Sukses

Ingin Pensiun Lebih Awal? Kuasai 7 Keahlian Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kesibukan dan beban kerja yang tiada habisnya membuat banyak pekerja mengidamkan masa pensiun, bahkan mempertimbangkan untuk pensiun dini.

Namun, memutuskan untuk pensiun lebih awal dari pekerjaan bukanlah keputusan mudah. Untuk menjadikannya kenyataan, Anda harus memastikan sudah mempersiapkan perencanaan keuangan dan keahlian finansial yang memadai.

Mengutip Lifehack, ini 7 kemampuan yang harus Anda miliki untuk bisa pensiun dini sekaligus mencapai kemerdekaan finansial.

1. Buat rencana tertulis

Membuat rencana sebatas di pikiran saja bukan cara terbaik untuk merencanakan pensiun dini. Luangkan waktu untuk menuliskan target finansial Anda sebagai bentuk motivasi.

Ingat, Anda tidak hanya menuliskan kalimat-kalimat inspiratif dalam perencanaan ini. Sebaliknya, tuliskan secara spesifik aspek dari target finansial Anda. Ini termasuk menentukan cara pengelolaan uang, jumlah, dan jangka waktu untuk mencapai target tersebut.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan uang secara bijak

Saat ini, banyak orang yang menampilkan ilusi mereka kaya alih-alih menjadi orang kaya yang sebenarnya. Menjadi kaya merupakan tujuan jangka panjang. Ini artinya Anda harus melepaskan kemewahan saat ini jika ingin mencapai kesuksesan finansial di masa depan. Menghamburkan uang tidak akan membuat Anda kaya. 

Gunakan uang Anda dengan bijak sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup namun juga membatasi keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu diperlukan.

3. Buat uang Anda sulit diakses

Letakkan uang di tempat yang membuat Anda berpikir dua kali untuk engambilnya. Mana yang lebih mudah diakses, mengambil uang dari dompet atau dari loker yang terkunci?

Ini bukan berarti Anda harus mencari tempat-tempat tersembunyi untuk menaruh uang. Anda bisa menginvestasikan uang Anda pada rencana pensiun atau skema investasi sehingga harus melalui beberapa kebijakan dan penalti untuk menarik uang.

3 dari 4 halaman

4. Cari pendapatan pasif untuk tambahan

Ada baiknya Anda juga mencari beberapa sumber pendapatan sehingga saat salah satu sumber kurang berhasil, Anda memiliki cadangan lain.

Anda suka menulis? Cari pekerjaan lepas (freelance) sebagai penulis konten, atau jika Anda memiliki ruang kosong, daftarkan di AirBnB. Walaupun mungkin tidak seberapa, ini bisa memberikan Anda pendapatan tambahan untuk kemudian ditabung atau diinvestasikan.

5. Jaga kesehatan

Sadar atau tidak, kesehatan sangat berdampak pada kondisi finansial. Biaya kesehatan bukanlah sesuatu yang murah.

Anda harus sehat untuk bisa menikmati pensiun dini. Selain itu, menjaga kesehatan berarti tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya rumah sakit dan obat-obatan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memiliki asuransi kesehatan.

4 dari 4 halaman

6. Liburan saat low season

Apabila Anda suka berwisata, berlibur saat masa sepi pengunjung bisa membantu Anda berhemat, mulai dari tiket pesawat hingga penginapan. Jika Anda ingin liburan singkat, usahakan pilih hari biasa dan bukan akhir minggu atau tanggal merah.

Penghematan-penghematan kecil seperti ini seiring berjalannya waktu akan terakumulasi menjadi jumlah yang lumayan bagi tabungan Anda.

7. Gunakan aturan 5 persen

Aturan 5 persen ini terbukti sangat efektif. Yang dimaksud dari aturan ini adalah mengurangi 5 persen pengeluaran Anda dari 3 kategori pengeluaran paling banyak setiap tahun. 

Pertama, tuliskan 3 kategori pengeluaran terbesar Anda selama setahun. Kemudian carilah cara untuk memotong pengeluaran tersebut dan jadikan itu sebagai kebiasaan.

Misalnya pengeluaran untuk makan Anda cukup besar, akali ini dengan menyiapkan makanan dari rumah atau buat aturan hanya makan di luar 2 kali sebulan.

Merencanakan pensiun dini tidak selalu rumit. Yang dibutuhkan hanyalah disiplin finansial untuk menabung dan berinvestasi dalam jangka panjang.

Jalan menuju pensiun dini tidak bergantung pada kemampuan matematika tetapi pada kemampuan Anda untuk menanamkan kebiasaan baik dan pola pikir yang tepat. Oleh karena itu, segera mulai perencanaan Anda. (Felicia Margaretha)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Bikin Masa Pensiun Penuh Damai