Sukses

Mau Konsisten Kaya dan Sukses? Buang Jauh Cara Instan Berikut

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pastinya memiliki keinginan untuk hidup dengan kondisi finansial yang mapan. Selain bekerja, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mencapainya. Misal strategi bekerja, kelola pendapatan, dan lain sebagainya. Tentu diperlukan cara tersendiri untuk mengurus hal-hal tersebut.

Namun sayang sekali, menurut Swara Tunaiku banyak yang dalam praktiknya justru menerapkan cara-cara instan. Dikira cepat kaya, justru malah bikin hidup semakin susah dan lama untuk mencapai kesuksesan finansial.

Jika kamu ingin sukses secara finansial, sebaiknya buang jauh-jauh cara instan yang ada di bawah ini.

1. Boros

Sifat boros merupakan bagian dari cara instan ketika mengeluarkan uang sehari-harinya. Boleh saja jika kamu sudah mengatur anggaran bulanan dengan tujuan agar tidak boros dan bisa digunakan untuk menabung. Namun percuma jika komitmen tidak dijaga. Keinginan yang kuat menjadi kunci agar keuangan kamu bisa surplus.

2 dari 3 halaman

2. Beli Barang Mewah

Merasa jadi orang berada hanya dengan beli barang-barang mewah itu hanyalah ilusi atau fatamorgana. Dari sampul, mungkin penampilan kamu akan mengesankan begitu. Sayangnya, kebiasaan ini bisa bikin kamu boros dan menyia-nyiakan pendapatan bulanan yang tentu tidak akan cukup. Setelah itu, keuanganmu akan defisit dan utang ke sana-sini.

Alangkah baiknya kebiasaan beli barang mewah direm mulai sekarang. Kamu wajib realistis dan selektif ketika beli barang, mana-mana saja yang benar-benar kamu butuhkan.

Untuk mendapatkan kemapanan finansial, bekerjalah lebih giat dan terapkan strategi khusus biar tidak terlalu membebanimu. Misalnya dengan beli barang bekas atau saat ada diskon.

3. Sekadar Menabung

Dengan menabung, mungkin akan membuatmu seolah-olah sudah punya kekayaan dalam ukuran Rupiah. Selanjutnya, mungkin kamu akan merasa bangga dan menganggap diri sendiri sebagai orang kaya.

Ternyata, cara instan ini tidak akan membuat kamu kaya. Uang yang berada dalam tabungan akan tergerus oleh bunga bank dan inflasi.

Jika ingin kaya, kamu bisa memulainya dengan berinvestasi. Jadi, tidak hanya sekadar menabung. Misalnya bisa mulai dengan obligasi, reksadana, properti, emas, dan lain sebagainya. Cara ini bisa membantu finansialmu dan merupakan cara hidup orang sukses selama ini.

3 dari 3 halaman

4. Bekerja sesuai Target

Bekerja berdasarkan target itu sudah ketinggalan zaman. Jika ingin kaya, seharusnya kamu memiliki pencapaian lebih tinggi dari target yang telah ditetapkan. Maka, bonus yang kamu terima pun bisa lebih banyak. Tak ayal, atasan pun akan puas dengan kinerjamu. Bukan tidak mungkin, dalam waktu dekat, kamu akan mendapatkan kenaikan gaji dan jabatan.

5. Kerja Utama Saja

Setiap orang bebas jika bermimpi menjadi orang kaya. Sah-sah saja sih. Akan tetapi, jika kamu memang menginginkan kekayaan, bakal susah ketika hanya mengandalkan pekerjaan utama saja.

Mulai sekarang, kamu wajib memiliki pekerjaan sampingan. Misal pekerjaan yang berdasarkan hobi atau bisa juga dengan membangun usaha.

Harap selalu kedepankan prinsip untuk menunaikan pekerjaan utama dengan cara-cara yang amanah atau dapat dipercaya. Tujuannya biar kamu terlatih dan bisa membangun usaha sampingan yang lebih maksimal. Sama seperti pekerjaan utama, perihal pekerjaan sampingan juga butuh komitmen dan kesungguhan dalam menerapkan strategi bisnisnya.

Itulah beberapa cara instan yang sebaiknya harus kamu hindari agar lebih cepat kaya.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Barang Belanja Ini Bisa Kamu Jadikan Investasi, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Rekrutmen Kerja Lewat Media Sosial, Siapa Takut?