Sukses

Menteri Jonan Rilis Pemenang Lelang 4 Blok Migas

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengumumkan pemenang lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja (WK) Migas Konvensional Tahun 2018 menggunakan skema kontrak Gross Split.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengumumkan pemenang lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja (WK) Migas Konvensional Tahun 2018 menggunakan skema kontrak Gross Split.

Jonan mengumumkan empat pemenang Lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja (WK) Migas atau blok migas Tahun 2018 dari lima WK penawaran langsung yang mulai ditawarkan pada 19 Februari 2018. Semua hasil lelang tersebut akan menggunakan kontrak migas skema gross split.

"Kami juga sampaikan hasil lelang wilayah migas ekplorasi. Untuk tahun 2018 kami baru selesaikan lelang WK," ujar dia dalam acara pembukaan 'The 42nd IPA Convention and Exhibition', di JCC, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Dia menjelaskan, dari lima Wilayah Kerja yang ditawarkan melalui mekanisme Penawaran Langsung, hingga batas akhir penyampaian Dokumen Partisipasi pada 4 April 2018, terdapat lima Dokumen Partisipasi yang masuk untuk empat Wilayah Kerja yaitu Citarum, East Ganal, East Seram dan Southeast Jambi. "Untuk (Wilayah Kerja migas) East Papua belum ada keputusan pemenang," kata dia.

Nilai investasi komitmen pasti dari empat WK tersebut adalah sebesar USD 44.650.000 dengan total bonus tanda tangan sebesar USD 3.250.000.

Sedangkan satu WK yang belum ada peminat yaitu East Papua menjadi Wilayah Kerja Available dan dapat ditawarkan kembali pada periode penawaran WK Migas selanjutnya.

Pada 2018 , secara keseluruhan Pemerintah telah menawarkan 24 WK Migas Konvensional atau blok migas yang terdiri dari lima WK ditawarkan dengan mekanisme Penawaran Langsung dan 19 WK melalui mekanisme lelang Reguler.

Untuk lelang Penawaran Langsung prosesnya telah selesai dan diumumkan pemenangnya pada kesempatan ini. Sedangkan untuk lelang reguler prosesnya masih berlangsung hingga 19 Juni 2018.

19 Wilayah Kerja Konvensional lainnya yang ditawarkan melalui mekanisme lelang Reguler saat ini masih berlangsung hingga 19 Juni 2018 dan masih terbuka peluang untuk berpartisipasi pada lelang tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan telah memberikan persetujuan atas 7 wilayah kerja yang berasal dari 8 wilayah kerja yang berakhir kontrak kerja samanya pada 2018, untuk dikelola Pertamina menggunakan skema gross split, melalui Keputusan Menteri ESDM yang ditandatangani pada 13 April 2018.

Selain itu pada lelang WK Migas Tahun 2017, juga terdapat 5 WK Migas yang telah ditetapkan pemenangnya menggunakan skema gross split. Bahkan 2 diantaranya sudah tandatangan kontrak pada 5 April 2018.

Berikut para pemenang lelang melalui SK Dirjen Migas a.n. Menteri ESDM Nomor: 0113.K/13/DJM.E/2018 tanggal 27 April 2018 sebagai berikut:

1. WK Citarum pemenangnya Konsorsium PT. Cogen Nusantara Energi - PT. Green World Nusantara.

2. WK East Ganal pemenangnya ENI Indonesia Ltd.

3. WK East Seram pemenangnya Lion Energy Limited.

4. WK Southeasts Jambi pemenangnya Konsorsium Talisman West Bengara B.V dan MOECOSouth Sumatra Co., Ltd.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.