Sukses

Jahili Tunawisma dengan Biskuit Isi Pasta Gigi, Vlogger Terancam Penjara dan Denda Rp 500 Juta

Liputan6.com, Jakarta Seorang seleb media sosial (Youtuber atau vlogger) asal Tiongkok harus berurusan dengan hukum karena ceroboh menyajikan konten video berisi aksinya mengusili seorang tunawisma.

Lelucon yang semula ditujukan untuk menghibur pengikut kanal berbagi videonya malah menjadi bumerang. Kanghua Ren yang dikenal dengan akun ReSet di kanal Youtube memutuskan untuk mengerjai orang-orang yang dia temui di jalan dengan biskuit oreo yang diisi pasta gigi.

Melansir laman New York Post, Jumat (20/4/2018), pria usia 20 tahun itu melakukan aksinya di jalanan kota Barcelona, Spanyol. Dia memberikan biskuit tersebut kepada orang yang lalu lalang dengan tujuan mengecoh mereka demi menghibur lebih dari satu juta pengikutnya.

Kanghua kemudian mendatangi seorang tunawisma yang terindentifikasi sebagai Gheorge L (52). Dia pun memberi Gheorge biskuit berisi pasta gigi. Ketika pria tunawisma itu mengunyah biskuit, dalam video terdengar Kanghua bertanya apakah aksinya itu berlebihan.

"Tapi lihat sisi positifnya, ini akan membantunya membersihkan gigi," ucap Kanghua. "Kupikir dia belum menggosok gigi karena dia jadi kere," lanjutnya.

Usai makan biskuit itu, Gheorge mulai muntah-muntah dan dia merasa tak pernah diperlakukan seburuk itu sebelumnya selama berada di jalanan. Pria tunawisma itu mengatakan pada laman El Pais, dia terbang dari tanah kelahirannya, Romania, untuk menghindari kediktatoran dan pernah menjalani perawatan di sebuah klinik kesehatan mental. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Terancam 2 Tahun Penjara

Akibat ulahnya, Kanghua terancam 2 tahun pencara dan denda 37.233 dolar (setara Rp 519 juta) jika terbukti melakukan kejahatan integritas moral.

Video lelucon terhadap Gheorge L itu telah dihapus dan kabarnya Kanghua menawarkan sejumlah 371 dolar pada pria itu agar tutup mulut pada pihak berwajib. Kanghua bahkan berusaha menginap semalam bersama pria tunawisma itu dengan direkam kamera. Namun, seorang saksi mata melaporkannya pada pihak berwajib.

Kini Kanghua tengah menunggu putusan hukum dengan jaminan. Kabarnya, selain mengisi biskuit dengan pasta gigi, Kanghua juga pernah mengisinya dengan kotoran kucing dan memberinya pada anak-anak serta orang tua, lapor laman Telegraph.