Sukses

Yuk Segera Tukar Kartu ATM dengan Kartu Berlogo GPN

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan perbankan akan menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan menyelenggarakan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di beberapa titik di wilayah Indonesia.

Semua diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan bekerjasama dengan perbankan. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan sekaligus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. 

"Kampanye akan diselenggarakan serentak pada hari Minggu, 29 Juli 2018 yang dilanjutkan dengan kegiatan penukaran kartu pada 30 Juli sampai dengan 3 Agustus 2018," kata dia, Sabtu (28/7/2018). 

Melalui kegiatan ini, masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartu ATM/Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN. 

Selain dilakukan penukaran kartu dan sosialisasi, kegiatan juga diramaikan dengan kegiatan seni, olahraga, dan hiburan. Pekan penukaran kartu berlogo GPN merupakan tindak lanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta pada 3 Mei 2018.

Sesuai dengan tema kampanye 'GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional', dengan menggunakan kartu berlogo GPN diharapkan masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Selain itu, dengan GPN keamanan data lebih terjaga karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link). 

"Bahkan masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo," pungkas Agusman. (Yas)

 

2 dari 2 halaman

Himbara Siap Terapkan GPN

Sebelumnya, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menyatakan siap mengimplementasikan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway yang telah diresmikan Bank Indonesia (BI).

Ini diungkapkan Ketua Himpunan Bank Milik Negara, Maryono di Jakarta, Rabu 6 Desember 2017. Ia mengatakan untuk menindaklanjuti peluncuran GPN, perbankan BUMN telah siap mendistribusikan kartu debit berlogo Garuda Merah.

Rencananya awal Januari 2018 kartu debit tersebut sudah bisa dibagikan kepada para nasabah di seluruh Indonesia.

“Saya kira Himbara sudah siap mengimplementasikan GPN. Kita terus sesuaikan untuk perubahan kartu, karena perubahan logo akan disesuaikan seperti keinginan BI. Karena itu kartunya akan satu dan bisa dilakukan di semua bank termasuk Himbara,” tutur dia.

Menurut Maryono, meski seiring pemberlakuan GPN, tarif transaksi hanya dikenakan satu persen dari sebelumnya 2-3 persen, namun hal ini tidak akan menurunkan keuntungan bank. 

"Dengan adanya penurunan tarif ini, akan membuat transaksi masyarakat menggunakan kartu debit meningkat signifikan," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Atasi Defisit Transaksi Berjalan, RI Harus Bangun Pariwisata
Artikel Selanjutnya
90 Persen Devisa Hasil Ekspor Telah Masuk RI