Sukses

Sri Mulyani Bakal Lantik 2 Pejabat Eselon I Kemenkeu Sore Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akan melantik dua pejabat eselon I Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yakni Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (Dirjen PK) dan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Pelantikan pejabat baru tersebut untuk menggantikan posisi Dirjen PK Boediarso Teguh Widodo sudah memasuki masa pensiun dan Kepala BPPK Astera Primanto Bhakti yang saat ini merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Iya betul (pelantikan Dirjen PK yang baru)," kata Boediarso saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Dari agenda Kemenkeu, pelantikan dua pejabat eselon I tersebut berlangsung sore ini pukul 17.00 WIB di kantor Kemenkeu.

"Saya selanjutnya akan mengajar menjadi Widyaiswara di BPPK. Insha Allah hingga usia 65 tahun," Boediarso mengatakan.

Terpisah, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu Nufransa Wira Sakti membenarkan hal tersebut.

"Jam 17 ada pelantikan eselon I. Pak Boediarso sudah akan memasuki usia 60 tahun dan telah berpindah tugas sebagai Widyaiswara di BPPK," terangnya. 

 

 

2 dari 2 halaman

Profil Pejabat Lama

Karier Boediarso di Kemenkeu dimulai sejak 1982 sebagai Kepala Badan Analisa Keuangan dan Moneter. Kemudian Pria kelahiran rembang 23 Agustus 1958 ini diangkat menjadi Kepala Bagian Analisa Pengeluaran Investasi Pemerintah dan Analisa Penerimaan Perpajakan pada 1994 dan 1995.

Pada 2001 menjabat sebagai Kepala Pusat Analisa Belanja Negara dan pada 2003 sebagai Kepala Pusat Analisa Pendapatan Negara dan Pembiayaan Negara di Badan Analisa Fiskal.

Tahun 2004, Doktor Studi Ilmu Ekonomi dari Universitas Indonesia itu diangkat sebagai Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (2004-2012) dan pada 13 Januari 2012, dilantik sebagai Staf Ahli bidang Pengeluaran Negara.

Selanjutnya menjadi Plt. Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara. Pada 27 November 2013 dilantik menjadi Direktur Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan.

Sementara Astera Primanto Bhakti atau yang akrab disapa Prima lahir melaksanakan tugas pertamanya di Kemenkeu sebagai Penata Muda pada 1992. Pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Administrasi dan Kerja Sama Perpajakan pada 2004.

Pria kelahiran 20 Januari 1968 ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Peraturan Pajak Penghasilan Direktorat Jenderal Pajak pada 2006, Kepala Subdirektorat Peraturan PPh Badan pada 2007, Kepala Subdirektorat Perjanjian dan Kerja Sama Perpajakan Internasional di 2009.

Kemudian Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal pada tahun 2012, dan dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara Kementerian Keuangan pada 6 Februari 2015.

Selanjutnya Master of Taxation Universitas of Denver ini dilantik sebagai Staf Ahli Kebijakan Penerimaan Negara 3 September 2015. Kemudian pada 23 Januari 2017, Prima dipercaya menjabat sebagai Kepala BPPK Kemenkeu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Siap Suntik Modal Jiwasraya, Ini Syaratnya
Artikel Selanjutnya
Tebar Insentif, Defisit APBN 2020 Bakal Melebar