Sukses

4 Cara agar Karier Eksis sebagai Freelancer

Liputan6.com, Jakarta - Freelancer masih mirip dengan pebisnis. Bedanya, freelancer tidak menjual komoditas barang, melainkan kemampuan seperti menulis, atau programming. Menjadi freelancer pun memiliki keuntungan kerja independen tanpa terikat aturan korporasi.

Kerja independen dan keuntungan finansial yang mumpuni adalah beberapa hal yang menarik orang menjadi freelancer. Menurut business2community, di Amerika Serikat (AS) saja, freelancer terhitung mencapai 35 persen dari tenaga kerja di sana.

Dalam dunia bisnis, barang yang bagus pun memerlukan pemasaran yang bagus, begitu juga sebagai freelancer. kamu harus bisa bersiap memasarkan diri secara efektif agar dikenal oleh pelanggan.

Tertarik untuk mempertimbangkan berkarier seperti freelancer? Dirangkum dari business2community, berikut empat cara membangun karier sebagai freelancer.

2 dari 5 halaman

1. Bangun Kehadiran Online

Mulai dengan membangun dan mengembangkan kehadiran online yang kuat. Luangkan waktu untuk membuat profil yang profesional dan ditulis dengan baik.

Buat profilmu di situs-situs khusus freelancer (contoh: situs upwork), dan jangan di satu situs saja. Buat profil yang profesional berisi latar belakang dan kualifikasi yang rinci, dan jangan lupa untuk memakai foto profesional juga.

3 dari 5 halaman

2. Temukan Segmen

Memiliki spesialisasi untuk segmen tertentu bisa sangat menguntungkan sebagai freelancer. Apa kemampuan yang kamu punya? Hukum? Gadget? Pakailah spesialisasi kalian untuk menyasar segmen tertentu sebagai freelancer.

Tentunya ini tak berarti kamu harus terus-terusan bekerja di segmen itu. Incar segmen tertentu, tapi terus buka dirimu pada pekerjaan segmen lain.

4 dari 5 halaman

3. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi, Terutama yang Tertulis

Ketika berkomunikasi dengan klien, kamu pastinya ingin tampak intelektual di bidang yang kamu miliki, dan juga sopan dan paham cara berbicara dengan baik. Selain itu, kamu juga perlu memahami masalah apa yang dihadapi klien sampai mereka memerlukan jasa freelance.

Tugasmu adalah mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi dan berkomunikasi dengan efektif tentang solusi ideal. Dalam hal ini, komunikasi tidak hanya secara langsung, melainkan secara tulisan juga. Itu adalah kemampuan esensial yang perlu kamu terus kembangkan.

5 dari 5 halaman

4. Jangan Takut untuk Meminta Review

Seperti halnya di situs belanja, di situs-situs pencari Freelancer pun akan ada tempat rating dan feedback. Saat belanja online pun, kita akan melihat review dari pembeli lain terlebih dahulu.

Mendapatkan review bagus tidak sekadar bukti telah memuaskan klien, melainkan bagian dari membangun reputasi. Terkadang, bisa saja klien lupa untuk memberikan review, maka dari itu, bila kamu yakin kinerjamu bagus, mintalah review dengan sopan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Awas! Ini Dampak Stres di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
5 Tips Jitu Sampaikan Ide Kreatif dan Inovatif