Sukses

Pemerintah Jual Surat Utang, Milenial Bisa Beli Lewat Online

Masa penawaran SBR003 via online (e-SBN) berlaku selama 11 hari mulai 14 Mei 2018 hingga 25 Mei 2018 dengan tenor 2 tahun dan minimal pemesanan Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) Ritel secara daring (online). Penerbitkan Saving Bonds Ritel (SBR) 003 ini dilakukan di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman menjelaskan, penerbitan SBR 003 ini menyasar investor anak muda alias milenial. Selama ini, investor yang membeli SBR didominasi oleh usia 40 tahun ke atas.

"Kami ingin menjangkau investor baru, khususnya generasi muda milenial," kata Luky di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Salah satu tujuan penerbitan SBR 003 ini juga untuk menambal defisit keuangan negara. "Cara pemerintah menutup defisit dengan obligasi," ujarnya.

Luky mempromosikan kelebihan dari SBR 003 ini yaitu aman dan bunga yang menarik. Aman karena penerbit dari surat utang ini adalah pemerintah sehingga dijamin. Selain itu, bunga yang ditawarkan cukup menarik. "Suku bunganya menarik 6,8 persen." jelas dia. 

Selain itu, SBR 003 juga diperkirakan tidak akan pernah turun, namun akan terus naik.

Luky menjelaskan, kemudahan juga diberikan pada saat investor ingin membeli SBR 003. Adapun pembelian SBR 003 bisa dilakukan di 9 mitra distribusi yang telah ditunjuk pemerintah dari perbankan dan fintech yaitu BCA, PermataBank, BNI, Bank Mandiri, BRI, Danareksa, Investree, Tanamduit dan Bareksa.

"Bisa bernvestasi secara online, gak perlu datang ke bank. Selama ini kan beli SUN (Surat Utang Negara) dan SBN (Surat Berharga Negara) perlu datang ke bank, gak praktis banget. Sekarang sudah dimudahkan. Lebih terjangkau, lebih mudah."

Luky mengatakan, dengan membeli SBR003 investor bukan hanya berinvestasi tapi juga sudah berkontribusi untuk negeri.

"Saya ingatkan juga bahwa ini alat instrumen yang disediakan oleh pemerintah, ini bukan hanya investasi tapi ini bagian dari peran serta dalam membangun republik kita dengan cara membeli SBR." kata dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Dana Infrastruktur

Setelah acara penerbitan, dilakukan juga demo cara pembelian SBR003 yang dilakukan oleh para selebritis Tanah Air seperti Giring, Tina Toon dan Nabila Syakieb.

Hasil penjualan SBR003 tersebut akan dialokasikan untuk memperkuat APBN antara lain untuk menambah dana pendidikan dan infrastruktur.

Pemerintah menargetkan dapat meraih penjualan hingga Rp 5 triliun, atau naik dari penerbitan SBR002 sebesar Rp 3,8 triliun.

Pembelian SBR003 dapat diilakukan dengan mendaftar secara online melalui aplikasi smartphone atau internet melalui sistem elektronik MiDis.

Lalu investor akan memperoleh single investor identification (SID) dan rekening surat berharga via sistem pemesanan online.

Setelah memiliki SID maka calon investor dapat melakukan pemesanan melalui sistem elektronik MiDis, sehingga mendapat kode pembayaran.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran sesuai pesanan. Pembayaran dapat dilakukan melalui saluran bank persepsi.

Selanjutnya investor akan mendapat nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBN ritel.

Masa penawaran SBR003 via online (e-SBN) berlaku selama 11 hari mulai 14 Mei 2018 hingga 25 Mei 2018 dengan tenor 2 tahun dan minimal pemesanan Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.