Sukses

Bank bjb Dukung Penuh Program Citarum Harum

Bank bjb siap bantu harumkan Citarum.

Liputan6.com, Jakarta Program Citarum Harum yang merupakan upaya pemerintah dalam merevitalisasi kondisi sungai terpanjang di Jawa Barat (Jabar), mengundang perhatian banyak pihak. Bank bjb sebagai bank pembangunan daerah di Jabar, juga ikut memberikan perhatian. 

Salah satu bentuk dorongan yang dilakukan bank bjb adalah dengan turut serta menyelenggarakan Citarum Expo 2019 bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar pada Selasa (19/2/19). Dalam acara tersebut, bank bjb dan Pemprov Jabar menghasilkan lima rencana besar revitalisasi, di antaranya rehabilitasi lahan kritis, pengolahan limbah domestik, pengolahan limbah industri, penataan sungai--kaitan pemanfaatan ruang--,dan penegakkan hukum lingkungan.

Lima rencana proyeksi yang dirumuskan dalam Citarum Expo tersebut akan menjadi panduan bagi tim di lapangan untuk menjalankan tugas sesuai dengan koridor kewenangannya. Lebih lanjut, rencana aksi ini dibuatkan menjadi sebuah buku sebagai blueprint rencana atau guideline untuk melakukan upaya pengendalian perusakan dan pencemaran Sungai Citarum.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang melaksanakan tugas sebagai Direktur Utama bank bjb, Agus Mulyana, mengatakan bahwa dukungan terhadap program Citarum Harum ini penting karena keberhasilan revitalisasinya akan berdampak luas kepada warga.

“Bank bjb akan terus mendukung program Citarum Harum Juara ini guna penyelarasan dukungan terhadap program pemerintah. Sebagaimana kita ketahui, Citarum bagaikan nadi Jawa Barat yang menghidupi banyak masyarakat di Jawa Barat. Hal ini kelak akan menjadi penggerak roda perekonomian di masyarakat dan pastinya akan menjadi potensi bisnis bagi bank bjb," ujarnya.

Dalam kurun satu tahun ini, Agus mengatakan bahwa berbagai langkah telah dilakukan untuk mengembalikan sungai Citarum kembali bersih, asri, dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

"Untuk itu bank bjb akan menjadi yang utama mengawal dan turut melakukan perbaikan lingkungan hidup, khususnya di DAS Citarum demi kehidupan masyarakat Jawa Barat yang lebih baik, hal ini semata-mata merupakan tandamata untuk negeri dari bank bjb,” ucapnya.

Dorongan terhadap gerakan Citarum Harum tersebut merupakan salah satu bukti komitmen bank bjb dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selama ini, bank bjb memiliki fokus program Corporate Social Responsibility (CSR) yang selalu mengarah pada peningkatan kualitas lingkungan, pendidikan, dan kesehatan.

Program CSR yang dilakukan di sektor lingkungan ini bertujuan mendorong peran serta masyarakat untuk menggali dan memanfaatkan potensi yang mereka miliki untuk meningkatkan kualitas hidup dengan memberikan edukasi untuk memberdayakan potensi setempat menjadi produk bernilai tambah.

Bentuk CSR di sektor lingkungan ini telah diwujudukan dalam sejumlah program, di antaranya inisiatif one customer one tree, bjb Lestari Bumi, greenschool, serta pemberian dan penanaman bibit pohon.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.