Sukses

5 Keahlian yang Diincar Perusahaan di Masa Depan, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Hidup akan terus berubah dari waktu ke waktu. Tidak ada yang tetap statis tanpa perubahan. Semuanya dinamis dan terus bergerak dan berubah.

Air terus mengalir, angin akan terus berembus, dan manusia pun akan senantiasa terus bergerak dan berpindah. Begitupun dengan pekerjaan dan karier.

Kualifikasi pekerjaan akan terus berubah mengikuti zaman. Tentunya kualifikasi calon karyawan pada tahun 1970-an akan sangat berbeda dengan kualifikasi calon karyawan di tahun 2018 ini.

Lalu bagaimana dengan masa depan? Pastinya, teknologi di masa depan akan semakin canggih. Pekerjaan-pekerjaan pun akan terkomputerisasi dengan baik. Media komunikasi akan semakin canggih dan mengglobal.

Dengan kondisi seperti ini pastinya kita harus memiliki kemampuan dan keahlian khusus agar tetap dapat bersaing di dunia profesional. Berikut keahlian yang perlu kita miliki di masa depan agar kita tetap tak tergilas persaingan menurut Swara Tunaiku.

2 dari 4 halaman

1. Sense Making

Meski bukan suatu hardskill, sense making ini menjadi salah satu soft skill yang kelak akan dibutuhkan banyak perusahaan.

Banyak perusahaan yang akan mencari orang-orang dengan soft skill ini karena keterbutuhan akan individu-individu yang mampu memahami arti dan makna tersembunyi dari berbagai ekspresi.

Selain itu, dengan soft skill ini kita juga dapat membantu membangun relasi dan mempermudah kita dalam bersosialisasi di dalam dunia pekerjaan.

2. Social Intelligence

Perusahaan kelak akan membutuhkan orang-orang dengan kecerdasan sosial yang tinggi. Dengan social intelligence ini, para pekerja akan lebih mudah dalam menjalin relasi langsung dan personal dengan orang lain.

Kita bisa melatih kecerdasan sosial kita sedari sekarang dengan cara memperbanyak jaringan dan sering bersosialisasi dengan rekan kerja ataupun rekan di luar kantor.

Dengan melatih kecerdasan sosial, kita juga akan berlatih bagaimana untuk menstimulasi reaksi dari lawan bicara saat ini.

3 dari 4 halaman

3. Virtual Collaboration

Meski di masa depan akan banyak pekerjaan dan komunikasi yang dilakukan secara virtual, kita perlu juga membangun bonding di dalam lingkungan kerja agar dapat bekerja secara lebih efektif.

Jadi, meski kita hanya berkomunikasi lewat virtual saja tetapi kita bisa hadir secara personal di dalamnya.

4. Digital Fluency

Dunia digital dalam kehidupan manusia saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai sektor seperti pekerjaan, industri, dan sektor lainnya membutuhkan hadirnya orang-orang yang fasih di dunia digital.

Tidak heran kalau setiap perusahaan kini memiliki tim digital marketing sendiri. Hal itu tidak menutup kemungkinan kalau keterampilan dan pemahaman akan tools-tools digital menjadi kemampuan yang wajib dimiliki setiap orang di masa depan.

4 dari 4 halaman

5. Personal Branding

Saat membangun sebuah karier, kita membutuhkan kemampuan personal branding. Kemampuan ini dapat dilatih dengan bertemu banyak orang dan membangun banyak kesan, reputasi, serta kepercayaan di hadapan orang lain.

Jika sudah memiliki kemampuan seperti itu, maka kita dapat lebih mudah untuk meyakinkan perusahaan-perusahaan yang diincar atas kualitas dan kualifikasi yang kita miliki.

Nah, itu dia lima keahlian yang harus kita miliki di masa depan. Karena semua akan serba teknologi, maka kemampuan soft skill seperti ini yang jauh lebih dibutuhkan. Jadi, mulai untuk melatih kemampuan tersebut dari sekarang, ya.

Artikel Selanjutnya
Intip 10 Rumah dan Apartemen Mewah Milik Seleb Hollywood
Artikel Selanjutnya
Jadi Pengusaha Terkaya, 5 Ide Bisnis Kylie Jenner Ini Bisa Kamu Tiru