Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Separuh Tiket Kereta Api Buat Natal dan Tahun Baru Sudah Ludes Terjual

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 menyebutkan, hingga hari ini, tiket kereta api untuk libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah terjual sebanyak 51 persen. Total kursi (seats) yang disiapkan PT KAI untuk momentum Nataru sebesar 69.850 seats.

"Per hari ini, 51 persen tiket sudah terjual dari seluruh tempat duduk yang sudah kami disiapkan. KA-KA tertentu sudah habis, namun KA-KA lain belum," ucap Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah di Hotel Liminor, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Dadan menjelaskan, animo masyarakat terhadap pemesanan tiket kereta api terbilang besar. Ia menilai kepercayaan masyarakat pada moda transportasi ini tercatat meningkat.

Oleh karena itu, untuk memberikan rasa aman bagi pengguna KA, selama momen Nataru, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 1.062 personel keamanan intenal yang terdiri dari 239 personel Polsuska, 819 personel security, 4 personel Pabin & Babin, dan bantuan keamanan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 259 personel.

"Dari aspek prasarana, kami bersiap siaga untuk daerah-daerah rawan bencana alam. Kami sudah mendeteksi sebanyak 160 titik rawan berupa banjir, longsor, dan amblas di sepanjang jalur KA di wilayahnya," ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, Perseroan telah menyiapkan alat material khusus jalan rel seperti batu balas, bantalan rel, pasir, karung, plat sambung, baut sambung, pandrol, Paku TN.

"Sedangkan, untuk jembatan berupa perancah, rel bendel, begel bendel, besi H Beam, alat penambat rel, dan lainnya di titik-titik yang telah kami ditentukan," tandasnya.

2 dari 3 halaman

Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Daop 1 Siapkan 79 Perjalanan Kereta Api

Menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 menyiapkan 79 perjalanan kereta api (KA). Jumlah ini meningkat 9 persen dibanding masa angkutan Nataru tahun 2017 yakni sebesar 72 perjalanan KA.

Tahun ini masa angkutan Nataru ditetapkan selama 18 hari yakni mulai tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Selama masa angkutan itu, seluruh pegawai KAI tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan untuk membantu kelancaran pelayanan di sejumlah stasiun. 

"Melihat volume penumpang yang meningkat, PT KAI Daop I menambah petugas yang berada di lintasan kereta api, serta fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan penumpang. Diharapkan Nataru tahun ini sukses dan zeo accident," ucap Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah di Hotel Luminor, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Dadan menambahkan, PT KAI Daop I juga menyiagakan sarana posko kesehatan di 5 lokasi Pos Kesehatan seperti di Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jatinegara, Cikampek dan Sukabumi dengan total tenaga medis sebanyak 32 orang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Awal Tahun Depan Kereta Api Jakarta Tembus ke Garut Kota
Artikel Selanjutnya
Mobil Operasional PT KAI Dilakban Usai Terlibat Kecelakaan, Mengapa?