Sukses

5 Manfaat LinkedIn untuk Kariermu

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan setelah lulus kuliah tentu saja sudah menjadi sebuah kewajiban. Memasuki dunia kerja, itu artinya kita dituntut untuk lebih mandiri dan bisa memenuhi seluruh kebutuhan sendiri tanpa bergantung lagi kepada orang lain.

Mencari pekerjaan dan membangun karier memang tidak semudah yang dipikirkan. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai jenjang karier yang diinginkan, seperti memperkuat relasi, meningkatkan kualitas kerja dan bertahan di tengah-tengah persaingan dengan sesama rekan kerja.

Para pekerja pasti sudah tidak asing dengan LinkedIn. LinkedIn merupakan jejaring sosial yang digunakan oleh kalangan profesional dari beragam latar belakang. Mulai dari karyawan swasta, pengusaha hingga mahasiswa sekalipun.

Berbeda dengan media sosial lain, LinkedIn dapat dikatakan sebagai media untuk memasarkan diri kepada perusahaan atau para profesional lain.

Perusahaan yang didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 ini sekarang sudah memiliki 161 juta anggota di lebih dari 200 negara di dunia.

Berikut 5 manfaat LinkedIn yang akan memberikan dampak untuk karier, seperti dikutip dari TunaiKita.

2 dari 4 halaman

1. Membuat Profil Profesional

LinkedIn bisa dimanfaatkan untuk membuat profil yang profesional. Seluruh data diri, foto, curriculum vitae, resume, dan lain-lain bisa dicantumkan di sini. Tujuannya agar pengguna LinkedIn memperoleh kesan awal yang baik dari para profesional lain.

Kesan pertama sangat penting karena seringkali kesan pertama yang akan menentukan bagaimana akhir dari karier seseorang di suatu perusahaan.

2. Memperluas Jaringan

Selain menciptakan kesan awal yang baik dengan profil yang mengesankan, dibutuhkan juga koneksi yang luas untuk mendukung perkembangan karier.

Sebagai media sosial online, LinkedIn bisa membantu untuk berinteraksi dengan semua orang di seluruh dunia. Dunia online memberikan kemudahan untuk dapat mengenal orang lain tanpa harus bertemu. Melalui LinkedIn, seseorang dapat menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau bekerja di bidang yang sama.

3 dari 4 halaman

3. Mendapatkan Pekerjaan

LinkedIn juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mencari dan melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar. Hanya dengan satu kali klik, pengguna bisa langsung melihat sederet lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan baik yang besar atau kecil. Pengguna juga bisa menyesuaikan posisi pekerjaan apa yang ingin kamu lamar.

Tentu saja fitur ini akan sangat membantu para pekerja dalam melamar pekerjaan. Sudah tidak perlu lagi membuang-buang waktu, biaya print dan transportasi serta tenaga untuk melamar pekerjaan. Lamaran yang diajukan akan langsung tersambung kepada akun LinkedIn pengguna yang sudah memiliki data diri secara lengkap.

4. Peluang Dilirik oleh Perusahaan

Tidak sedikit dari pengguna LinkedIn yang memperoleh pekerjaan berkat media sosial yang satu ini. Seperti halnya portfolio kehidupan profesional, tentu LinkedIn cukup penting bagi para profesional. Karena akses yang mudah untuk mengetahui data profesional lainnya, maka tidak heran bahwa banyak juga para eksekutif yang menggunakan LinkedIn untuk merekrut seseorang.

4 dari 4 halaman

5. Menjaga Hubungan dengan Rekan Lama

Sama halnya dengan media sosial lain, LinkedIn bisa membantu untuk menemukan teman lama yang mungkin ingin diajak bekerja sama. Hal ini sangat berguna karena biasanya seseorang akan lebih percaya kepada orang yang sudah dikenal sejak lama.

Nah itu dia manfaat untuk karier yang bisa didapatkan jika memiliki LinkedIn. Semoga membantu!

Artikel Selanjutnya
4 Asuransi yang Wajib Dimiliki, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
4 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Peserta BPJS Ketenagakerjaan