Sukses

Pilih Rumah atau Apartemen? Ini Pertimbangannya

Liputan6.com, Jakarta - Setiap manusia pasti membutuhkan tempat untuk berteduh, tempat untuk melindungi diri dari bahaya, hujan, dan panas. Rumah dan apartemen adalah tempat atau pilihan hunian yang cocok untuk ditinggali, baik untuk yang masih single maupun yang sudah berkeluarga.

Namun sayangnya, ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah dan apartemen karena tentu ada keuntungan dan kerugian dari apa yang dipilih. Agar tidak bingung dalam memutuskan membeli hunian, baca dulu pertimbangan ini sebelum membeli rumah atau apartemen seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Perhatikan Untung dan Ruginya

Memilih jenis hunian yang tepat adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan, misalnya saja rumah atau apartemen. Sebelum membeli properti tersebut sebaiknya perhatikan dan pertimbangan keuntungan serta kerugiannya.

Untuk memiliki hunian rumah, Anda harus mengeluarkan dana hingga miliaran dan itu mungkin hanya untuk membeli tanahnya saja belum bangunannya. Hal inilah yang menjadikan banyak orang lebih memilih apartemen dari pada rumah.

Dan harga rumah di kota-kota besar juga sangat mahal, misalnya saja di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, harga tanah bisa sangat mahal karena ketersediaan tanah di daerah tersebut semakin berkurang. Dan semakin berkurangnya tanah, semakin tinggi juga harga tanah pada daerah atau lokasi tersebut.

2. Membeli Rumah di Usia Produktif

Bagi yang berusia produktif akan memiliki kesempatan lebih besar untuk memiliki hunian rumah atau landed house. Anda bisa bekerja lebih keras di usia tersebut untuk mendapatkan hunian rumah impian sendiri. Rumah yang dibeli juga akan menjadi investasi masa depan sehingga Anda tidak perlu mengontrak di masa tua atau di masa mendatang.

Namun hal ini juga tidak menjadikan investasi apartemen tidak bermanfaat, karena setiap investasi pasti memiliki manfaatnya masing-masing untuk setiap investornya.

Apartemen bisa dijadikan sebagai tempat istirahat pribadi bersama pasangan atau bisa juga disewakan per hari untuk orang-orang yang sengaja datang ke kota Anda dalam rangka liburan, bisnis, dan lain sebagainya.

 

2 dari 4 halaman

3. Mengatur Anggaran

Salah satu hal terpenting ketika Anda berinvestasi properti seperti rumah atau apartemen adalah mengatur anggaran perawatan. Anggaran perawatan rumah atau apartemen wajib didahulukan agar nantinya properti bisa terawat dan tidak cepat rusak.

Terutama jika memiliki rumah, tentu harga perawatannya akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya perawatan apartemen. (Baca Juga: 10 Tempat untuk Menghabiskan Akhir Pekan Bersama Anak)

4. Lokasi Hunian

Lokasi hunian bisa menjadi suatu pertimbangan penting bagi Anda untuk memilih rumah atau apartemen. Setiap hari Senin hingga Jumat tentu harus berangkat menuju tempat kerja, dan tentu macet bukanlah sesuatu yang ingin ditemui.

Lokasi hunian sangat memengaruhi hal tersebut. Oleh karena itu, pilihlah hunian baik rumah ataupun apartemen yang lokasinya strategis. Misalnya saja hunian yang dekat dengan jalan tol, dekat dengan perkantoran, dekat dengan pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Jika lebih mengutamakan ketenangan, Anda bisa memilih lokasi rumah atau apartemen yang berada di pinggiran kota dan harganya tentu jauh lebih murah.

 

3 dari 4 halaman

5. Harga Hunian

Beberapa orang tidak memikirkan nilai dari suatu hunian, baik itu rumah ataupun sebuah apartemen. Umumnya orang akan lebih mengutamakan privasi, kenyamanan, dan keamanan yang ekstra.

Harga tidak lagi menjadi sebuah masalah di zaman yang modern ini dan bahkan orang-orang rela mengeluarkan uang miliaran rupiah untuk mendapatkan hunian yang sesuai dengan kriteria mereka. Dan bahkan banyak dari calon pembeli menganggap jika properti yang mereka beli adalah sebuah investasi yang akan menguntungkan di masa depan.

6. Kenyamanan Hunian

Beberapa orang memikirkan hunian yang bagus adalah hunian yang nyaman, tapi semua itu belum tentu. Hunian yang nyaman adalah hunian yang memiliki aura atau energi positif di dalamnya. Selain itu, kenyamanan juga bisa dipengaruhi lingkungan sekitar, tetangga, lokasi hunian, dan fasilitas yang ada di sekitar rumah atau apartemen.

 

4 dari 4 halaman

7. Hunian Memiliki Energi Positif

Pada beberapa orang yang mengutamakan kenyamanan umumnya memperhatikan aura rumah atau apartemen. Misalnya saja melihat Feng Shui dari hunian tersebut, menghadap kemanakah pintu hunian tersebut, dan lain sebagainya.

Hal ini menjadi sebuah pilihan dari masing-masing individu untuk memilih. Anda sebagai calon pembeli bagaikan seorang raja sehingga menjadi hak Anda untuk mempertimbangkan apapun yang ada dalam pikiran sebelum memutuskan untuk membeli sebuah hunian.

8. Pencahayaan

Tahukah Anda jika pencahayaan suatu hunian juga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli rumah atau apartemen? Cahaya adalah suatu elemen penting yang dibutuhkan setiap manusia untuk menjalankan aktivitasnya.

Semakin banyak cahaya yang masuk dalam ruangan, semakin baik energi yang ada dalam hunian tersebut. Intinya sebelum Anda membeli suatu hunian baik rumah atau apartemen, sebaiknya pastikan jika ruangan dalam hunian terjangkau oleh sinar matahari. Selain itu, sinar matahari yang masuk dalam rumah atau apartemen juga akan membuat ruangan jauh lebih sehat dibandingkan ruangan yang lembab.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Memiliki tempat tinggal adalah impian bagi setiap orang, namun sayangnya ada beberapa orang yang sudah siap dalam segi finansial, tapi belum memiliki pengetahuan tentang apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah atau apartemen. Pastikan dahulu apa sebenarnya yang dibutuhkan dan inginkan.

Dari jawaban itulah nantinya Anda bisa mulai melangkah menentukan mana yang terbaik. Teliti dan cermat dalam urusan membeli properti juga penting. Perhatikan bentuk bangunan, kualitas bangunan, letak bangunan, dan lain sebagainya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mau Mulai Bisnis dengan Maksimal? Begini Caranya
Artikel Selanjutnya
Jangan Cairkan Deposito Sebelum Jatuh Tempo, Ini Risikonya