Sukses

Harta Melimpah, Ini Dia 10 Orang Terkaya di RI

Mengenal 10 sosok paling kaya di Indonesia. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Mulai dari industri perbankan, rokok, telekomunikasi, sampai properti, berkat sektor-sektor tersebut, para sosok berikut ini berhasil berada di posisi puncak dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Dilansir dari Globe Asia, orang-orang terkaya di Indonesia berikut memiliki harta yang sampai menyentuh USD 21 miliar. Nama-nama mereka pun sudah akrab masuk ke daftar Forbes atau Bloomberg.

Kebanyakan nama-nama yang berada di daftar ini memiliki nama keluarga yang sudah pamor di kalangan industri Indonesia. Lihat saja nama-nama seperti Hartono, Widjaja, Salim, dan Sampoerna.

Berikut 10 nama orang terkaya di Indonesia, beserta rangkuman profil perusahaan dan sektor bisnisnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

10. Dato Sri Tahir

Kekayaan: USD 2,15 miliar

Dato Sri Tahir adalah pendiri Mayapada Group. Mayapada didirikan pada 1986, dan melingkupi Bank Mayapada, rumah sakit, toko duty-free, serta di sektor media dan real estate.

Tahir juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan mendukung aktivitas sosial Bill dan Melinda Gates, serta melalui Yayasan Tahir yang ia dirikan.

3 dari 11 halaman

9. Sukanto Tanoto

Kekayaan: USD 2,7 miliar

Sukanto Tanoto adalah pemilik dari Royal Golden Eagle yang mengurus perusahaan-perusahaan kelas dunia yang memiliki spesialisasi pada manufaktur berdasarkan sumber daya.

Royal Golden Eagle hadir di Indonesia, China, Singapura, Brazil dan Kanada, dan aktif di sektor pulp dan kertas dan minyak sawit sampai minyak dan gas.

Royal Golden Eagle sedang berusaha mengkampanyekan praktek usaha berkelanjutan dan fokus pada aspek sosial setelah sebelumnya dituduh aktivis lingkungan terkait penebangan hutan.

4 dari 11 halaman

8. Putera Sampoerna

Kekayaan: USD 4,3 miliar

Sampoerna sudah tidak lagi aktif di bisnis tembakau. Sekarang, ia berinvestasi di agribisnis, micro-finance, olahan kayu, properti dan telekomunikasi. Ia juga bergerak di penanaman sawit.

Selain itu, ia disebut bekerja erat dengan Clinton Global Initiative yang didirikan mantan Presiden Bill Clinton untuk mengembangkan pendidikan. Putra Sampoerna juga aktif sebagai pemimpin dari Putera Sampoerna Foundation bersama istrinya Katie, dan tiga anaknya; Jonathan, Farah Khristina, dan Michael. 

5 dari 11 halaman

7. Theodore P. Rachmat

Kekayaan: USD 4,5 miliar

Dulu, TP Racmat bekerja di Astra International, sebelum akhirnya membangun bisnis sendiri di beragam sektor lewat Triputra Group. Lewat Triputra, ia aktif di sektor karet, minyak sawit, batu bara, distribusi sepeda motor, credit provision, dan transportasi.

Selain itu, ia juga investor besar di Adaro Energy yang mengoperasikan tambang batu bara terbesar kedua di Indonesia.

6 dari 11 halaman

6. Sri Prakash Lohia

Kekayaan: USD 4,5 miliar

Sri Prakash Lohia membangun bisninya dari Indonesia dan menjadikannya perusahaan global yang beroperasi di berbagai benua. Ia adalah pemimpin dan managing director dari Indorama Corp, salah satu pembuat poliester terbesar di dunia.

Lohia yang lahir di India ini berhasil mentransformasi Indorama dari pembuat tektil menjadi raksasa petrokimia dan pembuat polyethylene terephthalate (PET) resin di dunia berkat salah satu investasinya di Indorama Venture Plc., yang bermarkas di London.

7 dari 11 halaman

5. Chairul Tanjung

Kekayaan: USD 4,6 miliar

Chairul Tanjung adalah sosok paling muda di daftar ini. Pria yang akrab disebut CT ini populer berkat bisnisnya di media, mulai dari Trans TV, detik.com, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.

Bisnis terkenal lain yang ia miliki adalah Transmart. CT juga memiliki saham signifikan di Garuda Indonesia.

8 dari 11 halaman

4. Susilo Wonowidjojo

Kekayaan: USD 11 miliar

Dikenal sebagai pekerja keras dan filantropis, Susilo Wonowidjojo terus sukses mengembangkan bisnis rokok Gudang Garam. Ia adalah putra ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri Gudang Garam.

Salah satu inovasinya adalah memperkenalkan pembuatan rokok modern serta memperkenalkan produk rokok 'mild'. Pabrik-pabriknya sekarang berkembang di seluruh kota Kediri dan Pasuruan.

9 dari 11 halaman

3. Anthoni Salim

Kekayaan: USD 11,5 miliar

Suka Indomie? Inilah Anthony Salim pria yang memimpin Indofood. Anak dari Sudono Salim ini juga adalah pemimpin dari First Pacific.

First Pacific bermarkas di Hong Kong dan memiliki spesialiasi di bidang produk makanan, infrastruktur, sumber daya alam, dan telekomunikasi, dan merupakan induk dari Indofood, Metro Pacific Investments Corporation, Corporation, Goodman Fielder, Philex Mining, dan lain sebagainya.

10 dari 11 halaman

2. Eka Tjipta Widjaja

Kekayaan: USD 13,9 miliar

Sinar Mas Group yang dipimpin Eka Tjipta Widajaja memiliki reputasi sebagai salah satu raja minya sawit, pulp, dan paper di Indonesia. Tak ayal bila Sinar Mas Group menikmati popularitas global.

Beberapa unit bisnis Sinar Mas ada di bidang energi dan infrastruktur, komunikasi, pengembangan dan real estate, dan ada juga berbagai proyek inisiatif sosial.

11 dari 11 halaman

1. Robert Hartono dan Michael Hartono

Kekayaan: USD 21 miliar

Keluarga Hartono adalah pendiri dari Djarum, namun mereka tak hanya aktif di bisnis tembakau, tetapi juga di perbankan dan telekomunikasi.

Saham mereka di BCA berhasil naik, bisnis rokok mereka masih sukses, dan usaha mereka di penanaman minyak sawit tumbuh berkembang. Robert dan Michael Hartono juga memiliki dealership mobil dan operasional teknologi dan e-commerce lewat Blibli.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.