Sukses

Mau Jadi Wanita Karier yang Sukses? Coba Miliki 6 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pada zaman dahulu, wanita dianggap tidak pantas dan tidak mampu untuk bekerja atau berkarier, bahkan sukses. Banyak sekali stereotip yang muncul di masyarakat. Mulai dari wanita seharusnya di rumah, memasak, mencuci, hingga mengurus anak.

Namun, sekarang tidak lagi. Sebab kini wanita memiliki hak yang sama dengan pria. Wanita berhak untuk bekerja, berkarier, dan terjun ke dunia bisnis secara langsung.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjadi wanita yang sukses, seperti yang dikutip dari Cermati.com berikut ini.

1. Keluarga Mendukung dengan Memberi Izin

Mintalah izin kepada keluarga Anda, baik itu orang tua ataupun suami atau anak. Pastikan mereka memberikan berkatnya kepada Anda untuk bekerja. Sebab bagaimana pun mereka adalah keluarga Anda.

Izin keluarga juga bisa membuat karier Anda semakin baik, bahkan sukses. Jangan segan atau malu meminta berkat dari mereka. Jangan lupakan mereka ketika Anda berada di ambang kesuksesan yang besar. Sebab tanpa mereka, Anda belum tentu bisa menjadi seperti saat ini. (Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang di Internet yang Lagi Hits Buat Kerja Sampingan)

2. Belajar Mandiri

Belajarlah untuk bisa menjadi wanita yang mandiri. Jangan pernah Anda bergantung kepada orang lain. Sebab yang peduli dengan kehidupan, nasib, dan karier Anda hanya diri Anda sendiri. Tidak akan ada orang lain yang peduli, kecuali keluarga.

Jangan bergantung pada teman. Jadilah wanita independen bukan berarti Anda harus meremehkan seorang pria. Namun, pada poin ini, Anda diajarkan untuk mampu berdiri dan berusaha sekuat mungkin untuk menjadi manusia yang hebat dan sukses.

2 dari 3 halaman

3. Belajar Peka terhadap Lingkungan Sekitar

Belajarlah untuk bisa peka atau membaca situasi di sekitar Anda. Mengapa ini penting? Sebab Anda harus menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut.

Misalnya, Anda berada dalam satu kantor yang baru. Perhatikan bagaimana cara teman lainnya berkomunikasi antara satu dan yang lainnya. Jangan meremehkan orang yang ada di sekitar Anda agar nantinya juga tidak berefek buruk pada diri Anda sendiri.

4. Belajar untuk Bisa Membedakan Kebutuhan dengan Keinginan

Wanita tidak akan lepas dari yang namanya hasrat semata. Ingin belanja ketika memiliki uang dan rasanya pasti ingin dibeli semua. Hal ini amat sangat wajar, sebab memang kodrat wanita seperti itu.

Namun, ingatlah jika Anda harus bisa mengontrol diri dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal yang Anda inginkan belum tentu dibutuhkan. Namun, apa yang Anda butuhkan adalah sesuatu penting yang memang benar-benar dibutuhkan. Keinginan tidak harus Anda penuhi, tapi lain halnya dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. (Baca Juga: Cara Mengajari Anak Berbisnis Sejak Kecil)

3 dari 3 halaman

5. Belajar Tegas, tapi Cerdas

Belajarlah menjadi wanita dengan pribadi atau karakter yang tegas dan cerdas. Tidak banyak orang yang bisa menjadi tegas, khususnya para wanita. Ketegasan diri Anda juga bisa dilatih dengan mengontrol diri seperti poin sebelumnya yang sudah dijelaskan.

Jangan takut untuk menolak sesuatu yang memang tidak perlu dan tidak bisa Anda lakukan. Belajarlah untuk memberikan penolakan secara tegas, tapi dengan alasan yang cerdas atau masuk akal.

Jangan membuat orang malas atau tersinggung dengan penolakan yang menggunakan kalimat tidak menyenangkan. Berikan mereka alasan penolakan yang masuk akal dan mudah dipahami.

Apakah Menjadi Wanita Sukses Itu Sulit?

Tidak sulit untuk menjadi wanita yang sukses. Yang sulit adalah konsisten pada proses menuju kesuksesan tersebut. Banyak sekali orang yang ingin sukses, tapi nyatanya mereka enggan untuk berusaha meraih kesuksesan tersebut.

Ketahuilah jika kesuksesan itu adalah buah dari usaha keras sebelumnya. Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses, ada baiknya tidak mudah merasa putus asa dan terus melangkah ke depan. Yang terpenting jangan malu untuk bertanya jika ada yang dirasa tidak dimengerti.

Berusahalah menjadi wanita yang mandiri, bertanggung jawab dalam segala hal, dan pastinya memiliki keyakinan kuat untuk menjadi wanita sukses.

Artikel Selanjutnya
Baru Masuk Dunia Kerja? Wajib Coba 5 Tips Jitu Ini
Artikel Selanjutnya
Mau Sukses Jadi Pengusaha? Jalankan 6 Hal Berikut