Sukses

Wanita Mandiri Itu yang Memenuhi 3 Hal Ini, Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang wanita, tentu Anda harus dewasa dalam menghadapi berbagai hal, termasuk setiap pengeluaran. Terutama pengeluaran yang didasarkan oleh kebutuhan, bukan sekadar keinginan.

Pengeluaran yang masih didasarkan keinginan semata biasanya terjadi pada mereka yang masih belum mampu mengatur keuangannya dengan bijak. Biasanya, ini terjadi pada mereka yang belum mandiri.

Lalu, seperti apa seorang wanita bisa dikatakan mandiri itu? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut kategori wanita yang sudah mandiri, seperti ditulis Sabtu (21/7/2018):

1. Punya Penghasilan Sendiri

Tentunya Anda tidak dapat prediksi apa yang akan terjadi di kemudian hari. Jangan pernah merasa puas karena calon suami Anda mapan dalam hal ekonomi. Sebagai seorang wanita, Anda tentunya harus mandiri, apalagi yang berhubungan dengan keuangan.

Meskipun uang milik suami akan Anda kelola untuk kebutuhan rumah tangga, namun pastinya Anda harus memiliki rasa malu ketika Anda ingin membeli keinginan Anda yang tidak berhubungan dengan kebutuhan rumah tangga Anda, bukan?

Lagipula, bukankah akan lebih puas jika Anda mendapatkan sesuatu dari hasil kerja keras Anda sendiri? Untuk itu, berkaryalah dan miliki penghasilan sendiri. (Baca Juga: Alasan Mengapa Menjadi Wanita Berpendidikan Itu Wajib)

2 dari 3 halaman

2. Punya Tabungan yang Cukup

Menabung sangat disarankan untuk Anda. Tidak peduli seberapa besar pendapatan, Anda harus menabung. Anda harus memiliki tabungan sendiri sebagai wujud tanggung jawab Anda untuk masa depan.

Dengan menabung, masa depan akan semakin terjamin dan membuat keuangan lebih stabil. Oleh sebab itulah, Anda perlu untuk menabung. Menabunglah secara rutin agar tak menghadapi masalah ekonomi di kemudian hari. (Baca Juga: Kata-kata Inspirasi Sukses dari 3 Wanita Berpengaruh Dunia)

3 dari 3 halaman

3. Melek Investasi

Jika Anda sudah sangat bertekad untuk memiliki aset di masa depan,  Anda dapat mencoba berinvestasi. Investasi sendiri mirip dengan tabungan, akan tetapi keuntungan yang diperoleh bisa jauh lebih besar, tergantung jenis investasinya. Apalagi jika yang Anda investasikan adalah emas, tanah, dan bangunan.

Jangan terlalu percaya diri akan gaji yang Anda peroleh sekarang. Kejadian buruk bisa saja menimpa siapa saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, Anda harus tetap waspada dan mengantisipasinya.

Investasi juga sangat disarankan bagi Anda yang memiliki jiwa bisnis. Anda bisa melihat peluang usaha di sekitar Anda dan berinvestasi di bagian itu. Hal yang harus Anda lakukan adalah menganalisis risiko yang mungkin akan terjadi saat Anda mendirikan bisnis tersebut.

Dengan berinvestasi melalui bisnis, secara tidak langsung juga dapat memberikan benefit kepada Anda karena bisa menggandakan modal yang Anda gunakan untuk membangun usaha tersebut. Oleh sebab itulah, disebutkan ketika Anda berani berinvestasi, maka tidak perlu khawatir mengenai masa tua atau pensiun karena sejatinya sudah memiliki keuangan yang cukup stabil.

Siapkah Anda Jadi Wanita Mandiri?

Tidak ada orang yang ingin hidup susah di masa depan. Apalagi di masa-masa tua, tentu ingin menikmati hasil jerih payah selama muda, bukan? Maka, persiapkan diri dengan baik untuk masa depan yang cerah. Meskipun Anda adalah seorang wanita, namun akan lebih baik jika Anda memiliki penghasilan sendiri. Tidak harus berpenghasilan luar biasa tinggi, namun setidaknya Anda berniat untuk menggandakan uang Anda tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Top 3: Negara dengan Jumlah Wanita Terbanyak, Bukti Kreatifnya Orang Indonesia
Artikel Selanjutnya
Berkat Minum Air Radiator, Wanita ini Bertahan 7 Hari di Jurang