Sukses

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Bangun Jaringan

Untuk dapat memiliki networking yang baik dan berhasil, ada beberapa kesalahan yang perlu dihindari. Berikut ulasan lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Networking atau membangun jaringan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dan menentukan karier serta kehidupan asmara kita.

Memiliki jaringan pertemanan yang luas akan memudahkan dan lebih membantu kita baik saat masih berkuliah maupun saat sudah bekerja.

Untuk dapat memiliki networking yang baik dan berhasil, ada beberapa kesalahan yang perlu dihindari. Dikutip dari Swara Tunaiku berikut ulasan lengkapnya.

1. Terlalu Nyaman Berkepribadian Introvert

Introvert adalah tipe orang yang memiliki kepribadian tertutup dan umumnya susah berhubungan dengan orang lain. Memiliki persepsi bahwa diri Anda introvert akan membatasi dan menghambat perkembangan jaringan yang Anda miliki.

Oleh karena itu, Anda perlu keluar dari zona nyaman dan belajar untuk meningkatkan inisiatif diri dalam berkomunikasi. Dapat dimulai dengan menunjukkan ketertarikan saat lawan bicara memulai suatu topik pembicaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kurang Aktif Berdiskusi

Membangun jaringan yang baik tidak cukup hanya dengan menjadi pendengar yang baik. Dalam berkomunikasi, diperlukan dua orang yang saling memberi tanggapan satu sama lain. Komunikasi yang bersifat satu arah tidak akan menghasilkan diskusi yang menarik dan dapat menyebabkan lawan bicara kehilangan minat.

Anda perlu memberikan tanggapan dan mungkin juga dapat memulai topik baru untuk menjaga keberlangsungan diskusi.

3. Memiliki Sifat Minder

Persepsi bahwa Anda tidak lebih baik dari orang lain dapat menyebabkan kemunduran dan berefek pada usaha Anda dalam membangun jaringan.

Mulailah membangun kepercayaan diri dengan mengenali diri lebih dalam untuk dapat mengetahui kelebihan yang dimiliki. Melalui kelebihan tersebut, Anda dapat belajar untuk mengurangi perasaan minder yang Anda miliki.

3 dari 3 halaman

4. Motivasi yang Salah

Motivasi dalam membangun jaringan tidak dilandasi oleh keegoisan dan mencari keuntungan diri sendiri. Motivasi yang seperti itu tentu akan menghambat diri Anda sebab tujuan yang dimiliki semata-mata hanya untuk kepentingan pribadi.

Membangun networking tidak hanya bertujuan menunjang karier, namun juga untuk memperluas lingkaran pertemanan. Selain itu, jika sudah memiliki networking, maka selanjutnya menjalin relasi yang terbina dengan saling mendukung. Dukungannya bisa berupa bantuan untuk mengembangkan diri supaya menjadi lebih baik lagi.

5. Tidak Menjaga Komunikasi

Putus komunikasi umumnya terjadi ketika dua orang atau lebih tidak lagi berada pada satu tempat yang sama. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan lingkaran pertemanan yang Anda miliki.

Untuk menjaga lingkaran pertemanan tersebut, diperlukan komunikasi yang sifatnya terus menerus. Komunikasi dapat melalui media sosial maupun dengan bertemu secara langsung satu sama lain.

Lima poin di atas merupakan kesalahan-kesalahan yang dapat mempengaruhi networking yang Anda miliki. Berusahalah untuk menghindari maupun meminimalisir kesalahan-kesalahan tersebut, sehingga dapat terbangun jaringan yang baik dan bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.