Sukses

5 Gitar Bersejarah yang Terjual dengan Harga Selangit

Liputan6.com, Jakarta - Apa barang termahal yang Anda tahu? Di dunia ini selalu saja ada barang termahal yang berhasil terjual dengan harga fantastis. Bagaimana tidak? Harga yang ditawarkan mulai dari miliaran hingga triliunan rupiah.

Ada banyak jenis barang termahal yang pernah terjual. Mulai dari barang unik, langka, hingga barang yang kental akan sejarahnya. Salah satunya tak terkecuali dengan alat musik, terutama gitar.

Beberapa gitar berhasil dijual mahal karena memiliki sejarah yang begitu kental dan menakjubkan. Kira-kira gitar mana sajakah itu dan berapa harganya?

Melansir laman catawiki.com, Kamis (18/1/2018), berikut lima gitar termahal yang pernah dijual:

5. Gibson Les Paul Standard - Keith Richard

Terjual dengan harga 840 ribu euro atau Rp 13,68 miliar (1 euro=Rp 16.280)

Gibson Les Paul Standard milik Keith Richard (Rolling Stones) dianggap sebagai gitar elektrik suci. Dia memainkannya dari tahun 1964 hingga 1967, sebelum dia menjualnya kepada Mick Taylor, yang kebetulan bergabung dengan Rolling Stones dua tahun kemudian.

Gitar Les Paul telah dimiliki oleh beberapa gitaris rock sejak Keith Richard memainkannya. Gitar ini pernah sempat dicuri dan hilang untuk beberapa waktu, sebelum akhirnya dijual ke kolektor pribadi seharga 840 ribu euro atau Rp 13,68 miliar pada tahun 2003.

 

2 dari 4 halaman

4. Washburn - Bob Marley

Terjual dengan harga 1 juta euro atau Rp 16,28 miliar

Dalam masa hidupnya, Bob Marley memiliki tujuh gitar, yang sekarang dianggap sebagai harta nasional Jamaika. Gitar 22 fret double cut Washburn ini diberikan Bob sebagai hadiah kepada teknisi gitar Gary Carlsen, yang mendirikan sebuah amal pada tahun 2006 sebagai sebuah kehormatan bagi Bob Marley dan mungkin menjual gitar tersebut kepada Pemerintah Jamaika dengan harga lebih dari 1 juta euro atau Rp 16,28 miliar.

3. Fender Stratocaster - Jimi Hendrix

Terjual dengan harga 1,67 juta euro atau Rp 27,2 miliar

Fender Stratocaster sebenarnya tidak memiliki hal yang spesial, sampai Jimi Hendrix memutuskan untuk membuatnya sendiri. Strat kanan diubah menggunakan tangan kiri oleh Jimi yang bermain di Woodstock, yang menulis sejarah dengan membawakan lagu 'The Star Spangled Banner'.

Gitar ini pernah hilang secara misterius selama beberapa tahun, hingga pada akhirnya dibeli oleh Paul Allen dari Microsoft dengan perkiraan harga senilai 1,67 juta euro atau Rp 27,2 miliar.

3 dari 4 halaman

2. Gibson J-160 Acoustic Electric - John Lennon

Terjual dengan harga 2 juta euro atau Rp 32,57 miliar

Gitar kedua termahal yang pernah dijual adalah gitar lama milik John Lennon yang telah lama hilang. John Lennon menggunakan gitar tersebut saat merekam album The Beatles - Please Please Me and With The Beatles. Namun kemudian, gitar tersebut ditinggalkan oleh Band Roadie pada sebuah konser tahun 1963.

Apa yang terjadi pada gitar tersebut tetap menjadi misteri, namun yang diketahui sejak tahun 1967, Gibson memiliki dua pemilik baru. Yang pertama, Tommy Pressley, yang membeli gitar 'incognito' hanya dengan harga 145 euro atau Rp 2,36 juta di toko gitar.

Dan yang kedua, temannya John McCaw, yang menemukan gitar Gibson milik John Lennon yang telah lama hilang pada tahun 2014 berkat artikel di sebuah majalah yang menunjukkan nomor seri dan goresan serupa. Hingga pada akhirnya, dia menjual gitar itu seharga 2 juta euro atau Rp 32,57 miliar dan membagi keuntungannya dengan istri Lennon, Yoko Ono.

 

4 dari 4 halaman

1. Fender

Terjual dengan harga 2,3 juta euro atau Rp 37,46 miliar

Tidak seperti gitar lainnya dari daftar ini, gitar termahal yang pernah dijual nyatanya justru tidak dimiliki oleh seniman. Gitar ini memiliki keunikannya sendiri sehingga dihargai mahal.

Fender Stratocaster ini ditandatangani oleh banyak orang, seperti Mick Jagger, Eric Clapton, Bryan Adams, Paul McCartney, dan lima belas bintang rock lainnya. Ini bertujuan untuk membuat gitar tersebut menjadi barang yang diinginkan dan berharga dalam pelelangan.

Mereka melakukannya dengan alasan yang bagus. Mereka mengumpulkan uang sebanyak mungkin bagi korban Tsunami 2004 di Asia.

Usaha mereka ternyata berhasil. Stratocaster putih yang awalnya hanya memiliki harga 17 ribu euro atau Rp 276,88 juta ini berhasil dilelang senilai 2,3 juta euro atau Rp 37,46 miliar sehingga menjadikannya sebagai gitar termahal yang pernah terjual.

Loading
Artikel Selanjutnya
Hotel Berbentuk Gitar Super Megah di Florida Resmi Dibuka