Sukses

2 SPBU BBM Satu Harga Beroperasi di Nias

Melalui program BBM satu harga pemerintah memberikan rasa keadilan kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga, di Pulau Nias Sumatera Utara telah beroperasi. Dengan adanya lembaga penyalur resmi tersebut, masyarakat Nias bisa membeli BBM jenis Premium dan Solar subsidi sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, melalui program BBM satu harga pemerintah memberikan rasa keadilan kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Alasannya, dengan adanya program ini seluruh warga di Tanah Air bisa membeli Premium dan Solar sama‎ dengan ketetapan pemerintah yaitu Rp 6.450 per liter untuk Premium dan Rp 5.150 per liter untuk Solar.

"Ini upaya pemerintah membuat BBM terutama Premium dan Biosolar harganya sama di seluruh nusantara," kata Jonan, saat meresmikan SPBU BBM satu harga, di Distrik Sitolu Ori – Kabupaten Nias Utara, Kamis (6/12/2018).

SPBU yang baru dioperasikan terletak di Distrik Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara dan di Distrik Hibala Kabupaten Nias Selatan. Dua lembaga penyalur di Sumatera Utara ini merupakan titik BBM satu harga ke-47 dan 48 yang diresmikan oleh Pertamina pada tahun 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasokan BBM

Direktur Pemasaran Retail Masud Khamid menjelaskan, SPBU Distrik Hibala – Kabupaten Nias Selatan akan menerima pasokan BBM dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Gunung Sitoli.

Distribusi dari TBBM Gunung Sitoli ke SPBU tersebut memakan waktu lebih dari 2 jam dengan moda perjalanan darat atau sekitar 95 kilometer (km). SPBU ini akan disediakan BBM jenis Premium dan Solar.

Sebelum dilakukan program ini, harga Premium di Distrik Sitolu Ori mencapai Rp 12 ribu per liter. Sedangkan, Biosolar Rp 9 ribu per liter. Saat ini, masyarakat Distrik Sitolu Ori bisa menikmati harga Premium Rp 6.450 dan Rp 5.150 untuk Solar.

Sementara itu, SPBU di Distrik Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara berjarak 41 kilometer dari TBBM Gunung Sitoli. Sebelum adanya BBM Satu Harga, masyarakat setidaknya membayar Rp 7.500 per liter untuk Premium dan Rp 7.000 per liter untuk Solar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.