Sukses

Bagasi Tak Lagi Gratis, Terbang Pakai Lion Air Lebih Mahal dari Batik

Maskapai Penerbangan Lion Air mulai menerapkan bagasi berbayar mulai Selasa ini.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Penerbangan [Lion Air](read "") mulai menerapkan bagasi berbayar mulai Selasa ini. Calon penumpang yang ingin memesan tiket Lion Air harus merogoh kocek lebih dalam jika membawa bagasi.

Merdeka.com mencoba memesan tiket Lion Air dari Jakarta Menuju Padang dari salah satu aplikasi pemesanan online. Tiket yang dipesan yaitu penerbangan Lion Air dari Jakarta menuju Padang untuk Selasa tanggal 15 Januari 2019. Penerbangan yang dipilih yaitu nomor penerbangan JT-252 yang berangkat dari Jakarta pukul 05.50 dan sampai di Bandara Internasional Minangkabau, Padang pukul 07.35.

Saat memesan tiket, Lion Air tidak lagi menyediakan bagasi gratis 20 Kg seperti biasanya. Namun, bagasi bisa dibeli langsung dari situs ini.

Untuk berat bagasi seberat 20 Kg, calon penumpang diharuskan membeli atau membayar Rp 400.000. Padahal, sebelumnya bagasi ini gratis. Namun, calon penumpang bisa membeli bagasi seberat 5 Kg dengan harga Rp 100.000, bagasi 10 Kg seharga Rp 200.000, bagasi 15 Kg seharga Rp 300.000, bagasi seberat 25 Kg seharga Rp 500.000 dan bagasi 30 Kg seharga Rp 600.000.

Namun demikian, harga tiket penerbangan ke Padang masih terpantau cukup tinggi yaitu mencapai Rp 917.000. Jika calon penumpang membawa bagasi seberat 20 Kg, maka harus membayar Rp 1.317.000.

Jika dibandingkan dengan maskapai lain dengan tujuan dan hari yang sama, maskapai Batik Air dengan kode penerbangan ID-7109 yang terbang pukul 15.30 dari Jakarta, mematok harga tiket Rp 1.276.000. Harga ini sudah termasuk bagasi gratis seberat 20 Kg.

Layanan penerbangan kedua maskapai ini sangat berbeda, Batik Air memberikan makanan kepada semua penumpang dan [Lion Air](read "") tidak sama sekali.

Reporter : Idris Rusadi Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengecualian

Lion Air Group mulai hari ini memberlakukan kebijakan penghapusan kebijakan bagasi gratis untuk penerbangan Lion Air dan Wings Air untuk layanan penerbangan domestik. Artinya, seluruh bagasi Lion Air berbayar sampai batas waktu yang tidak ditentukan (until further notice/ UFN).

Berdasarkan keterangan resminya, Lion Air tidak lagi memberlakukan bagasi cuma-cuma 20 Kg per penumpang. Sementara, untuk Wings Air, tidak diberlakukan bagasi cuma-cuma 10 Kg per penumpang.

Namun, aturan ini tidak berlaku bagi penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2018. Nantinya, setiap calon penumpang (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 Kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita (hand luggage). Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40x30x20 cm.

Setiap pelanggan yang membawa barang bawaan atau bagasi lebih dari ketentuan bagasi perorangan yaitu 7 kg akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan. Penerbangan Lion Air Group juga memberlakukan bahwa beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.