Sukses

Menteri Susi Ingatkan Nelayan di Belitung Jaga Sumber Daya Laut

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Susi Pudjiastuti, mengharapkan kebijakan pemerintah daerah dalam pengelolaan laut dan sumber dayanya melalui regulasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Susi Pudjiastuti, mengharapkan kebijakan pemerintah daerah dalam pengelolaan laut dan sumber dayanya melalui regulasi dan aturan tegas yang berkekuatan hukum.

Ia menyampaikan hal itu saat  mengunjungi lokasi tambang PT Timah Tbk  di Kawasan Selinsing Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis 4 Oktober 2018. Kunjungan Susi bersama Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Arcandra Tahar,

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Brahmantya Satyamurti Poerwadi. 

Usai meninjau langsung lokasi tambang, Susi bersama rombongan menuju Pantai Burung Mandi, Desa Damar untuk melakukan audiensi dengan para nelayan di Belitung Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Susi Pudjiastuti menyatakan Pulau Belitung merupakan salah satu lokasi yang cenderung lebih aman dari bencana seperti gempa bumi atau gunung meletus karena letak geografisnya.

Selain itu, Pulau Belitung juga kaya dengan sumber daya perikanan dan sumber daya tambang. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat bersyukur dengan mengelolanya secara bijak.

"Saya ingin pemerintah dan masyarakat sama-sama punya kesadaran atas keberuntungan kalian (warga Bangka Belitung). Orang bilang manusia tidak mensyukuri nikmatnya, kufur  nikmat bisa celaka. Kita mensyukuri dengan cara apa? Dengan menjaga dan mengelola sumber daya yang ada dengan betul dan baik, dan mengambil dengan secukupnya jangan berlebihan," cetusnya. 

Ia berpendapat, laut dan sumber daya alam di dalamnya dapat dijaga dengan berhenti menggunakan alat tangkap yang merusak lingkungan dan berhenti mencemari laut dengan bahan kimia berbahaya (bom, potassium, dan dinamit). Ia meminta agar kepolisian setempat menindak tegas perilaku-perilaku melanggar tersebut.

Susi Pudjiastuti juga meminta kebijakan pemerintah daerah dalam pengelolaan laut dan sumber dayanya melalui regulasi atau aturan tegas yang berkekuatan hukum, seperti peraturan daerah misalnya. 

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berhak untuk Pertahankan Mata Pencaharian

Susi menambahkan, semua orang berhak untuk mempertahankan mata pencahariannya, apalagi jika sumber pencaharian itu berupa ekosistem. "Namun tidak boleh ada kekerasan, pelakunya diamankan saja,” tutur dia.

Ia mencontohkan bagaimana Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menindak tegas para pelaku illegal fishing melalui proses hukum tanpa melakukan kekerasan terhadap nahkoda, awak kapal perikanan, maupun pemiliknya.   

Begitu pula dengan perlindungan laut dari penambangan ilegal. Susi mengatakan, nelayan tradisional dapat mempertahankan sumber pencahariannya dengan mengusir penambangan biji timah ilegal yang beroperasi di laut. Hal ini karena penambangan tersebut tidak memiliki izin usaha dan dapat merugikan masyarakat setempat. 

"Segala aktivitas tambang di Laut Belitung adalah ilegal selama belum ada aturan yang sah. Jadi kalau ada yang mau menambang sebelum ada aturannya, maka nelayan usir saja penambangan tersebut," ujar dia.

 Adapun terkait rencana penerapan teknologi tambang laut, Susi meminta masyarakat untuk tidak khawatir. Menurut Kementerian ESDM, teknologi tambang laut yang akan diterapkan adalah teknologi yang ramah lingkungan.

"Untuk teknologi tambang laut, Wakil Menteri ESDM sudah dikasih tahu untuk uji coba dulu. Tetapi percobaannya tetap tidak boleh di Belitung, harus di tempat lain. Saya tunggu buktinya (ramah lingkungan)," ujarnya.

Selain itu, jika uji coba berhasil dilakukan, penerapan teknologi tambang ramah lingkungan ini juga akan diatur melalui regulasi khusus agar tak ada pihak yang dirugikan.  

Terakhir, Susi berpesan agar nelayan mengoptimalkan pemanfaatan komoditas udang dan ikan yang ada di Laut Belitung sebaik mungkin. Selama ini, pertumbuhan ekonomi Kepulauan Bangka Belitung berada di atas nasional dengan tingkat inflasi yang rendah.

Namun ia menilai, pencapaian ini tidak akan dapat menjadi indikator kesejahteraan nelayan dan pertumbuhan usaha perikanan jika tidak dijaga dan dikelola dengan baik. 

"Dengan pencapaian yang demikian baik, namun nyatanya pendapatan pajak negara dari sektor kelautan dan perikanan masih berada di bawah 1 persen. Nanti kalau orang Indonesia masih tidak mau bayar pajak, kapal asing akan masuk lagi di Indonesia. Jadi tolong tertiblah melaporkan hasil tangkapan kapalnya,” ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.