Sukses

Excelloka Buka Pelatihan Gratis Bagi UKM, Tertarik?

Excelloka memberikan pelatihan gratis agar para UKM agar bisa terus berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia jasa pelatihan bisnis Excellence.asia membuka kesempatan bagi para Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mengikuti pelatihan bisnis. Pelatihan yang disebut Excelloka ini tersedia dalam bentuk loka (workshop) dan berlaku gratis.

Topik yang disediakan pun lengkap, seperti perencanaan dan pengendalian bisnis, sistem dan prosedur bisnis, operasional, dan keuangan.

"Kita identifikasi kira-kira apa yang dibutuhkan small business owners di Indonesia, kemudian kita bikin programnya 24," ungkap CEO dan Co-Founder Excellence.asia Viktor Yanuar S saat berkunjung ke Liputan6.com, Senin (10/9/2018).

Pelatihan yang disiapkan Excelloka tidak sebatas materi, melainkan memanggil para ahli profesional yang sudah terbiasa menjadi mentor untuk korporasi-korporasi besar. Viktor pun sebetulnya memiliki pengalaman yang ekstensif dalam hal coaching.

"Trainer kita bukan yang sembarangan, (tapi) trainer yang misalnya orang ikut pelatihan mereka (di luar Excelloka) pastinya mahal," jelas Viktor.

Menurut Viktor, 50 persen di antara pelaku bisnis yang ikut pelatihan adalah manufacturing, termasuk di dalamnya restoran. Sisa 50 persen lain terdiri dari 30 persennya service industry, mulai dari dokter, hewan, petshop, percetakan, dan 20 persen lagi berasal dari trading, termasuk toko online.

Syarat utama untuk mengikuti pelatihan dari Excelloka adalah memiliki bisnis yang sudah beroperasi selama setahun. Namun, ternyata banyak pebisnis kawakan yang tertarik ikut pelatihan.

"Orang yang boleh ikut kita adalah yang paling tidak berbinis satu tahun. Tapi saat ini 60 sampai 70 persen (dari peserta) sudah lebih dari 5 tahun di bisnis," ucap Viktor.

Untuk peserta, kebanyakan masih berusia 25-35 tahun, meskipun pelaku bisnis yang berusia lebih tua juga antusias ikut. Para peserta pun bisa menjadikan kesempatan ini untuk membangun network dengan pebisnis lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjaring Banyak Peserta

Program Excelloka telah menarik lebih dari seribu peserta UKM. Pihak pemerintah, dan bahkan Inasgoc, sempat menghadiri loka yang diadakan ini.

Sejauh ini, selain di Jakarta, Excelloka menargetkan hadir di 11 kota, termasuk sudah hadir di luar Jawa seperti Palembang dan Medan.

Apabila tertarik, Excelloka akan membuka batch 2 dalam program ini. Target tahun depan adalah menjaring 3.000 peserta. Pelatihan dilakukan setiap minggu, pada Sabtu pagi atau Jumat malam. Durasi tiap sesi adalah sekitar 2-3 jam.

Bila penasaran, mereka yang ingin belajar bisa melakukan live-streaming program loka yang dilakukan Excelloka dengan cara mendaftar langsung di situs resmi mereka di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini