Sukses

Baru Kena PHK? Ini Tips Cepat Dapat Pekerjaan Baru

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kebanyakan orang, identitas sangatlah terkait dengan pekerjaan. Jadi kehilangan pekerjaan akan menjadi sebuah pukulan yang sangat menghancurkan karena membuat Anda kehilangan identitas diri.

Dilansir pada laman Thrive, penelitian Jennie E. Brand, Ph.D., profesor sosiologi dan statistik di U.C.L.A, membuktikan adanya dampak negatif dari kehilangan pekerjaan selama 15 tahun terakhir di antaranya seperti penurunan kesejahteraan psikologis dan fisik, kehidupan sosial serta keharmonisan keluarga.

Bahkan tidak jarang anak-anak dari seorang yang di PHK mengalami gangguan emosional, serta penurunan prestasi dalam pendidikan. Selain itu, ketakutan tidak akan mampu mengurus diri sendiri dan orang lain yang dicintai menjadi masalah utama serta mendasar bagi seseorang yang kehilangan pekerjaannya.

Namun para ahli berpendapat ketakutan tersebut terkadang malah mengantarkan para korban PHK untuk dapat bekerja di perusahaan dan posisi lain yang tentunya lebih baik dari saat ini, asal setelah di PHK mereka melakukan hal-hal yang benar.

Mau tahu hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan setelah PHK agar mendapatkan kembali pekerjaan dengan posisi yang lebih baik lagi? Berikut 6 tips yang dapat Anda lakukan:

 

2 dari 4 halaman

1. Tenangkan Diri Anda Sejenak

Penting untuk menenangkan diri Anda dari kondisi ini. Luapkanlah segala emosi yang ada pada diri, dan hempaskanlah. Ini akan membuat langkah Anda selanjutnya akan lebih terasa lebih ringan.

2. Bersyukurlah

Meskipun Anda kehilangan pekerjaan, namun tetap ingatlah untuk selalu bersyukur. Bersyukur karena Anda telah memiliki pengalaman kerjaan dan medapatkan gaji dari kerjaan ini.

Pengalaman yang didapatkan saat ini akan mempermudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru yang ada. Selain itu, bersyukur juga dapat membuat Anda tidak terlalu terpuruk dalam kesedihan akibat kehilangan pekerjaan.

 

3 dari 4 halaman

3. Tuliskan Visi Anda ke Depan

Setelah Anda merasa cukup tenang dan siap untuk memulai kembali mencari kerjaan baru, maka sebelum memulainya matangkan lagi dengan ini.

Tuliskan visi ke depan yang ingin dicapai, seperti pekerjaan apa nantinya yang ingin Anda dapatkan? Bagaimana cara untuk mendapatkannya?

Bagaimana pekerjaan baru ini menjadi berbeda dari pekerjaan sebelumnya, dan masih banyak lagi. Vsi-visi ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri sebelum memulai semuanya lagi dari awal.

4. Buatlah Daftar Keahlian

Buatlah daftar yang menegaskan keahlian saat ini dan semua yang pencapaian yang telah Anda dapatkan selama ini. Ini akan memperkuat posisi Anda ke perusahaan selanjutnya yang akan dituju.

 

4 dari 4 halaman

5. Pelajari hal-hal Baru

Teruslah belajar hal-hal baru yang menarik, di dalam dan luar bidang Anda saat ini. Memeperoleh pengetahuan baru akan membuat Anda lebih unggul dari pesaing-pesaing yang akan datang.

Selain itu, ini tentunya akan menjadi bahan perhitungan bagi perusahaan tersebut untuk memperkajakan Anda dibanding kandidat lain yang ada.

6. Gunakanlah Koneksi Anda untuk Mengetahui Lowongan Pekerjaan Terbaru

Tentunya di pekerjaan yang lama, Anda akan mendapatkan begitu banyak koneksi pertemanan yang menguntungkan. Janganlah ragu untuk menggunakannya dan jangan ragu untuk memberi tahu jika Anda saat ini membutuhkan pekerjaan baru.

Ini akan mempermudahkan Anda untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pekerjaan yang ada di perusahaan mereka. Selain itu, peluang Anda untuk dapat diterima kemungkinan lebih besar karena mereka pun akan telah mengetahui kinerja dan profesionalisme yang Anda miliki.