Sukses

Maskapai Alokasikan 30 Persen Kursi dengan Tarif Baru

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) telah menurunkan tarif tiket pesawat rute penerbangan domestik sejak Jumat, 11 Januari 2019.

Direktur Lion Air, Rudi Lumingkewas, menyatakan maskapai nasional akan mengalokasikan hingga 30 persen kuota kursinya untuk tiket dengan harga baru ini.

"Ya, kami akan alokasikan 10-30 persen seat untuk penurunan harga ini," ungkapnya saat sesi konferensi pers di Jakarta, Minggu (13/1).

Ketentuan ongkos tarif ini ditentukan INACA setelah berdiskusi panjang dengan maskapai di bawah naungannya, dan menemui hasil untuk memotong harga tiket pada kisaran 20 sampai 60 persen.

Rudi pun turut mengimbau kepada calon penumpang untuk segera memesan tiket murah ini sebelum harganya kembali naik lantaran ramainya permintaan pasar. "Satu syarat pada masyarakat untuk dapatkan harga murah, jangan booking last minute. Kalau begitu, harga sudah naik lagi, karena mengikuti supply dan demand," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Sriwijaya Air Joseph Adrian Saul mengatakan, maskapainya juga mengamini ketentuan yang telah ditetapkan untuk memangkas harga jual tiket pesawat. "Sriwijaya tetap mendukung apa yang diputuskan INACA. Kita ikut saja, karena kita medium service," tegas dia.

Hal senada dilontarkan Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, yang menuturkan pihaknya sudah mengimplementasikan ketentuan ini pada sejumlah rute penerbangan sejak Jumat 11 Januari 2019 lalu.

"Citilink sejak Jumat kemarin sudah melakukan penyesuaian harga di beberapa rute, seperti Cengkareng-Jogja dan Jogja-Denpasar. Jumat kemarin di jam-jam tertentu harganya sudah jauh turun," jelasnya.

"Seperti airline lain, kami dari LCC (Low Cost Carrier/maskapai penerbangan bertarif rendah) bakal maksimalkan 30 persen dari seat yang ada untuk penurunan harga tiket pesawat," pungkas dia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menhub Minta Maskapai Tak Pasang Harga Tiket yang Beratkan Masyarakat
Artikel Selanjutnya
5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah di Travel Fair