Sukses

Tunjangan Pegawainya Bakal Naik, Menteri Basuki Minta Tingkatkan Kinerja

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan sembilan aplikasi untuk pelayanan publik maupun mendukung fungsi manajemen di Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR. Peluncuran aplikasi tersebut merupakan bagian upaya pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas pemerintah dalam rangka penerapan Good Corporate Governance.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap agar seluruh insan Kementerian PUPR bisa terus meningkatkan kinerja dalam rangka menjalankan amanat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Terlebih berdasarkan hasil evaluasi terhadap Laporan Kinerja Kementerian PUPR oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), akan dilakukan penyesuaian besaran tunjangan kinerja bagi pejabat dan pegawai di Kementerian PUPR.

"Kalau tunjangan kinerja menjadi sebesar 80 persen, apakah kita siap?" ujar Basuki dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Dia pun mengingatkan soal hubungan kerja PNS antara atasan dengan bawahan bukanlah layaknya majikan dan pesuruh. Atasan berkewajiban memperhatikan kesejahteraan bawahannya, tetapi setelah bawahan diberikan haknya, atasan juga berhak meminta untuk berkinerja lebih baik.

Sementara itu, Menteri PAN-RB Asman Abnur mengapresiasi Kementerian PUPR yang telah menerapkan layanan e-Government. Menurutnya, Kementerian PUPR bisa menjadi contoh bagi kementerian dan lembaga lain yang belum menerapkan layanan berbasis elektronik.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, karena diundang dalam peluncuran e-Government. Saya ucapkan selamat, dan mudah-mudahan Kementerian PUPR akan semakin transparan sehingga menjadi contoh e-Government bagi lainnya," tutur dia.

 

2 dari 2 halaman

Daftar 9 Aplikasi

Adapun sembilan aplikasi e-Government milik Kementerian PUPR ini dapat diakses melalui website, baik dari komputer maupun aplikasi android di telepon selular. Salah satunya adalah e-monitoring, sistem pemantauan pelaksanaan program dan anggaran yang bisa diakses melalui situs emonitoring.pu.go.id serta aplikasi android eMonApps.

Aplikasi lainnya ialah E-HRM (human resource government) yang terhubung dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian PANRB. Aplikasi ini salah satunya memberi kemudahan proses administrasi PNS dalam kenaikan pangkat dengan alamat http://ehrm.pu.go.id.

Berikut sembilan aplikasi e-Government yang dikeluarkan Kementerian PUPR:

1. eMonApps - emonitoring.pu.go.id (sistem pemantauan pelaksanaan program dan anggaran)

2. E-HRM - ehrm.pu.go.id (mempermudah proses administrasi PNS dalam kenaikan pangkat)

3. e-Kinerja - kinerja.pu.go.id/kinerja (sistem pengukur kinerja PNS)

4. Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Terpadu (PESAT) - pesat.pu.go.id (basis data terkait pengelolaan keuangan Satker di lingkungan Kementerian PUPR)

5. Tata Naskah Dinas (TNDE) - tnde.pu.go.id

6. Jaringan Dokumen Informasi Hukum (JDIH) - www.jdih.pu.go.id (akses terhadap informasi produk hukum Kementerian PUPR)

7. e-BMN (Barang Milik Negara) - ebmn.pu.go.id (aplikasi pemantauan data, permasalahan dan kendala pengelolaan BMN)

8. Info Publik (aplikasi informasi mengenai rilis berita, potongan berita dari media cetak, dan kunjungan kerja Kementerian PUPR)

9. Portal SIGI PUPR - sigi.pu.go.id

Artikel Selanjutnya
Tunjangan Kinerja PNS Bisa Naik, Ini Syaratnya
Artikel Selanjutnya
Daftar Menteri Jokowi yang Dapat Penghargaan Internasional