Sukses

Asap Tebal Jadi Penghalang Proses Penyisiran Kebakaran di Kemenhub

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengapresiasi kesigapan petugas pemadam kebakaran yang telah berhasil mengendalikan kebakaran di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Minggu (8/7/2018).

“Kami mengapresiasi petugas pemadam kebakaran yang telah berhasil dalam waktu singkat mengendalikan kondisi, saat ini asap menjadi masalah yang masih harus perlu dikendalikan extra tetapi saat ini bisa diatasi,” kata Djoko dalam keterangan tertulis, Minggu (8/7/2018).

Terkait jumlah korban akibat kebakaran ini, petugas pemadam kebakaran masih dalam proses penyisiran dari lantai dasar hingga lantai paling atas.

Sebelumnya dilaporkan kronologis kejadian, api diketahui sekitar pukul 03.30 WIB. Saat itu petugas keamanan kantor yang sedang bertugas langsung memadamkan panel listrik yang berada di Gedung Karya Lantai 1 Kemenhub.

"Menurut laporan api diketahui pukul 03.30 dan satpam yang bertugas langsung mematikan panel listrik. Kemudian petugas pemadam kebakaran datang pukul 04.00," terang Djoko.

Lebih lanjut Djoko menyampaikan apresiasi Menhub kepada petugas pemadam kebakaran yang cepat tanggap dalam mengatasi kebakaran di Kantor Kemenhub.

"Menhub menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada petugas pemadam kebakaran dan aparat keamanan yang cepat tanggap datang ke lokasi untuk memadamkan kebakaran. Kami juga ucapkan terima kasih kepada petugas yang sudah berhasil menemukan sumber api dan memadamkannya," jelas dia.

2 dari 2 halaman

20 Korban Selamat Dievakuasi dari Kebakaran

Sampai saat ini Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat mencatat ada 20 korban selamat dalam kebakaran di Gedung Karya Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Seluruh korban saat ini sudah dievakuasi.

Petugas Bagian Komunikasi Sudin Damkar Jakarta Pusat Adi Nugroho menyampaikan, dalam peristiwa nahas itu, ada empat orang ditemukan meninggal dunia. Korban meninggal diperkirakan karena kehabisan oksigen.

"Korban meninggal empat orang. Korban selamat 20 orang," sebut dia, Minggu (8/7/2018).

Adi mengatakan, dalam peristiwa tersebut sebanyak 17 unit mobil Damkar dikerahkan. Unit pertama tiba di lokasi sekitar pukul 04.20 WIB. Setelah tiba di lokasi tim langsung melakukan pendinginan dan penyelamatan korban kebakaran yang masih terjebak.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu mengatakan belum mengetahui identitas korban kebakaran yang meninggal dunia, apakah yang bersangkutan pekerja atau petugas keamanan.

"Ini kita masih melakukan identifikasi dan mencari tahu siapa-siapa saja yang bermalam di gedung tersebut dari security sini. Karena tadi berdasarkan keterangan dari anggota saya, bahwa para korban tadi sudah dalam keadaan buka baju dan tidak melekat identitas di tubuhnya," jelas Roma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Polisi Amankan 2 Orang Terkait Kebakaran Kemenhub
Artikel Selanjutnya
Sudah 20 Korban Selamat Dievakuasi dari Kebakaran Gedung Kemenhub