Sukses

5 Kisah Inspiratif Ibu Rumah Tangga yang Sukses Bangun Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kamu hanya perlu duduk manis di rumah dan menutup diri dari berbagai kegiatan bermanfaat serta berkreasi.

Ada banyak lo, ibu rumah tangga yang memiliki usaha sampingan dan nyatanya sangat sukses. Mereka tak pusing dengan eksistensinya dan mereka bisa mengejar mimpi dan kesuksesan.

Dikutip dari Swara Tunaiku, ini sosok inspiratif yang wajib dikenal.

1. Lanny Siswadi, Pemilik Sambal Rudy

Siapa yang tak tahu dengan Sambal Rudy, sambal kemasan yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Surabaya? Tak hanya terkenal di Surabaya saja, lo! Tapi juga seluruh Indonesia dan bahkan hingga ke luar negeri. Pemiliknya? Ia adalah Lanny Siswadi, seorang rumah tangga yang berasal dari Madiun dan ikut dengan suami di Surabaya.

Berawal dari kisah si suami membawa ikan hasil pancingan ke rumah dan karena Bu Lanny suka makanan pedas, dan kebetulan juga teman-temannya datang, ia akhirnya membuatkan sambal yang enak.

Semua rekannya menyarankan agar membuka warung makan. Nah, berbekal itulah, sampai saat ini Bu Lanny memproduksi sambalnya dalam kemasan.

 

2 dari 5 halaman

2. Wati Hendrawati, Pemilik Yufeto Catering Bandung

Jasa boga yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1972 dan masih laris hingga sekarang. Berbekal keahlian memasak yang jago dan sering mendapat pesanan nasi kotak untuk berbagai acara, ia akhirnya membuka bisnis pesanan makanan. Dari mulut ke mulut, akhirnya katering milik Bu Wati ini berkembang.

Nama Yufeto sendiri diambil dari nama ketiga anaknya yakni Yuki, Ferry dan Tony. Itu dikarenakan selama mendirikan Yufeto Catering ini, Bu Wati juga melibatkan anaknya di sela-sela kesibukannya.

3 dari 5 halaman

3. Nanik Soelistiowati, Pemilik Pisang Madu Bu Nanik

Gerai pisang yang satu ini tak pernah sepi dari pembeli. Sesuai dengan namanya, pembuatan pisang goreng Bu Nanik ini membuat pisangnya dengan campuran madu. Meski terdengar biasa, namun siapa saja yang pernah mencicipinya merasakan rasa yang luar biasa.

Awalnya, Bu Nanik hanya membuka usaha bisnis katering makanan lengkap dengan buah saja. Namun, karena banyak kondisi buah yang tak bagus, pada akhirnya ia menggoreng pisangnya dengan diberi madu. Nah, siapa sangka para pelanggannya malah suka dengan pisang goreng tersebut.

Pada akhirnya, di tahun 2015, Bu Nanik memutuskan untuk membuka usaha gerai pisang goreng madu. Selain pisang, juga ada gorengan lain seperti nangka, suku, dan lainnya.

4 dari 5 halaman

4. Anggita Prima, Pemilik Raja Pisang Nugget

Raja Pisang Nugget ini sempat viral beberapa tahun lalu. Nah, ternyata, gerai ini dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Anggita Prima.

Dia adalah seorang penggemar kuliner pisang goreng pasir, namun merasa tak puas dengan rasanya. Akhirnya, ia mencoba berinovasi menciptakan pisang goreng yang enak sendiri.

Lewat internet, ia menyusuri berbagai inspirasi olahan pisang hingga akhirnya ia memperoleh resep pisang nugget Makassar. Ia pun mencobanya dan nyatanya hasilnya enak. Mulai dari sana, ia tak ragu memulai usahanya sendiri.

5 dari 5 halaman

5. Selly, Pemilik Treat Inc Cheesecake in Jar

Treat Inc Cheesecake in Jar adalah sebuah premium cheese cake yang dibuat menggunakan bahan berkualitas dan dikemas dalam sebuah toples kecil yang menarik sehingga mudah dibawa ke mana saja dan kapan saja. Varian rasanya juga banyak, ada rasa plain, Oreo, choco chip, dan lainnya. Pemiliknya adalah seorang bernama Selly.

Ibu rumah tangga yang satu ini pada awalnya adalah seorang pegawai biasa yang setelah menikah merasa tak memiliki waktu untuk keluarga kecilnya. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk berhenti bekerja dan membuka usaha makanan manis yang sehat, yakni Treat Inc Cheesecake in Jar.

Nah, itulah beberapa ibu rumah tangga yang sudah membuktikan bahwa jadi ibu rumah tangga itu tak masalah bila memulai usaha dan mengejar mimpi. Jadi, kamu juga bisa memulainya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Murah dan Strategis, 7 Rekomendasi Gedung Pernikahan di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Biar Tak Cekcok, Simak Tips Kelola Keuangan bagi Pengantin Baru