Sukses

Strategi BTPN Dukung Perkembangan Fintech

Liputan6.com, Jakarta - Ev Hive sebagai penyedia ruang kolaborasi terbesar di Indonesia bekerja sama dengan Jenius, yaitu solusi life finance sebagai mitra strategis dari PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) .

Lewat kerja sama itu, keduanya meluncurkan coworking space yang bernama Jenius x EV Hive. Tak hanya BTPN, Jenius x EV Hive ini juga menggandeng PT Bahanasemesta Citranusantara.

"Kami ingin menyediakan wadah bagi komunitas teknologi khususnya financial technology (fintech) untuk berkolaborasi dan berkreasi," tutur CEO dan Co-Founder EV Hive, Carlson Lau di Menara BTPN,Rabu (7/3/2018).

Sementara itu, Direktur BTPN, Arief Harris Tandjung optimistis akan perkembangan perusahaan rintisan terutama teknologi keuangan atau financial technology (fintech) di Indonesia.

"Fintech tiap tahun makin baik, ya. Kita bisa lihat situasi dan kondisinya fever sekali. Ini ditunjukkan dengan ada selalu startup baru yang muncul. Coworking Jenius x EV Hive ini bisa bantu mereka untuk survive dan juga tumbuh besar," ujar dia.

Tak hanya itu, Carlson juga menyebutkan coworking space yang berlokasi di menara BTPN lantai 47 ini menawarkan event dan juga program-program yang menarik untuk tumbuh kembang startup-startup muda di Indonesia.

"Kita menyaring banyak startup fintech ya. Banyak event yang akan diselenggarakan. Workshop, seminar. Ada program pembinaan seperti financial planing, program management. Ini yang membedakan kita," tutur Carlson.

Ia menyatakan, pentingnya kerja sama di era digital ini untuk bisa terus berkembang dan juga maju.

"EV Hive juga akan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia, tapi masih rahasia, ya. Ada kontribusi dari sisi strategis dam juga Jenius. Kuncinya jaman sekarang adalah ekosistem simbiotik, yaitu kontribusi dua arah. Bekerja sama dan kolaborasi," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

EV Hive dan Pemprov DKI Jakarta Berkolaborasi

Sebelumnya, EV Hive dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Unit Pelaksana (UP) Jakarta Smart City secara resmi menyatakan kerja sama untuk mengembangkan JSC Hive, sebuah fasilitas coworking space dengan berbagai program menarik yang mendorong perkembangan startup digital di Jakarta.

Bersamaan dengan perjanjian kerja sama ini, JSC Hive juga secara resmi merilis situs StartupJakarta.id sebagai komunitas resmi startup digital di Jakarta bernama Komunitas Startup Jakarta. Kehadiran JSC Hive tak lepas dari visi Pemprov DKI dan EV Hive untuk memperkuat hubungan penggiat startup dengan pemerintah.

Visi itu diwujudkan dengan menyediakan lingkungan kolaboratif dan produktif untuk menyatukan ekosistem startup yang masih terfragmentasi. Rencananya, coworking space ini akan dibangun di Jalan Dr Satrio Nomor 7, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. JSC Hive akan dikembangkan dengan konsep Smart JSC Hive yang terdiri dari lima komponen, yaitu Smart Economic Zone, Smart Community, Smart Administration, Smart Workspace, dan Smart Energy. Kelima komponen itu juga memungkinkan startup di Jakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, termasuk dalam hal perizinan.

"Ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara pemerintah dan warganya. Dengan adanya JSC Hive ini diharapkan penggiat startup di Jakarta dapat semakin berkembang dan turut memberikan kontribusi bagi kemajuan Kota Jakarta," ujar Dian Ekowati, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis, 30 Maret 2017.

Adapun beberapa program dan produk yang akan lahir dari penerapan kelima konsep tersebut adalah ruang kerja hemat energi dan berbasis teknologi. Jadi, JSC Hive dikembangkan dengan konsep smart energy & office yang menawarkan lingkungan kerja dengan fasilitas teknologi yang mumpuni.

Selain itu, coworking space ini akan menjadi wadah bagi kegiatan Jakarta Startup Community, komunitas resmi yang didukung oleh Pemprov DKI Jakarta. Komunitas ini akan menjadi sarana berkumpulnya penggiat, peminat, hingga pelaku dalam industri perusahaan rintisan berbagi pengalaman dan membangun jejaring.

Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari JSC Hive adalah jalan pintas perizinan startup. Bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Startup Legal Clinic (SLC), startup dapat berkonsultasi legal termasuk pengurusan perizinan gratis.

JSC Hive juga akan menghadirkan akses untuk berbagai software dan layanan dengan biaya terjangkau yang dapat meningkatkan kinerja startup. Beberapa rekan JSC Hive di antaranya adalah software manajemen sumber daya manusia (glints.id, talenta.co, dan rekruta.com), manajemen keuangan (jurnal.id, jojonomic.com, dan xendit.co), layanan percetakan (custombagus.com dan prinzio.com).

Artikel Selanjutnya
Lindungi Masyarakat, OJK Atur Platform Pinjaman Langsung
Artikel Selanjutnya
Simak, Daftar 36 Fintech yang Resmi Terdaftar di OJK