Sukses

Intip Rahasia Sukses Berkarier ala Jay Leno

Pembawa acara The Tonight Show, Jay Leno cerita pengalamannya untuk meraih dan menjaga kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta - Jay Leno menjadi pembawa acara terkenal NBC selama lebih dari dua dekade. Ia menjadi pembaca acara program The Tonight Show. Menjadi pembawa acara terkenal membawa dia meraih kesuksesan.

Namun, ia pun sempat menjalani masa sulit hingga akhirnya mencapai kesuksesan.  Leno diketahui pernah bekerja di McDonalds sewaktu remaja di Andover, Massachusets. 

Dengan perjalanan karier yang panjang, kini Leno berhasil membayar usahanya dengan kesuksesan. Ia pun  telah memiliki 100 mobil untuk masuk daftar koleksinya, termasuk mobil jenis McLaren F1 yang berharga jutaan dolar. Demikian yang dilansir dari CNBC, Sabtu (12/5/2018). 

Saat bekerja di McDonalds dan sering berada di dapur untuk memotong-motong kentang serta berurusan dengan pelayan, Leno menyatakan dirinya tidak hanya belajar satu hal yang sederhana saja. Ia merasakan pengalaman yang mengubah hidupnya untuk meraih kesuksesan.

"Saya bekerja di restoran tersebut selama hampir 2 tahun yakni pada 1966 hingga 1968. Itu adalah masa-masa emas saat McDonalds masih memiliki menu daging sapi panggang dan juga kue strawberry, yang mana saya sangat suka sekali," tutur dia. 

Ia juga mengungkapkan perasaannya saat harus berhadapan dengan kentang goreng setiap hari serta menjadikan lengannya besar karena mesti memotongnya dalam jumlah yang besar.

"Kentang goreng harus dibuat dari nol, kita harus memotong berton-ton kentang setiap hari. Saya memiliki lengan yang besar seperti sekarang karena memotong kentang ini," ujar dia.  

Hingga pada suatu ketika, saat Jay Leno harus memotong kentang-kentang yang ada untuk dimasak. Ia mendapati ada celana dalam yang tertinggal di atas tumpukan karung kentang di ruang penyimpanan dan saat itulah ia belajar kualitas untuk kesuksesan. 

"Ada karyawan yang lupa saat ia berganti seragam untuk bekerja dan meninggalkanya di atas karung kentang. Dan waktu itu Tom Curtin selaku pemilik perusahaan berkata kepadaku untuk singkirkan semua kentang-kentang tersebut," tutur dia. 

"Hal itu tentu sangat mengesankanku. Standar untuk kualitas yang diciptakan memang tinggi sekali. Itu salah satu pelajaran yang tak pernah aku lupakan," tambah Leno. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Standar Tinggi

Mulai saat itu, Leno mulai menciptakan standar yang tinggi dalam hidupnya, terutama berkaitan dengan karier sebagai pembawa acara sekaligus sebagai komedian. 

Dalam acara yang dipandunya di NBC yakni The Tonight Show, Leno akan baru pulang saat jam menunjukan pukul 7 malam. Setelah itu ia dan tim acara membuat ratusan lelucon untuk kemudian dibawakan pada acaranya tersebut. Ia kemudian hanya memilih 20 terbaik yang kemudian akan dibawakan. 

"Saya bertemu para penulis pada tengah malam dan bekerja hingga pukul 4 pagi. Jadi saya mungkin hanya tidur 4 sampai 5 jam dalam sehari. Dan saat weekend saya masih latihan mempertajam kemampuan saya," ujar dia.

"Jika Anda punya waktu untuk mengeluh, Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk bekerja," tambah Leno.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.