Sukses

Dolar Melemah Picu Harga Emas Naik

Sengketa dagang, laporan data ekonomi, dan pertemuan Federal Reserve AS akan menjadi pemicu harga emas pekan ini.

Liputan6.com, New York - Harga emas naik dipicu pelemahan Dolar Amerika Serikat (AS), meski masih dibayangi potensi terjadinya perang dagang antara China dan AS.

Sengketa dagang, laporan data ekonomi, dan pertemuan Federal Reserve AS akan menjadi pemicu harga emas pekan ini.

Melansir laman Reuters, Selasa (10/4/2018), harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi USD 1.336,80 per ounce. Sementara emas berjangka AS untuk pengiriman Juni ditutup naik USD 4, atau 0,3 persen ke posisi USD  1.340,10 per ounce.

Harga emas berkilau usai indeks dolar AS tergelincir terhadap sekeranjang mata uang dan ekuitas global meningkat seiring meredanya kemungkinan perang dagang AS dengan Cina, meskipun pedagang masih tampak berhati-hati.

Kedua negara telah saling mengancam satu sama lain dengan rencana kebijakan tarif puluhan miliaran dolar. Namun kemudian pejabat Presiden Donald Trump menekankan belum ada rencana kenaikan tarif dan perselisihan masih bisa diselesaikan melalui pembicaraan.    

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pidato Presiden China

Adapun Presiden China Xi Jinping diketahui akan menyampaikan pidatonya pada Selasa di Forum Boao di provinsi Hainan.                

"Jika [pidato] menunjukkan bahwa ketegangan perang perdagangan terjadi deeskalasi, kita bisa melihat langkah terbalik besar untuk harga emas," kata Kepala Analis Pasar Think Markets, Naeem Aslam.    

Pasar juga mencermati digelarnya rapat komite Federal Open Markets dan data CPI terbaru. Suku bunga yang lebih tinggi cenderung membuat emas kurang menarik karena tidak memberikan imbal hasil.

Adapun harga Perak naik 1,3 persen menjadi USD 16,53 per ounce. Sementara Platinum meningkat 2,4 persen ke posisi USD 934,50 per ounce. Harga Palladium naik 4 persen menjadi USD 936,10 per ounce.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini