Sukses

Terungkap, Ini Penghasilan yang Bisa Didulang Vlogger di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi yang terus berkembang berdampak pada semakin luasnya bidang pekerjaan yang bisa digeluti oleh seseorang. Salah satu jenis pekerjaan baru yang bisa dipilih seseorang adalah menjadi vlogger.

Meski terlihat sederhana, bekerja sebagai vlogger ternyata bisa mendatangkan penghasilan yang cukup besar. Vlogger dan penggagas Cameo Project Martin Anugrah mengatakan, penghasilan yang bisa didulang sebagai seorang vlogger bisa mencapai puluhan juta per bulannya.

"Kalau kita di Cameo Project sendiri mungkin sekitar sebulan start Rp 50 juta kalau dari oke. Tapi tidak tentu, seringnya naik turun dan ini juga kita bentuknya udah perusahaan jadi ada target," kata Martin di Jakarta, seperti ditulis Senin (26/2/2018).

Lebih lanjut dia mengatakan, penghasilan yang bisa didapat seorang vlogger sebenarnya beragam. Seorang vlogger juga bisa mendapat penghasilan tambahan dari kerja sama dengan sebuah brand.

"Selain itu, kalau seorang vlogger punya audiens sendiri akan ada brand yang masuk dan kerja sama buat endorse biasanya. Nah itu jadi pendapatan tambahan juga," jelas Martin.

"Range-nya sebenarnya start dari Rp 500 ribu kalau kerja sama brand sampai tak terhingga sesuai kesepakatannya saja," lanjutnya lagi.

Agar bisa menjadi vlogger yang sukses, Martin mengatakan, seseorang harus mampu menelurkan konten yang menarik. Sampai saat ini, konten yang populer dan banyak disenangi oleh warganet adalah yang berbau komedi dan keseharian.

"Biasanya yang paling tinggi itu soal komedi dan keseharian. Jadi paling gampang lihat google trend atau youtube trend jadi kita bisa pelajari," kata Martin.

2 dari 3 halaman

Tips jadi vlogger

Perkembangan teknologi membuat aktivitas sebagai vlogger menjadi hal yang menyenangkan. Anda dapat berbagi banyak hal dengan semua orang di penjuru dunia. Hal ini juga yang dilakukan mahasiswi asal Indonesia yang mengenyam pendidikan di Jerman, Gita Savitri.

Di sela-sela kegiatan perkuliahan di kelas dan laboratorium, mahasiswi jurusan Kimia murni ini mengisi waktu luang untuk berbagi hal-hal yang bermanfaat seperti isu politik, dunia perkuliahan, hingga gaya busana. Kegiatannya sebagai vlogger mendapat sambutan positif dari para pengikutnya.

Hingga kini, Gita Savitri sukses mengantongi 211 ribu pengikut di chanel berbagi videonya dan 355 followers di akun instagramnya. Kesuksesan Gita Savitri ini menjadi inspirasi bagi generasi muda yang juga ingin terkenal sebagai Vlogger. Untuk itu, wanita kelahiran 1992 ini membagikan beberapa tips sederhana menjadi vlogger sukses dan bermanfaat untuk orang banyak.

Bagi Anda yang bercita-cita jadi vlogger hits, berikut tips jadi vlogger sukses dari Gita Savitri:

1. Dibuat sesederhana mungkin

Vlog yang baik adalah yang nyaman untuk disaksikan. Menurut vlogger Gita Savitri penonton lebih nyaman melihat video yang sederhana. Buatlah video sesederhana mungkin, bisa ditambahkan editing yang menarik. Namun jangan berlebihan karena penonton akan sulit mengartikannya.

2. Gaya bicara natural

Berbicara dan berdiskusi pada vlog merupakan benar-benar cara bicara Anda sesungguhnya. Hal ini akan membuat video yang Anda buat terlihat natural. Penonton juga akan lebih santai mendengarkannya tanpa gaya bicara yang dibuat-buat.

 

3 dari 3 halaman

3. Gadget

Tidak perlu gadget yang mahal, Anda bahkan bisa memulai vlog dengan ponsel terlebih dahulu. Anda dapat secara perlahan mengumpulkan uang untuk membeli kamera yang canggih untuk mendukung video yang sempurna. Jika terus menunggu hingga memiliki gadget canggih, akan membuat Anda tak kunjung memulainya.

4. Jangan mengikuti tren

Cari hal yang menarik untuk Anda angkat sebagai konten video. Usahakan untuk konsisten melakukannya. Pilih juga konten yang Anda kuasai agar memberikan identitas khusus pada video-video yang Anda bagikan. Hindarilah mengikuti tren karena hal ini akan membuat penonton bingung dengan fokus vlog Anda.

5. Buat konten bermakna

Aktivitas membagikan video inspiratif atau vlog merupakan kegiatan positif yang memberikan inspirasi untuk para penonton. Untuk itu, agar menjadi vlogger yang sukses Anda dapat perlu membuat konten-konten yang bermakna dan dapat membantu para penonton serta memberikan inspirasi.

JOKOWI: TAK ADA YANG TAKUTI KECUALI ALLAH DALAM MEMIMPIN

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tips Jadi Rider dan Vlogger yang Aman
Artikel Selanjutnya
Vlogger Rusuh Logan Paul 'Comeback' dengan Video Menyentuh