Sukses

Google Haramkan 16 Pertanyaan Wawancara Kerja Ini

Pertanyaan berikut sangat susah, bahkan absurd. Akhirnya, Google mengharamkan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Google memiliki reputasi menanyakan pertanyaan yang susah kepada calon pegawai mereka. Akibat pertanyaan berikut terlalu susah, perusahaan sampai mengharamkan mereka.

Ada total 16 pertanyaan wawancara yang dilarang Google. Salah satunya berbunyi: Seorang pria mendorong mobilnya ke dalam sebuah hotel dan kehilangan hartanya. Apa yang terjadi?

Pertanyaan Google lain adalah meminta dibuatkan perencanaan evakuasi untuk San Fransisco. Beberapa pertanyaan yang muncul sangat absurd dan sulit membayangkan bahwa mereka memiliki jawaban.

Pertanyaan-pertanyaan Google tersebut sebetulnya dikompilasi pada 2009 silam, kemudian dipilih dan dirangkum oleh Business Insider berdasarkan yang paling liar.

Lebih lengkapnya, berikut 16 pertanyaan wawancara yang sudah diharamkan Google karena sangat susah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nomor Telepon Kamu

1. Kamu harus bayar berapa untuk membersihkan semua jendela di Seattle?

2. Mengapa manhole (penutup lubang jalan) berbentuk lingkaran?

3. Kamu harus mengecek bahwa sahabatmu Bob memiliki nomor kamu dengan benar, namun kamu tidak bisa bertanya secara langsung. Kamu harus menulis pertanyaan di atas kertas dan memberikannya ke Eve, yang akan membawa kartunya ke Bob dan mengembalikannya padamu. Apa yang harus kamu tuliskan, selain pertanyaan, agar memastikan Bob bisa meng-encode pesanmu supaya Eve tak bisa membaca nomor teleponmu?

4. Ada berapa tuner piano di seluruh dunia?

5. Pada sebuah desa terdapat 100 pasangan yang tiap lelakinya selingkuh dari istri mereka. Setiap istri di desa itu langsung tahu ketika suami orang selain suami mereka telah selingkuh, tetapi tidak tahu ketika suami mereka sendiri selingkuh. Desa itu memiliki hukum melarang hubungan adultery (perselingkuhan dari pasangan sah).

Setiap istri yang bisa membuktikan bahwa suami mereka tidak setia harus membunuh sang suami hari itu juga. Para wanita di desa tidak akan melanggar hukum ini. Suatu hari, ratu desa itu berkunjung dan mengumumkan setidaknya salah satu suami telah selingkuh. Apa yang akan terjadi?

3 dari 4 halaman

Jarum Jam

6. Seorang laki-laki mendorong mobilnya ke sebuah hotel dan kehilangan hartanya. Apa yang terjadi?

7. Berapa kali jarum-jarum jam saling tumpang tindih dalam sehari?

8. Ada berapa vacuum yang dibuat di AS per tahunnya?

9. Buatlah rencana evakuasi untuk San Fransisco.

10. Jelaskan makna dari "daging mati"

4 dari 4 halaman

Pertanyaan Semakin Absurd

11. Bila seseorang menekan seruntunan angka pada sebuah telepon, kata-kata/jalinan apa yang dapat dibentuk dari huruf-huruf yang terasosiasikan dari angka-angka tersebut.

12. Kami menciut sampai sebesar koin nickel dan berat badangmu juga berkurang secara proporsional sehingga dirimu tetap memiliki massa jenis asli kamu. Kamu kemudian terlempat ke blender kosong. Pisaunya akan mulai bergerak dalam 60 detik. Apa yang akan kamu lakukan.

13. Berapa bola golf yang bisa muat di bus sekolah?

14. Kamu memiliki dua telur dan akses ke gedung berlantai 100. Telur bisa sangat keras atau sangat rapuh, artinya mereka bisa saja pecah bila jatuh dari lantai pertama atau tidak pecah jika jatuh dari lantai 100. Kedua telurnya identik.

Kamu perlu mengetahui lantai paling tinggi mana dari bangunan berlantai 100 ini agar kamu bisa melempar telur tanpa memecahkannya. Pertanyaannya adalah berapa kali lemparan yang kamu butuhkan. Kamu boleh memecahkan dua telur dalam prosesnya.

15. Kamu berada di titik A dan harus ke titik B. Kamu tidak tahu jalannya. Apa yang akan kamu lakukan?

16. Jelaskan apa itu database dalam tiga kalimat ke keponakanmu yang berusia 8 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.