Sukses

Daftar Piala Olahraga Termahal di Dunia, Apa Saja?

Liputan6.com, New York - Piala Dunia 2018 akan berlangsung di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang. Meski masih beberapa bulan lagi, namun euforianya sudah bisa dirasakan mulai sekarang.

Banyak orang mungkin bertanya-tanya mengapa Trofi Piala Dunia FIFA selalu dijaga ketat dan hanya orang-orang tertentu saja yang diijinkan untuk menyentuhnya, alasan utama tentu saja karena nilainya yang tak terukur.

Terlepas dari itu, memang semua atlet pasti menganggap piala yang mereka menangi adalah sesuatu yang tak ternilai harganya dan mereka bangga memilikinya.

Namun, sebenarnya tahukah Anda berapa nilai dari piala Dunia FIFA? Berikut ulasannya dan beberapa daftar piala olahraga termahal yang ada di dunia seperti dirangkum dari situs Mediamax, Jumat (9/3/2018):

1. Piala Dunia FIFA: Rp 275,46 miliar

Seperti diketahui trofi paling bergengsi dan mahal di dunia adalah Piala Dunia FIFA, Trofi ini diperkenalkan pada tahun 1974 untuk menggantikan Trofi lama Jules Rimet (yang pernah diberi nama Victory) dan diberikan kepada para pemenang Piala Dunia FIFA.

Trofi Jules Rimet yang asli terbuat dari perak berlapis emas namun versi 1974 terbuat dari 6.175 kg emas 18 karat yang dipasang di dua lapisan perunggu.

Tingginya sekitar 37 cm. Saat pertama kali dibuat, trofi ini berharga US$ 50 ribu (Rp 688,65 juta) namun akhir-akhir ini bernilai sekitar US$ 20 juta (Rp 275,46 miliar). Tak heran, saat ini pihak pemenang hanya menerima replikanya yang terbuat dari lapis emas.

2. Woodlawn Vase: Rp 47,61 miliar

Piala Woodlawn Vase dipresentasikan kepada pemenang (The Preakness Stakes), yakni pemenang mahkota leg kedua pada tiga balap kuda Amerika. Nilai bangunan piala tersebut adalah £ 5 ribu (Rp 95,225 juta) namun setelah asuransi nilai pialanya melebihi £ 2,5 juta atau sekitar Rp 46,61 miliar yang menjadikan trofi ini jadi piala olahraga termahal kedua.

1 dari 4 halaman

3. Borg-Warner: Rp 17,9 miliar

Mungkin piala terbesar dalam olahraga adalah piala Borg-Warner dengan tinggi 1.625 m dan berat 45 kg. Piala ini telah diberikan kepada 500 pemenang balap mobil Indianapolis dan pertama kali dipresentasikan pada tahun 1936. Ketika diberikan pertama kali, harganya mencapai US$ 10 ribu (Rp 137,37 juta) namun sekarang diperkirakan bernilai sekitar US$ 1,3 juta atau setara Rp 17,9 miliar.

Terbuat dari perak sterling, piala tersebut benar-benar terlihat sangat berongga dan unik karena ada gambar pahatan dari pembalap yang menang yang ditambahkan ke piala setiap tahunnya. Sejak tahun 1988 pemenang telah menerima replikanya yang berukuran 460 mm atau dikenal sebagai 'Baby Borg'.

4. Stanley Cup: Rp 8,95 miliar

Piala Stanley pertama kali diberikan pada tahun 1893 kepada tim hoki (Montreal Hockey Club). Montreal Canadiens adalah tim yang paling banyak mendominasi dapat Piala Stanley, mereka telah mendapat 24 gelar.

Berapa piala Stanley Cup bernilai sebesar US$ 650 ribu (Rp 8,95 miliar), namun jumlah ini semakin meningkat sesuai dengan biaya perjalanan.

2 dari 4 halaman

5. Piala FA: Rp 7,99 miliar

Piala FA dipresentasikan kepada pemenang kompetisi sepak bola asosiasi tertua di dunia. Dalam inkarnasi kelima, piala tersebut pertama kali dipresentasikan pada tahun 1872. Piala ini pernah dicuri pada tahun 1895, dan diganti dengan replika yang digunakan sampai tahun 1910 dan dijual ke toko Christie's pada tahun 2005 seharga £ 420 ribu (Rp 7,99 miliar).

Trofi ketiga, yang berukuran lebih besar, digunakan sampai tahun 1991, saat ini telah digantikan dengan trofi identik karena sudah terlalu rapuh. Sebuah piala baru, berdasarkan piala 1911, diperkenalkan untuk kompetisi Piala FA 2014. Berat piala ini mencapai 6,3 kg dan lebih kuat dari piala sebelumnya.

6. Super Bowl: Rp 688,65 juta

Piala ini juga dikenal sebagai Trofi Vince Lombardi. Piala Super Bowl diberikan kepada para pemenang Superbike NFL dan berbentuk seperti bola berukuran penuh yang tengah ditendang.

Berukuran setinggi 56 cm dan beratnya sekitar 3,18 kg, piala itu terbuat dari perak murni dan pertama kali diberikan pada tahun 1967 (ke Green Bay Packers) dan dipertahankan oleh tim pemenang.

Setiap tahun piala baru dibuat oleh perajin perak Tiffany & Co yang prestisius dengan biaya sekitar US$ 50 ribu (Rp 688,65 juta). Sampai saat ini Piala bergengsi tersebut sudah enam kali dimenangkan oleh tim Pittsburgh Steelers.

3 dari 4 halaman

7. Liga Champions

Diperkenalkan pada tahun 1967, (yang asli dipresentasikan di turnamen pertama pada tahun 1956) saat ini Piala Liga Champion UEFA tidak terlalu menarik namun merupakan hadiah utama dalam sepakbola klub Eropa.

Piala yang terbuat dari perak sterling ini memiliki tinggi 71 cm dan berat 7,5 kg. Klub yang menang lima kali atau lebih atau tiga kali berturut-turutlah yang bisa mendapat piala ini. Namun, Anda mungkin tidak akan pernah bisa membeli salinannya dan tidak ada seorangpun yang memiliki lisensi untuk memproduksi replika atau miniaturnya.

8. The World Series

Piala ini berwarna perak dengan tinggi dua kaki dan memiliki berat sekitar 30 kilogram. Dengan gambar 30 bendera negara berlapis emas tersebut, piala ini benar-benar layak untuk dimenangkan. Ada juga gambar ember perak dengan jahitan 24 karat vermeil.

9. Piala NBA

Ini adalah hadiah bola basket terbesar dan dinobatkan sebagai Larry O'Brien. Terbuat dari perak 14,5 pounds dan memiliki lapisan emas 24 karat. Piala ini berbentuk bola basket berukuran sembilan inci yang dipamerkan di sekeliling lingkaran, piala ini juga merupakan salah satu piala olahraga termahal.

Artikel Selanjutnya
Fantastis, Ini 5 Cincin Tunangan Kerajaan Termahal Sepanjang Masa
Artikel Selanjutnya
Dibuat dari Jamur Serangga, Sup Ini Dijual 9,29 Juta per Mangkok