Sukses

Elpiji Nonsubsidi 3 Kg Akan Meluncur, Siapa Targetnya?

Dengan masih diterapkannya penyaluran subsidi secara terbuka, segala kalangan dapat menikmati elpiji 3 kg secara bebas.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan bahwa keluarnya produk elpiji nonsubsidi 3 kilogram (kg) tidak untuk memaksa atau mengalihkan konsumen yang berhak menikmati elpiji subsidi 3 kg yang merupakan keluarga tidak mampu. 

Senior Vice President (SPV) Non-Fuel Marketing Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan, rencana Pertamina mengeluarkan produk baru elpiji nonsubsidi 3 kg hanya untuk mengambil pasar nonsubsidi. Artinya, Pertamina tidak memaksa.

Penggunaan elpiji nonsubsidi harus dilakukan oleh konsumen atau masyarakat secara sukarela. "Tidak ada itu paksaan. Kami betul-betul mau mengambil konsumen nonsubsidi," kata Basuki, di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Dengan masih diterapkannya penyaluran subsidi elpiji secara terbuka, segala kalangan dapat menikmati elpiji 3 kg secara bebas. Karena itu, Pertamina berencana mengeluarkan elpiji 3 kg nonsubsidi agar yang tidak berhak mendapatkan subsidi beralih.

"Kenapa kami mau mengambil konsumen nonsubsidi? Kan sekarang memang distribusi terbuka, itu yang kami sasar," paparnya.

Menurut Basuki, Pertamina akan mengeluarkan elpiji nonsubsidi 3 kg pada 2018. Saat ini sedang dilakukan uji coba pasar untuk mengetahui minat masyarakat terhadap elpiji yang dinamai Bright Gas 3 kg tersebut.

"Rencananya 2018. Sekarang sedang uji coba konsumen," tutur Basuki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tukar Tabung

Sebelumnya, Pertamina juga tengah menggelar promo penukaran tabung elpiji 3 kilogram (kg) dengan tabung Elpiji nonsubsidi Bright Gas 5,5 kg. Hal ini bertujuan agar masyarakat mampu beralih menggunakan Elpiji nonsubsidi.

Area Manager Communication and Relation Pertamina Sumatera Bagian Utara Rudi Ariffianto mengatakan, penukaran tabung elpiji 3 kg ‎dengan Bright Gas 5,5 kg bisa dilakukan di agen dan pangkalan. 

"Penukaran tabung bisa dilakukan di agen dan pangkalan‎," kata Rudi, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Rudi melanjutkan, selain kedua tempat tersebut, penukaran tabung elpiji 3 kg ‎dengan Bright Gas 5,5 kg bisa dilakukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Untuk diketahui, saat ini SPBU tidak hanya menjual bahan bakar minyak (BBM) saja, tetapi juga elpiji yang juga merupakan produk dari Pertamina‎.

"Tabung juga bisa ditukar di SPBU, itu termasuk sebagai pangakalan," tuturnya.

Menurut Rudi, promo penukaran tabung Elpiji tersebut masih berlaku hingga saat ini. Pertamina belum memutuskan promo tersebut akan segera berakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.