Sukses

Kementerian PUPR Targetkan Perbaikan Jembatan Widang Selesai Sebelum Mudik Lebaran

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan perbaikan Jembatan Widang Tuban dapat selesai dalam 40 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan perbaikan jembatan Cincin Lama atau Jembatan Widang yang berada pada ruas Widang-Tuban yang ambruk dapat rampung sebelum musim mudik Lebaran 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini perbaikan jembatan sudah mulai dilakukan. Peralatan dan kerangka besi juga sudah dikirim untuk mengganti komponen jembatan yang rusak.

"Sekarang sudah kami kirim peralatan, kerangka bajanya untuk ganti," kata Basuki, di Kantor Kemen PUPR, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Basuki menargetkan, perbaikan jembatan yang ambruk dapat selesai dalam 40 hari. Diharapkan jembatan tersebut dapat dilalui saat musim mudik Lebaran. Dia pun berharap, fondasi jembatan tidak rusak karena akan membuat perbaikan jembatan lebih lama.

"Sekarang sudah dekati mudik, mudah-mudahan dan mudah-mudahan 40 hari sudah bisa dilewati," tutur Basuki.

Basuki menuturkan, saat ini penyebab ambruknya jembatan Cincin Lama atau Jembatan Widang sudah dilaporkan dan diserahkan ke Kepolisian, karena diduga akibat kelebihan muatan truk yang melintasi jembatan tersebut.

"Jembatan cincin lama, laporan sekarang sudah diserahkan kepada polisi karena diduga overloading, dengan muatan yang kasat mata," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Ambruk, Banyak Kendaraan Jatuh ke Sungai

Sebelumnya, Jembatan Widang-Babat yang menuju arah Tuban, Jawa Timur, ambruk, pada Selasa, 17 April 2018, sekitar pukul 10.30 WIB.

AKP Ergia, selaku Kasatlantas Polres Lamongan mengatakan, masih belum diketahui penyebab ambruknya Jembatan Widang yang berada di wilayah Tuban ini. Polisi juga belum memastikan apakah ada korban jiwa.

"Kami terima awalnya jembatan terbelah, lalu kemudian beberapa saat ambrol. Ini saya masih perjalanan menuju lokasi, kira-kira 20 menit lagi sampai," kata Ergia pada Radio Suara Surabaya.

Untuk sementara Jembatan Widang ditutup dan kendaraan dialihkan."Untuk kendaraan kecil dialihkan lewat Pantura sedangkan untuk kendaraan besar dengan berat 15 ton masih kita siasati lewat mana," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.