Sukses

Industri Ini Beri Gaji Selangit buat Karyawannya

Liputan6.com, Jakarta - Punya gaji tinggi menjadi impian setiap karyawan. Namun dibalik gaji tinggi juga membutuhkan tanggungjawab besar.Tak hanya itu, besaran gaji juga tergantung dari sektor usaha yang ditekuni.

Biasanya sektor minyak dan gas (migas), tambang dan keuangan menawarkan gaji fantastis bagi karyawannya. Namun, bagaimana kondisinya saat ini? Apakah gaji di sektor migas dan tambang masih menawarkan gaji tinggi di tengah harga komoditas sempat tertekan?

Lalu bagaimana dengan gaji di sektor e-commerce dan teknologi informasi? Seperti diketahui, sektor e-commerce saat ini berkembang pesat di Indonesia.

Perusahaan konsultan tenaga kerja dan bisnis Kelly Services Inc pun merilis sejumlah panduan gaji di sejumlah sektor usaha di Indonesia pada 2018, seperti dikutip Rabu (2/5/2018).

Kelly Services Inc merilis besaran gaji di lima sektor usaha antara lain di sektor kesehatan, engineering, teknologi, keuangan dan bank, serta barang konsumsi dan jasa.

Dari lima sektor usaha itu, sektor engineering masih tawarkan gaji paling tinggi. Hal itu terutama perusahaan bergerak di industri building, construction and engineering, procurement and construction (EPC) menawarkan gaji paling fantastis setiap bulan.

Posisi Chief Executive (CEO) di industri tersebut bisa kantongi gaji minimal Rp 250 juta dan maksimal Rp 400 juta per bulan. Ini dengan kualifikasi pengalaman lebih dari 10 tahun dan pendidikan S1.

Sedangkan posisi Chief Operating Officer (COO) dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dapat bergaji minimal Rp 150 juta dan maksimal Rp 250 juta. Kemudian posisi VP land acquisition bergaji minimal Rp 90 juta dan maksimal Rp 200 juta. Kualifikasi pekerjaan tersebut dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan pendidikan S1.

Sementara itu, posisi Head of Urban Development dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun dapat kantongi gaji maksimal Rp 250 juta dan minimal Rp 80 juta.Posisi Engineering Director mendapat gaji minimal Rp 80 juta dan maksimal Rp 150 juta. Kualifikasi pada posisi itu dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan pendidikan minimal S1.

Untuk posisi Country HR Director bisa membawa pulang gaji minimal Rp 60 juta dan maksimal Rp 146 juta dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun.

Di level menengah, posisi Business Development Manager dapat kantongi penghasilan minimal Rp 50 juta dan maksimal Rp 140 juta. General counsel sementara itu dapat bawa pulang gaji minimal Rp 45 juta dan maksimal Rp 140 juta dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun.

Sedangkan contract manajer bergaji minimal Rp 35 juta dan maksimal Rp 100 juta dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun.Di level menengah, posisi manager bisa kantongi gaji minimal Rp 30 juta dan maksimal Rp 75 juta dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun. Gaji terendah di posisi junior sales officer dan sales support administration dengan kantongi gaji maksimal Rp 5,5 juta dan minimal Rp 5 juta dengan pengalaman kerja satu tahun.

 

2 dari 4 halaman

Industri Tambang dan Migas

Industri tambang juga masih memberikan gaji paling menggiurkan. Posisi Chief Operating Officer (COO) bisa bawa pulang gaji maksimal Rp 300 juta dan minimal Rp 150 juta per bulan dengan pengalaman kerja antara 10-20 tahun.

Sedangkan posisi general manager dapat kantongi gaji minimal Rp 100 juta dan maksimal Rp 300 juta dengan pengalaman kerja 10-20 tahun.

Sementara itu, posisi Chief Marketing Officer bergaji maksimal Rp 160 juta dan minimal Rp 100 juta dengan pengalaman kerja 10-20 tahun. Posisi exploration manager punya kisaran gaji maksimal Rp 100 juta dan minimal Rp 50 juta dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun.

Gaji terendah dengan posisi civil engineer hingga mechanical engineer dengan pengalaman kerja 5-10 tahun. Gaji yang dapat dibawa pulang minimal Rp 15 juta dan maksimal Rp 35 juta. Posisi sales manager, heavy equipment dengan pengalaman kerja 5-10 tahun mendapatkan gaji maksimal Rp 35 juta dan minimal Rp 15 juta.

Industri Migas

Meski harga minyak di bawah USD 100 per barel, gaji di industri minyak dan gas masih menarik. Posisi Chief Executive Officer (CEO) di industri minyak dan gas dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun dapat kantongi gaji maksimal Rp 250 juta dan minimal Rp 160 juta per bulan.

Posisi subsea/pipelines advisor bisa bawa pulang gaji maksimal Rp 170 juta dan minimal Rp 140 juta dengan pengalaman kerja 10-20 tahun.Gaji terendah di industri minyak dan gas minimal Rp 27 juta dan maksimal Rp 36 juta untuk posisi HSE Manager dengan pengalaman 5-10 tahun.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sektor usaha lain yang tawarkan gaji tinggi yaitu sektor consumer goods dan services. Perusahaan bergerak di industri fast moving consumer goods (FCMG) atau barang konsumen bergerak cepat menawarkan gaji tinggi di Indonesia.

Posisi Managing Director atau direktur pelaksana dengan pengalaman kerja lebih dari 15 tahun dapat bawa pulang gaji maksimal Rp 400 juta dan minimal Rp 200 juta per bulan.

Disusul posisi HR Director yang dapat bergaji maksimal Rp 300 juta dan minimal Rp 150 juta dengan pengalaman kerja 15 tahun. Kemudian Finance Director dan Marketing Director bisa kantongi gaji maksimal Rp 250 juta dan minimal Rp 150 juta. Kualifikasi pengalaman lebih dari 15 tahun dan pendidikan S1.

Selanjutnya Sales Director bergaji maksimal Rp 250 juta dan minimal Rp 120 juta dengan pengalaman kerja lebih dari 15 tahun.Sementara itu, posisi General Manager, Sales and Marketing bisa bawa pulang gaji minimal Rp 70 juta dan maksimal Rp 150 juta.

Posisi level Head of International Business kantongi gaji maksimal Rp 75 juta dan minimal Rp 50 juta dengan pengalaman kerja lebih dari 15 tahun. Sedangkan head of marketing dan head of sales bisa bawa pulang gaji maksimal Rp 80 juta dan minimal Rp 40 juta dengan pengalaman kerja lebih dari 15 tahun

.Sedangkan posisi accountant dan marketing executive bisa bergaji maksimal Rp 10 juta dan minimal Rp 5 juta dengan pengalaman masing-masing lebih dari tiga tahun dan maksimal Rp 5 tahun.

Industri e-commerce

Industri e-commerce menawarkan gaji tertinggi maksimal Rp 90 juta dan minimal Rp 60 juta untuk posisi General Manager, Corporate and Strategic Planning, serta General Manager, Operations. Kualifikasi pada posisi itu dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun untuk posisi General Manager, Corporate and Strategic Planning .

Sedangkan General Manager, Operations dengan masa kerja lebih dari tujuh tahun.Pada posisi operation analyst dengan pengalaman kerja lima tahun bergaji maksimal Rp 10 juta dan minimal Rp 5 juta. Customer Services bisa bawa pulang gaji maksimal Rp 10 juta dan minimal Rp 4 juta dengan masa kerja lima tahun lebih.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sektor kesehatan juga tawarkan gaji tertinggi di Indonesia. Perusahaan bergerak di industri farmasi menawarkan gaji maksimal Rp 300 juta dan minimal Rp 150 juta untuk posisi Chief Executive Officer (CEO) /Managing Director. Pengalaman kerja lebih dari 10 tahun dengan pendidikan S1.

Untuk posisi Data Entry Officer dengan pengalaman kerja satu tahun dan lulusan SMU dapat kantongi gaji maksimal Rp 5 juta dan minimal Rp 4 juta.Packaging operator dengan kualifikasi lulusan SMU bergaji maksimal Rp 5 juta dan minimal Rp 4 juta.

Sektor Teknologi

Di sektor teknologi, industri telekomunikasi termasuk menawarkan gaji tertinggi. Posisi Country General Manager mengantongi gaji maksimal Rp 175 juta dan minimal Rp 100 juta dengan masa kerja 10-15 tahun.

Sementara itu, Account Director dan Marketing Director meraup gaji maksimal Rp 120 juta dan minimal Rp 70 juta. Kualifikasi pengalaman kerja lebih dari 10 tahun.Account Executive di industri telekomunikasi dengan masa kerja 1-3 tahun bisa raup gaji maksimal Rp 8 juta dan minimal Rp 5 juta.

Di industri teknologi informasi, Business Development Director dengan masa kerja 20 tahun bisa kantongi gaji maksimal Rp 150 juta dan minimal Rp 130 juta.

Country Manager dengan pengalaman 10-15 tahun bisa bergaji maksimal Rp 250 juta dan minimal Rp 125 juta.Untuk posisi data analyst bisa kantongi penghasilan maksimal Rp 4,5 juta dan minimal Rp 4 juta. Posisi itu untuk kualifikasi pendidikan minimal D3 dan masa kerja satu tahun.

Sektor Keuangan dan Bank

Sektor keuangan dan bank juga memberikan penghasilan tertinggi. Di industri bank, Operation Director bisa kantongi gaji maksimal Rp 300 juta dan minimal Rp 150 juta.

Posisi itu untuk kualifikasi pengalaman kerja lebih dari 15 tahun dan pendidikan S1.Sedangkan Chief Finance Director bisa raup gaji maksimal Rp 250 juta dan minimal Rp 120 juta untuk pengalaman kerja lebih dari 12 tahun.Posisi bank teller dengan pengalaman kerja 1-3 tahun dapat kantongi gaji maksimal Rp 5 juta dan minimal Rp 4 juta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ternyata Lulusan Universitas Top di Australia Bergaji Kecil
Artikel Selanjutnya
HSBC Holdings akan Pangkas 10 Ribu Karyawan