Sukses

Jokowi Beberkan Infrastruktur yang Bakal Diresmikan Desember 2018

Untuk pelabuhan, pada akhir tahun ini Presiden Jokowi akan meresmikan infrastrutkur Pelabuhan Kuala Tanjung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, sejumlah proyek infrastruktur akan diresmikan dan mulai beroperasi di akhir 2018. Adanya proyek-proyek ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019.

Untuk infrastruktur jalan, ada bulan depan akan tol Jakarta hingga Surabaya akan tersambung. Sedangkan hingga Banyuwangi ditargetkan selesai di akhir 2019.

"Awal bulan depan resmikan infrastruktur yang dibangun empat tahun ini. Desember, tol Jakarta-Surabaya tersambung. Banyuwanginya akhir 2019," ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Kemudian di Sumatera, infrastruktur tol Bakauheni-Terbanggi Besar juga akan diresmikan pada bulan depan. Sementara untuk Bakauheri-Palembang ditargetkan selesai Juni 2019.

"Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar diresmikan Desember ini. Bakauheni-Palembang 350 km Insya Allah nanti saya tanya ke kontraktornya katanya Juni. Saya tawar mbok April. Mbok agak maju sedikit ke April biar ada manfaat. Jangan ke mana-mana. Biar bisa Lebaran dari Jakarta ke Palembang. Bukan Pemilu. Tapi itu juga," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelabuhan dan Bandara

Untuk pelabuhan, pada akhir tahun ini juga akan diresmikan Pelabuhan Kuala Tanjung. Proyek pelabuhan lain akan menyusul diresmikan pada 2019.

"Kami juga akan lihat nanti di akhir 2018 ini Pelabuhan Kuala Tanjung selesai. Makassar New Port Januari 2019 selesai," kata dia.

Sementara untuk bandara, Jokowi masih menunggu pembangunan landasan pacu Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Dengan tambahan landasan pacu ini maka maskapai tidak perlu lagi mengantre untuk bisa terbang atau mendarat dari dan ke bandara tersebut.

"Ini sebetulnya saya tunggu runway ketiga Soetta. Tapi karena sedikit terhambat mungkin di pertengahan 2019. Karena kami rasakan mau naik saja tunggu 30 menit. Turun juga muter-muter di atas. Sehingga permintaan slot pesawat datang ke Indonesia terlambat semuanya, kata dia. 

"UEA mau ke Jakarta, China juga enggak bisa buka. Thailand juga enggak bisa berikan karena slotnya tidak ada sehingga keterlambatan infrastruktur seperti ini saya sampaikan. Dan Menteri PU, Menteri BUMN kejar cepat selesaikan, enggak bisa nunggu-nunggu," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.