Sukses

Mau Kerja Produktif? Simak Tips Ampuh Ini

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti heran saat melihat ada orang yang sibuk sekali tetapi tetap bisa mengerjakan banyak hal dengan baik. Ada orang yang bisa menyelesaikan satu pekerjaan dengan baik dan kemudian langsung melanjutkan pekerjaan lain dan selesai dengan baik juga. Semua nampak sempurna.

Menariknya, orang tersebut mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa harus lembur. Ia tetap bisa pulang sesuai dengan jam kantor. 

Nah, sebenarnya Anda bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dengan baik bukan hal sulit. Ada beberapa trik jitu yang bisa Anda tiru sehingga mampu menyelesaikan banyak tugas dengan sempurna. 

Dilansir dari CNBC, Jumat (13/4/2018), berikut tips bagi Anda yang ingin bekerja produktif tanpa harus lembur atau overtime:

1. Tentukan Prioritas

Salah satu penulis buku kiat suses dalam bekerja, Morten Hansen mengatakan bahwa rahasia kerja produktif terletak pada prioritas.

Meskipun saat ini Anda hidup dalam era distraksi, bukan berarti hal ini menjadi kendala untuk maju.

Sebaliknya, jadikanlah banyak pilihan tersebut sebagai sarana bagi Anda untuk mencapai produktifitas dalam bekerja.

"Pilihan merupakan hal yang amat penting. Kau perlu terobsesi pada prioritasmu tersebut," ujarnya.

2. Temukan Tujuan

Tujuan dalam konteks ini ialah untuk temukan apa potensi dalam karier, organisasi, atau kegiatan di bermasyarakat.

Morten berpendapat, dengan menemukan apa potensi dalam diri maka ini akan mempertajam passion atau hasrat ketika bekerja.

"Kekuataan antara passion dan tujuan akan menghasilkan hal yang terbaik. Passion sendiri tidak cukup kuat membantumu sukses dalam berkarier," tuturnya.

3. Kurangi Kerjasama

Tak semua kerjasama atau kolaborasi akan menghasilkan produktivitas yang maksimal saat di kantor. Pilihlah proyek-proyek yang dapat memaksimalkan potensi terbesar Anda.

"Orang-orang hebat di kantor cenderung memilih saat berkolaborasi. Mereka hanya ingin projek yang dapat mengoptimalkan potensi mereka agar tidak sia-sia," ungkapnya.

4. Belajar Sambil Bekerja

Satu hal lagi, Morten mengatakan bahwa orang-orang hebat di kantor adalah mereka yang bisa belajar sambil bekerja. Anda tak harus terjebak dengan rutinitas kantor yang itu-itu saja.

Anda bisa memaksimalkan meeting, presentasi, berkomunikasi sebagai sarana pembelajaran. "Mereka fokus pada kualitas pembelajaran saat di kantor," ujarnya.

1 dari 2 halaman

5. Dapatkan Dukungan

Siapa yang tidak senang memiliki banyak dukungan saat bekerja? Cobalah untuk senantiasa memperluas jaringan pertemanan saat Anda bekerja.

Membaurlah dengan departemen-depertemen yang berbeda, bertukar ide, hingga saling membantu sama lain. Ini akan menjaga pertemanan Anda untuk saling menguatkan satu sama lain.

6. Hindari Rapat yang Sia-Sia

Rapat memang penting untuk mendapatkan pandangan baru maupun solusi dalam mengatasi permasalahan di tempat kerja. Meskipun begitu, tak semua rapat kantor dapat dikatakan efektif.

"Salah satu tanda bahwa rapat tersebut buruk ialah mereka mengharuskan Anda pada rapat lainnya di kemudian hari. Pilihlah rapat dimana keputusan dapat segera diambil secara cepat dan tepat," ungkapnya.

7. Desain Ulang Alur Kerja Anda

Tak semua mendesain ulang alur kerja Anda akan baik bagi produktifitas Anda. Namun Morten berpendapat pilihlah alur kerja yang dapat bermanfaat bagi banyak pihak.

"Pihak disini ialah rekan kerja Anda, bos atau pimpinan Anda, pelanggan Anda, atau yang berhubungan dengan pelayanan Anda tempat kerja. Saat Anda bisa bermanfaat bagi banyak orang, maka hal ini berarti efektif dan juga berkualitas," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: