Sukses

Jelang Mudik, Jasa Marga Resmikan Rest Area di Ruas Tol Surabaya-Mojokerto

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H), PT Jasamarga Properti selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang bergerak di bidang usaha nontol, meresmikan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area Km 725A arah Surabaya, Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jumat, 25 Mei 2018.

Dengan diresmikannya TIP Km 725A,TIP tersebut sudah siap dipergunakan dan dimanfaatkan oleh para pengguna jalan tol saat arus mudik dan balik lebaran yang jatuh pada Juni 2018.

TIP 725A dibangun di atas tanah seluas empat Ha, dengan berbagai fasilitas di dalamnya yakni sarana ibadah, Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU), area ritel, toilet, dan area parkir.

Selain memiliki fasilitas yang cukup lengkap, TIP 725A juga memiliki kapasitas kendaraan yang memadai, yakni sekitar 120 kendaraan, baik kendaraan kecil, maupun kendaraan besar.

Komisaris Utama PT Jasa Marga Tbk Refly Harun, menyambut baik peresmian TIP ini. Refly menekankan pembangunan TIP Km 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan khususnya di ruas tol Surabaya-Mojokerto.

"TIP merupakan bagian dari pelayanan publik yang disediakan Jasa Marga, seiring dengan semangat pembangunan infrastruktur yang terus digaungkan pemerintah, ditambah dengan target tersambungnya Trans Jawa dari ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa pada akhir tahun ini, maka diharapkan peresmian ini dapat menjadi pemacu semangat kita untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekitar dan pengguna jalan tol pada umumnya," ujar dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/5/2018).

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) Budi Pramono, menekankan TIP 725A ini merupakan salah satu TIP paling timur di sepanjang jalur Trans Jawa dan diharapkan pada arus mudik Lebaran tahun 2018 ini sudah dapat dimaanfaatkan oleh para pemudik.

"Dengan beroperasinya TIP 725A ini, dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan khususnya pada arus mudik dan balik Lebaran tahun 2018 ini. Walaupun belum terbangun 100 persen, namun keberadaan TIP ini akan sangat membantu pengguna jalan nantinya karena telah tersedia fasilitas dasar seperti Toilet, Musholla, dan pengisian bahan bakar," ujar dia.

Peresmian TIP 725A tersebut ditandai dengan prosesi pemutusan pita oleh Refly Harun dan Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan, dengan didampingi oleh Budi Pramono serta Direktur Utama PT Jasa Marga Properti (JMP) Irwan Artigyo Sumadiyo.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan bagi para pemudik, sehari sebelumnya, PT JMP bersama dengan PT Jasamarga Solo Ngawi dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Jawa Timur bersinergi melakukan penyambungan kebutuhan listrik untuk TIP Km 575 A dan TIP Km 575 B di Jalan Tol Solo-Ngawi.

Penyambungan listrik bagi dua TIP ini dimaksudkan untuk membantu kelancaran dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol, khususnya saat Lebaran nanti.

Untuk mewujudkan mudik yang aman, nyaman, dan lancar, PT JMP mengimbau kepada pengguna jalan tol agar selalu memerhatikan kondisi tubuh dan kesehatan, memeriksa kondisi kendaraan sebelum berkendara, serta berisitirahat di tempat istirahat yang telah disediakan apabila merasa lelah dan mengantuk.

 

2 dari 2 halaman

Jasa Marga Tingkatkan Rest Area

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mempersiapkan sejumlah rest area atau tempat peristirahatan yang terdapat di ruas-ruas tol milik Jasa Marga ataupun kelompok usahanya.

Hal ini untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2018.Sebagai jaminan pelayanan bagi kenyamanan para pengguna jalan tol selama arus mudik dan balik Lebaran, PT Jasa Marga Tbk telah menyediakan total 68 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), Tempat Istirahat (TI), parking bay (PB), dan Tempat Istirahat Sementara (TIS).

"Jumlah rest area tersebut tersebar di jalan tol operasi dan jalan tol fungsional Lebaran yang membentang dari Jakarta hingga Surabaya," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru kepada wartawan, Selasa 22 Mei 2018.

Dalam pengoperasiannya, Perseroan telah menambah sejumlah fasilitas di rest area tersebut. Di rest area jalan tol operasi dan jalan tol baru, Jasa Marga telah menambah kapasitas toilet, khususnya toilet wanita, yaitu 77 unit.

Sedangkan di rest area di jalan tol fungsional, Perseroan telah menempatkan sejumlah toilet portable sejumlah 316 unit. PT Jasa Marga Tbk juga memastikan seluruh toilet di rest area tidak dipungut biaya atau gratis.

"Jika ada pungutan liar yang ditemui di toilet rest area milik Jasa Marga dan kelompok usahanya, agar dilaporkan ke call center Jasa Marga Traffic Information Center dengan nomor 14080," ucap Heru.

Selain itu, untuk memastikan arus kendaraan di dalam rest area terdistribusi dengan baik, PT Jasa Marga Tbk telah membuat sistem zoning atau manajemen lalu lintas di dalam rest area.

Dengan diterapkannya sistem zoning tersebut, maka akan dibuat jalur khusus antara kendaraan yang ingin mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM), menuju toilet, atau tempat makan agar arus lalu lintas terdistribusi dengan baik. Jasa Marga juga mengoptimalisasi kapasitas parkir di rest area dengan tidak menambah area komersial di area parkir.

Dalam upaya mendistribusikan kendaraan di dalam rest area, Perseroan telah menambah CCTV untuk keperluan pemantauan kondisi lalu lintas di dalam rest area yang akan tersambung dengan JM Care.Apabila terjadi kepadatan di dalam rest area tertentu akan dialihkan ke rest area berikutnya dan diinfokan kepada pengguna jalan tol melalui Variable Message Sign (VMS).

Pada pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran pada 2018, PT Jasa Marga Tbk juga memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan kecukupan BBM bagi para pemudik dengan menambah kios BBM atau SPBU portable yang bekerja sama dengan Pertamina. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi kepadatan antrean di SPBU. (Yas)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Jasa Marga Cor Jalan Tol Jakarta-Cikampek Mulai Besok
Artikel Selanjutnya
Jalan Tol Semarang Bakal Terintegrasi, Ini Mekanisme Pembayarannya