Sukses

6 Tips Menjadi Vlogger yang Berkualitas, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang vlogger bukanlah hal yang mudah, karena Anda dituntut untuk kreatif dan menunjukkan karakter asli Anda. Memang akan ada banyak sekali rintangan yang menghampiri seorang vlogger, misalnya saja orang-orang usil, dan orang yang tidak suka dengan kegiatan atau pekerjaan Anda.

Namun, jika Anda memang bertekad ingin menjadi seorang vlogger yang baik dan berkualitas, maka mental Anda harus sangat kuat dan konsisten dengan apa yang sudah Anda pilih.

Untuk menjadi seorang vlogger yang berkualitas dan banyak memiliki followers, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilihlah Konsep Vlog yang Tepat

Pilihlah konsep yang tepat dan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Misalnya saja Anda memiliki bakat merias wajah atau padu-padan busana, maka Anda bisa menjadi seorang beauty vlogger, fashion influencer – vlogger dan lain sebagainya.

Pastikan jika Anda memang akan konsisten dengan konsep atau tema vlogger yang Anda geluti. Jangan meremehkan kemampuan orang lain atau sesama vlogger, tapi Anda justru bisa bekerja sama dengan mereka untuk membuat project atau kegiatan pembuatan video, sehingga menghasilkan vlog yang bagus. (Baca Juga: 5 Website yang Berisi Ide Kreatif untuk Memulai Usaha)

2. Punya Laptop

Laptop adalah salah satu persyaratan yang wajib disiapkan bagi vlogger. Mengapa harus laptop? Sebagai vlogger, Anda akan membuat vlog di mana semua kegiatan akan direkam menggunakan video. Nah, dari hasil video yang diambil itu, tentunya harus ada editing agar nantinya video yang dibuat berkualitas bagus dan bisa diedit durasi waktunya.

Anda juga bisa mengatur backsounds atau latar belakang suara yang ada dalam video tersebut. Pastikan juga Anda mengatur yang namanya efek dalam video, karena bagaimanapun juga hal tersebut harus diperhatikan agar hasilnya memuaskan.

2 dari 4 halaman

3. Punya Kamera

Tentu peralatan utama yang wajib ada juga adalah kamera. Pastikan jika Anda memiliki kamera yang bagus kualitas gambarnya dan resolusinya. Anda bisa menggunakan kamera dari Sony, Cannon atau Fuji.

Dengan kamera tersebut Anda bisa mendapatkan hasil video yang luar biasa bagusnya. Harganya juga sangat bervariasi, mulai dari Rp 2 juta atau lebih tergantung fasilitas yang ada di kamera tersebut. Pastikan jika bujet Anda cukup untuk membeli kamera dan peralatan penting lainnya untuk membuat vlogger atau video blogger.

4. Punya Alat untuk Pencahayaan

Selain menggunakan kedua peralatan di atas, Anda juga harus mempersiapkan alat untuk lighting atau pencahayaan, agar hasil video bagus. Mengapa demikian? Karena lighting adalah salah satu hal terpenting yang sangat mungkin sekali memengaruhi kualitas video yang Anda buat.

Anda bisa menggunakan ring light atau lampu biasa untuk pengambilan gambar atau video. Harga dari ring light tersebut memang lumayan mahal, mencapai sekitar Rp 1-3 juta bahkan lebih, dan biasanya cahaya lampu tersebut bisa diatur besar kecil dan warnanya.

3 dari 4 halaman

5. Keluarkan Karakter Anda Apa Adanya

Sebagai seorang vlogger, sebaiknya Anda menggunakan karater atau sifat asli ketika membuat vidio blogger. Dan dengan karakter asli inilah Anda bisa lebih nyaman dan tidak perlu berakting saat membuat ulasan atau vidio.

Perlu diingat, bahwa orang lain akan lebih suka dan senang jika Anda menunjukkan jati diri apa adanya tanpa harus menjadi orang lain dalam video. Pastikan jika Anda tidak menyinggung SARA, agar nantinya tidak ada kesalahpahaman dan untuk menghindari munculnya cap provokator kepada diri Anda.

Jika vlogger Anda fokus di bidang kecantikan atau perawatan wajah misalnya, maka sebaiknya Anda memberikan ulasan yang jujur dan informatif kepada seluruh followers Anda, agar nantinya ulasan yang Anda buat benar-benar bermanfaat bagi diri Anda sendiri maupun orang lain.

6. Jujur dalam Setiap Perkataan di Vlog

Jujur dan apa adanya dalam membuat ulasan di vlog jadi kunci yang bisa mengantarkan Anda menjadi vlogger berkualitas. Orang akan senang kepada Anda, jika apa yang Anda katakan mengandung fakta dan tidak dibuat-buat.

Hal ini sama dengan poin sebelumnya, jika seorang vlogger harus memiliki karakter yang baik dan jujur ketika memberikan ulasan suatu produk, tempat atau hal-hal menarik lainnya.

Mengapa demikian? Karena tugas vlogger tidak hanya untuk menghibur orang lain, tapi juga memberikan informasi yang akurat dan realistis kepada khalayak. (Baca Juga: Ini Dampak Buruk Terlalu Serius Main ‘Medsos’)

 

4 dari 4 halaman

Jadilah Vlogger yang Berkualitas dan Raup Keuntungan

Tentu siapa pun bisa menjadi vlogger sejati dengan menghasilkan suguhan informasi atau hiburan yang berkualitas. Tidak ada batasan usia atau pun jenis kelamin untuk menjadi seorang vlogger, karena setiap orang yang mau belajar, mau berusaha dan mau berbagi, pasti bisa menjadi seorang vlogger yang sukses dan disukai banyak orang.

Kuncinya adalah Anda harus bisa menguasai diri dan memahami karakter diri Anda sendiri. Anda harus bisa fokus terhadap sesuatu yang pasti atau pada konsep yang matang mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Artikel Selanjutnya
Mau Kaya Hanya dengan Mengelola Keuangan? Lakukan 5 Tips Jitu Ini
Artikel Selanjutnya
Wajib Dicoba! 5 Usaha Sampingan dengan Modal Sedikit yang Tren di Kaum Muda