Sukses

Mau Hasilkan Uang dari Blog? Terapkan 7 Tips Jitu Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu dengar istilah “hobi yang dibayar”? Orang yang berkecimpung di dunia blogging mengalami hal ini. Kalau kamu memiliki komitmen yang kuat untuk menekuninya, tidak menutup kemungkinan bisa bernasib sama.

Swara Tunaiku merangkum tujuh tips yang bisa kamu terapkan agar bisa menghasilkan uang dari blogging.

1. Bergabung dengan Afiliasi

Program afiliasi ini masih legit hingga sekarang. Caranya, kamu hanya perlu mempromosikan produk yang merupakan satu afiliasi. Katakanlah, kamu gabung ke afiliasi Accesstrade lalu mempromosikan kartu kredit. Ketika ada nasabah baru berkat promosi tersebut, kamu pun berhak mendapatkan komisi.

Untuk mendapatkan komisi lebih, perlu usaha yang gigih dalam membangun jaringan. Sumber pendapatan ini sangat mudah dijangkau oleh para blogger yang punya pengaruh kuat terhadap netizen.

2 dari 4 halaman

2. Menjual Blog

Benarkah blog bisa dijual? Apa yang tidak bisa dijual hari ini, sih? Asalkan blog yang kamu kelola punya peringkat bagus di mesin pencari, harganya bisa sangat tinggi. Klienmu bisa dari kalangan profesional, pemula, atau siapa pun yang nantinya butuh. Sebaiknya, ketika membangun blog, usahakan selalu bikin konten yang berbobot tanpa copy paste.

3. Mempromosikan Jasa

Punya keahlian di bidang menulis, desain, atau bikin video? Blog yang kamu punya bisa digunakan untuk mempromosikan jasa tersebut. Lumayan kalau bisa mendapatkan uang tambahan dari hasil jasa menulis, bikin video, atau desain. Dengan begini, pendapatan dari blog tidak melulu dari iklan saja.

3 dari 4 halaman

4. Jualan Produk

Apabila kamu punya bisnis yang bergerak di bidang produksi, buatlah blog untuk melancarkan usaha. Zaman sekarang sudah banyak orang yang melakukan beragam transaksi via daring. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk menjangkau pembeli lebih luas lagi. Bahkan bisa jadi pembelimu berasal dari luar negeri.

5. Paid Review

Ketika blog yang kamu bangun sudah punya traffic cukup tinggi, iklan pun bisa datang dengan sendirinya. Katakanlah kamu suka dengan dunia traveling dan sering menulis terkait hal tersebut. Bisa jadi lewat jalan tersebut, hotel-hotel kenamaan akan mengundangmu untuk bikin review. Sudah dapat fasilitas penginapan gratis, dapat tambahan uang pula.

4 dari 4 halaman

6. Iklan

Ada dua sumber iklan yang umumnya muncul di blog, yaitu advertising network dan direct advertising. Untuk jenis pertama itu berhubungan dengan afiliasi. Katakanlah kamu sudah menjadi publisher untuk suatu afiliasi. Nanti kamu bisa pilih berbagai produk yang disesuaikan dengan konten blog. Biasanya, komisinya kecil bila dibanding jenis kedua.

Soalnya yang direct advertising itu pihak klien langsung menghubungimu. Kalau kedua belah pihak sudah sepakat, uang pun bisa dicairkan. Pembayarannya bisa lewat Paypal, rekening bank langsung, atau lain-lain sesuai dengan kesepakatan bersama.

7. Konten Eksklusif

Untuk sumber pendapatan yang ini masih jarang dipakai. Soalnya kebanyakan pembaca maunya yang gratis-gratis. Sedangkan untuk konten eksklusif ini hanya ditujukan untuk anggota berbayar. Bisa saja sih diterapkan, asalkan blog yang kamu bangun memiliki traffic tinggi, populer, serta berpotensi mendapatkan pengikut lebih banyak lagi.

Selama niat kamu kuat dan yakin 100 persen bisa berhasil, tidak ada yang bisa menghentikanmu. Ketujuh sumber pendapatan itu sampai sekarang masih berlaku dan dirasakan oleh sejumlah blogger Indonesia. Tidak ada yang mustahil selama masih bisa diusahakan. Keuletan serta ketekunan menjadi kunci utama blog yang kamu bangun nantinya sukses atau tidak.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Sukses Pendiri PUBG dan Hal yang Bisa Dipelajari dari Mereka!
Artikel Selanjutnya
Lewat 8 Hobi Ini, Pundi-pundi Uangmu Bisa Semakin Bertambah