Sukses

6 Keterampilan yang Wajib Dikuasai Wanita Karier, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seorang wanita, mampu menghasilkan uang dan sukses dalam pekerjaan dinilai sudah lebih dari cukup. Namun ternyata tidaklah demikian. Seorang wanita juga perlu menguasai keterampilan yang berhubungan dengan rumah tangga agar dirinya tampak lebih hebat dari wanita lain.

Mengapa demikian? Sebab keterampilan dalam mengerjakan pekerjaan tersebut tidak hanya berguna jika sudah berumah tangga nanti, tapi juga berguna untuk membangun rumah tangga yang harmonis dan sejahtera.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa keterampilan yang wajib dikuasai oleh wanita karier.

1. Rajin Memasak

Pria mana yang tidak suka bila disambut dengan hidangan makanan nikmat setiap hari sepulang dari bekerja? Semua pria pasti suka dengan perlakuan ini. Namun, tidak semua wanita dianugerahi kemampuan untuk memasak.

Meskipun sudah memiliki pekerjaan yang bagus, tidak ada salahnya bila wanita karier belajar memasak demi menyenangkan suami saat sudah menikah nanti. Tidak harus pandai dan mahir memasak, asalkan tetap mau belajar, semuanya bisa dilakukan.

Sebelum waktunya terlambat, luangkan waktu Anda untuk belajar memasak. Selain suami jadi lebih betah di rumah, pengeluaran pun bisa berkurang karena tidak perlu makan di luar.

2. Mengurus Anak

Ini berguna bagi wanita karier yang sudah menikah dan memiliki momongan. Meski terlalu sibuk mengurusi pekerjaan kantor, jangan lupakan satu aspek yang tidak kalah pentingnya, yaitu anak. Bagaimanapun juga, wanita karier harus mampu mengurus anak demi masa depan mereka.

Jangan biarkan anak terlalu sering diasuh oleh orang lain, karena ini secara tidak langsung akan membuat hubungan Anda dengan anak menjadi jauh. Sebaliknya, anak jadi lebih dekat dengan pengasuh tersebut. Kalau tidak mau hal ini terjadi, luangkan waktu untuk anak setidaknya di sore hari setelah pulang kerja.

2 dari 3 halaman

3. Membereskan Rumah

Pekerjaan rumah tentu tidak harus sepenuhnya dikerjakan oleh asisten rumah tangga. Ada kalanya, wanita karier juga harus ikut membereskan rumah dan tahu bagaimana cara melakukannya. Ini penting juga apabila suatu hari mereka meminta jatah cuti, maka tidak ada lagi yang bisa membereskan rumah.

Kalau sudah begitu, mau tidak mau, wanita karier pun harus turun tangan membereskan rumah dan mengambil alih semua pekerjaan tersebut. Pekerjaan rumah ini meliputi dari mencuci dan merapikan pakaian kering, menyapu dan mengepel, hingga pekerjaan terkecil seperti membersihkan taman. (Baca Juga: Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent)

4. Merawat Diri dan Berdandan

Wanita karier mana pun harus selalu tampil cantik di berbagai kesempatan. Tidak hanya untuk membangkitkan rasa percaya diri, tapi juga untuk membuat orang lain terpukau. Akan tetapi, pekerjaan yang super banyak dan jadwal meeting membuat wanita karier sering kali tidak sempat berdandan.

Jangankan berdandan, menyiapkan sarapan berupa roti dan susu saja tidak sempat karena selalu dikejar-kejar oleh waktu. Padahal, berdandan itu sangat penting supaya tidak terlihat pucat saat bekerja. Dengan dandanan, maka Anda pun juga akan enak dilihat.

3 dari 3 halaman

5. Mengatur Keuangan

Wanita karier identik dengan uang yang banyak. Wajar saja, karena waktunya dihabiskan untuk bekerja dan bekerja demi mengumpulkan pundi-pundi rupiah demi masa kehidupan yang lebih baik. Meski punya banyak uang, sudah seharusnya wanita karier mampu mengatur keuangan dengan baik.

Ini penting untuk menjaga kestabilan keuangan sendiri ataupun kestabilan keuangan keluarga bila sudah menikah nanti. Bila seorang wanita pandai mengatur keuangan, rumah tangga pun jauh lebih harmonis.

Apabila suatu hari keadaan ekonomi rumah tangga memburuk, setidaknya dengan kemampuan mengatur keuangan, keluarga juga akan mampu bertahan hingga kondisi keuangan kembali stabil. (Baca Juga: Anda Wanita yang Mandiri Secara Finansial, Bila...)

6. Manajemen Waktu

Rutinitas yang super padat membuat wanita karier sering melewatkan momen-momen penting dalam hidupnya. Sebut saja memasak, mengurusi anak, bahkan membereskan rumah. Agar semua pekerjaan tidak terbengkalai, Anda harus mampu mengatur waktu dengan baik.

Atur jadwal kegiatan sehari-hari dengan baik, khususnya jadwal bangun pagi. Dengan bangun lebih pagi, setidaknya Anda bisa menyiapkan menu sarapan yang lezat dan punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat kerja.

Jadilah Wanita Karier yang Pandai Mengurus Rumah Tangga

Menjadi wanita cantik dan sukses berkarier saja tidaklah cukup kalau tidak diimbangi dengan keterampilan mengurusi rumah tangga. Karena tanpa berbekal kepiawaian mengurus rumah tangga, secemerlang apapun karier itu, akan terlihat biasa-biasa saja. Sebelum semuanya terlambat, belajarlah dari sekarang. Jadilah wanita karier yang pandai mengurus rumah tangga.

Artikel Selanjutnya
Catat! 5 Cara Mudah Dapatkan Pekerjaan Paruh Waktu
Artikel Selanjutnya
Tak Ingin Punya Masalah Kartu Kredit? Hindari 7 Kesalahan Fatal ini!