sebenarnya, kartu kredit bukan sesuatu yang harus ditakuti. Penggunaannya saja yang harus hati-hati. Biasanya, ada promo hotel dan tiket pesawat yang bisa digunakan.

Misalnya, ada promo gratis menginap 1 malam di hotel tertentu dengan kartu kredit Marriot Bonvoy Boundless. Kartu kredit yang umum seperti Visa dan Master Card juga pasti memiliki promo menginap dengan syarat dan ketentuan.

Atau, Anda bisa memanfaatkan layanan e-commerce dengan metode pembayaran kartu kredit.

2. Hati-hati dengan hal yang 'gratis'

Hal yang digratiskan dari suatu layanan belum tentu lebih murah dan membantu Anda berhemat. Katakanlah Anda akan berlibur ke Disneyland. Anda mungkin akan memilih menginap di hotel atau resort Disneyland karena mereka menawarkan akses gratis dan keuntungan lainnya.

Sebaiknya, hitung dan pertimbangkan terlebih dahulu perbandingan harga resort di Disneyland dengan memilih hotel lain. Bila keluarga Anda ingin berlibur berhari-hari di Disneyland, mungkin menginap di resort akan menguntungkan karena akan meminimalkan biaya transportasi.

Tapi kalau hanya sehari, pertimbangkan lagi, lebih baik cari hotel murah yang lain. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sewa homestay

Tips berhemat lainnya adalah menyewa homestay. Homestay saat ini digemari oleh orang-orang yang berlibur dengan rombongan (keluarga, teman dan lainnya).

Daripada meningap di hotel, yang tentunya lebih mahal, sebaiknya pilih homestay supaya anggaran bisa ditekan. Biaya homestay per malam tidak terlalu mahal. Selain itu banyak fasilitas yang bisa digunakan.

Dapur di homestay bisa membantu Anda memasak makanan kesukaan keluarga terutama saat Anda berlibur ke luar negeri, karena makanan di sana mungkin tidak sesuai dengan lidah. Hal ini akan membantu mencegah buang-buang uang dari beli makanan.

4. Cari tiket pesawat jauh-jauh hari

Perbedaan harga tiket yang dibeli jauh-jauh hari dengan tiket yang dibeli dadakan sebenarnya lumayan besar. Oleh karenanya, jika sempat Anda harus bisa menentukan tanggal berlibur dan mencari tiket termurah di sekitaran tanggal tersebut.

Manfaatkan situs web seperti Sky Scanner untuk melihat harga tiket termurah dan segera lakukan pemesanan. Jika anggaran belum terkumpul, manfaatkan fasilitas Pay Later dari kartu kredit atau layanan e-commerce.

5. Berliburlah ke tempat yang dekat

Tidak ingin anggaran membengkak karena akomodasi dan transportasi? Jalan-jalan saja ke tempat wisata terdekat dari rumah. Meski tidak pergi jauh, Anda tetap bisa menikmati hari libur menyenangkan dengan keluarga dan tentunya menghemat uang.

Resikonya, Anda tidak bisa menikmati pengalaman berlibur yang baru. Kalau Anda hanya ingin menikmati waktu berkumpul keluarga, tidak ada salahnya mencoba hal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.