Sukses

Cara Menperin Airlangga Lindungi Produk Lokal dari Serbuan Barang Impor

Peran pemerintah dalam memberikan regulasi sangat penting, agar produk-produk dalam negeri tidak kalah dengan barang impor.

Liputan6.com, Jakarta - Serbuan produk impor ke Tanah Air di era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan semakin dirasakan. Oleh karena itu, peran pemerintah dalam memberikan regulasi sangat penting, agar produk-produk dalam negeri tidak kalah dengan barang impor.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sudah memiliki cara untuk menghadapi serbuan produk impor ke Indonesia. Tentunya, kata dia, persaingan itu harus dengan barang sejenis, sehingga pemerintah bisa menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). "Kalau SNI sama, bisa berkompetisi secara fair," kata Airlangga di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 10 April 2018.

Airlangga menuturkan, saat ini di banyak negara, termasuk Amerika Serikat (AS), tengah mempromosikan fair trip untuk barang-barang impor, bukan free trip. "Dengan begitu persaingan bisa lebih sehat," ucap Airlangga.

Cara lainnya adalah, apabila terjadi persaingan tidak sehat, misalnya negara lain melakukan dumping, maka bisa dihadang dengan bea masuk anti dumping. "Dengan begitu bisa melindungi industri-industri atau lapangan pekerjaan yang banyak digeluti masyarakat Indonesia," kata Airlangga.

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.